Resources

6 Tips Memanfaatkan Dana Pensiun dengan Baik

Hidup tenang dengan keuangan yang stabil di masa tua adalah impian semua orang. Simak tips dana pensiun yang tepat berikut ini.
tips dana pensiun

Memiliki masa pensiun dengan kondisi keuangan stabil adalah impian semua orang. Agar tidak terbuang secara sia-sia, GajiGesa akan memberikan tips dana pensiun untuk mempersiapkan masa tua yang lebih baik.

Pada masa purnabakti, perusahaan akan memberikan dana pensiun atau jaminan hari tua kepada karyawannya.

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memastikan bahwa karyawan memiliki masa tua yang terjamin. 

Tips Memanfaatkan Dana Pensiun dengan Baik

tips dana pensiun

Dana pensiun memang memiliki nominal yang menggiurkan. Eits, tapi, jangan sampai dana pensiun kamu habis begitu saja untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Berikut ini adalah tips dana pensiun agar dikelola dengan baik.

1. Mengutamakan Pelunasan Hutang

Sebelum masa pensiun, kita tentu memiliki hutang dari cicilan kredit, atau yang lainnya. Nah, agar bisa merasa lega di hari tua, dana pensiun sebaiknya digunakan untuk melunasi hutang.

Jangan sampai tunggakan hutang menjadi kendala untuk keuangan di masa tua.

Untuk menghindari hutang yang menumpuk, sebaiknya menghindari sebelum masa pensiun.

Dengan menghindari hutang berlebih, kamu akan terbebas dari penagihan di masa tua. Sehingga dana pensiun dapat digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

2. Menyisihkan untuk Berinvestasi

Agar semakin siap menghadapi masa pensiun, sisihkan sebagian dana untuk berinvestasi. Hal ini merupakan tips dana pensiun yang tepat guna menjaga kondisi keuangan agar tetap sehat.

Berinvestasi menjelang masa pensiun terbagi menjadi dua kategori, yakni Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DLPK) dan investasi mandiri.

Beberapa perusahaan menyediakan program DLPK bagi karyawannya. Sistem kerjanya yaitu dengan memotong gaji karyawan setiap bulannya dan ditambah kontribusi perusahaan. 

Besaran jumlahnya tidak bisa diprediksi karena tergantung keuntungan yang didapat. Untuk investasi secara mandiri, kamu bisa memilih jenis aset seperti saham, reksadana, atau emas.

3. Gunakan untuk Berbisnis

Tips berikutnya guna memanfaatkan dana pensiun secara bijak adalah untuk keperluan bisnis

Masa pensiun biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk membuka bisnis. Bahkan, sebelum masa pensiun, kebanyakan orang telah membuat perencanaan yang matang untuk membuka bisnis.

Hal tersebut dilakukan supaya dana pensiun yang diterima sudah siap untuk dijadikan sebagai modal usaha.

Kamu sendiri dapat merencanakannya dari sekarang, kok. Inisiatif ini bisa dimulai dengan menentukan produk yang akan dijual, modal yang dibutuhkan, serta hal-hal lainnya untuk persiapan bisnis.

4. Buka Tabungan Hari Tua dan Asuransi Kematian

Tips selanjutnya untuk memanfaatkan dana pensiun adalah membuka tabungan hari tua dan asuransi kematian.

Tidak ada kata terlambat untuk menabung. Agar lebih siap menghadapi masa tua, disarankan untuk membuka tabungan dan asuransi kematian.

Tabungan tersebut dapat kamu gunakan jika ada keperluan yang mendesak seperti membeli obat, dan hal lainnya.

Sementara itu, kamu juga bisa siapkan asuransi kematian menjelang masa pensiun.

Asuransi kematian dapat memberikan perlindungan untuk keluarga yang ditinggalkan. Mereka nantinya mendapatkan keamanan finansial dari asuransi tersebut.

5. Mengikuti Kegiatan Sosial

Di masa pensiun, sudah pasti kamu memiliki lebih banyak waktu luang.

Na, untuk memanfaatkan waktu luang tersebut, lakukanlah hal yang bermanfaat seperti mengikuti kegiatan sosial.

Kegiatan yang bisa kamu ikuti contohnya adalah memberikan santunan kepada anak yatim.

Dengan mengikuti kegiatan sosial, kamu tidak hanya memberikan dampak positif untuk lingkungan, tetapi, juga bagi diri sendiri.

Sebab, kamu akan memahami bagaimana cara untuk memanusiakan orang lain yang lebih membutuhkan.

6. Simpan untuk Kebutuhan Darurat

Tips dana pensiun yang terakhir adalah menyimpan untuk kebutuhan darurat. Tentu kita tidak menginginkan sesuatu yang buruk terjadi secara tiba-tiba. Seperti sakit, atau kecelakaan.

Maka dari itu, menyisihkan dana pensiun untuk kebutuhan darurat sangat penting. Sebisa mungkin jangan menggunakan dana darurat untuk kebutuhan lain. Dengan memiliki dana darurat, kehidupan lebih tenang dan tidak mengganggu arus kas.

Nah, itu tadi tips dana pensiun untuk memanfaatkannya dengan baik. Jangan kalap dulu, ya, jika menerima dana pensiun. Kamu juga bisa memulai cara-cara di atas sebelum menerima dana pensiun.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!