Resources

Memulai Karier? Simak 5 Tips Menyusun Perencanaan Karier Ini

Kamu perlu menyusun karier jika ingin memiliki masa depan yang cemerlang. Simak ulasannya di artikel berikut ini mengenai tips menyusun karier!

tips menyusun

Dengan menyusun karier sedini mungkin akan membantu kamu dalam mempersiapkan masa depan yang cemerlang!

Kamu ingin memulai karier? Saat ingin memulai karier kamu terlebih dahulu harus melakukan perencanaan karier. Perencanaan karier adalah hal yang penting bagi kamu yang ingin memulai karier. Karena tidak ada masa depan yang gemilang didapatkan dengan cara yang mudah, diperlukannya perencanaan yang baik dan matang jika ingin mencapainya. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui tips menyusun perencanaan karier agar bisa kamu terapkan secara langsung mulai hari ini. Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Karier Karyawan Agar Tidak Stagnan

#1 Kenali diri sendiri

Tips menyusun karier yang pertama kamu harus mengenali diri sendiri baik itu kekuatan atau kelemahan. Hal ini memang sulit karena terkadang kekuatan lebih sering terlihat daripada kelemahan. Untuk mendapatkan hasil penilaian yang objektif tentang kekuatan dan kelemahan tersebut kamu dapat meminta pendapat dari teman dekat.

#2 Ketahui passion

Tips menyusun karier yang kedua kamu harus mengetahui passion kamu. Passion merupakan kepuasan dan rasa bahagia yang kamu dapatkan setelah melakukannya yang memiliki nilai yang tidak bisa dibayar dengan apapun juga. Itulah passion. Kenali diri kamu lebih dalam dengan mengetahui passion kamu.

Baca juga: HR Perlu Tahu! 3 Cara Untuk Mengoptimalkan Karier Karyawan

#3 Tentukan visi

Tips menyusun karier yang ketiga kamu harus mengetahui visi kamu. Visi tersebut adalah tentang diri kamu di masa mendatang, baik itu 5 sampai 10 tahun ke depan. Jika kamu tidak mengetahui secara pasti apa visi kamu, kamu dapat menanyakan kepada diri sendiri apa yang kamu inginkan di masa mendatang.

Baca juga: Mau Ganti Karier? Lihat Dulu Pro dan Kontranya!

#4 Melakukan tes kecocokan karier

Saat ini banyak sekali tes kecocokan karier yang dapat kamu lakukan. Tes kecocokan karier ini bertujuan untuk membantu kamu dalam menemukan karier yang tepat. Dalam menentukan tes kecocokan karier kamu juga dapat melakukannya secara langsung, misalnya melalui program magang. Dengan melakukan program magang tersebut, akan membuat kamu jadi tahu karier seperti apa yang cocok dengan diri kamu.

#5 Let’s do it

Terakhir, jika kamu sudah berhasil merancang semuanya, selanjutnya let’s do it. Hal inilah yang harus kamu lakukan ketika sudah selesai dalam menyusun perencanaan karier. 

Itulah perencaan yang bisa kamu targetkan untuk masa depan karier.

Sumber: Bettermind

Simak juga:

pengembangan karier

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!