Resources

Sebentar Lagi Tahun 2022, Yuk Buat Resolusi Finansial!

Tahun 2022 sebentar lagi akan tiba, ingin membuat resolusi finansial agar menjadi lebih baik lagi? Simak di artikel berikut ini!

resolusi finansial

Menciptakan resolusi finansial akan menjadi tolak ukur dari perkembangan keuangan. 

Hanya tinggal satu bulan lagi dan tahun 2021 akan segera berakhir untuk menyambut tahun 2022. Sebelum tahun 2021 berakhir, alangkah baiknya kita melakukan evaluasi terhadap diri sendiri. Sehingga tahu apa yang perlu ditingkatkan di tahun berikutnya. Pada awal tahun kita terbiasa membuat resolusi untuk menggapai keinginan serta agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Misalnya, di tahun depan kita ingin dapat menjadi orang yang pintar dalam mengatur keuangan. Nah, artikel berikut ini akan membantu kamu dalam membuat resolusi finansial. Mau tahu bagaimana caranya?

Baca juga: 3 Cara Mengelola Keuangan agar Terhindar dari Stres

#1 Membuat resolusi finansial dapat dimulai dengan melihat arus kas

Saat masa pandemi sekarang ini menyebabkan kehidupan finansial sebagian besar orang terganggu. Oleh sebab itu, kita harus belajar dalam memperhatikan arus kas dan pos-pos pengeluaran pribadi, rumah tangga, atau bisnis. Mungkin saat pandemi pengeluaran kita untuk transportasi dan bepergian memang menurun. Tapi, pengeluaran kita untuk kehidupan sehari-hari menjadi meningkat. Hal ini yang menyebabkan arus kas 2021 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu, kita harus berkomitmen untuk memperhatikan arus kas sebagai fondasi perencanaan keuangan. 

#2 Kesuksesan resolusi finansial: Faktor eksternal dan internal

Kesuksesan resolusi finansial dipengaruhi oleh dua faktor yaitu eksternal dan internal. Faktor eksternal yaitu seperti masa pandemi ini. Sedangkan faktor internal yaitu yang memenuhi kaidah spesifik, terukur, realistis yang sepenuhnya dapat kita kendalikan. Untuk itu, agar resolusi tersebut tercapai kita harus dapat lebih disiplin dalam faktor internal yang dapat kita kendalikan. Misalnya saja, pada akhir tahun 2022 nanti kita meyakinkan diri untuk mempunyai tabungan senilai Rp100 juta, maka kita harus dapat disiplin agar di akhir tahun keinginan tersebut bisa tercapai.

Baca juga: Seberapa Penting Literasi Keuangan Bagi Pengusaha dan Karyawan?

#3 Tambah dana darurat

Kita belajar dari masa pandemi ini bahwa dana darurat memang sangat penting. Saat kondisi seperti ini, idealnya kita dapat menyiapkan dana darurat sebesar 6-12 kali dari pengeluaran bulanan. Untuk itu, menambah dana darurat bisa dijadikan resolusi finansial di tahun 2022. 

#4 Investasi yang tepat

Pada tahun 2022 kamu dapat membuat resolusi finansial dengan memilih investasi yang tepat. Banyak jenis investasi yang dapat kamu lakukan contohnya deposito, emas, saham, dan reksa dana. Kamu dapat memilih jenis investasi yang kamu inginkan. 

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui dan bisa lakukan untuk mewujudkan resolusi finansial. 

Sumber: Sonora.id

Simak juga:

Tertarik Investasi Emas? Ikuti 5 Cara Mudah untuk Pemula

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!