fbpx
menabung 50 juta dalam setahun

Menabung 50 Juta Dalam Setahun? Bisa, Begini Caranya!

Dengan komitmen yang kuat, kamu pasti bisa. Begini cara menabung 50 juta dalam setahun.

50 juta rupiah terdengar seperti nominal uang yang sangat banyak. Dan ya, 50 juta rupiah memang banyak. Kamu bisa menggunakan uang sejumlah 50 juta rupiah untuk apa saja tergantung tujuan kamu. Setiap orang memiliki tujuan menabung yang berbeda-beda, seperti untuk menikah, DP rumah, liburan, dana darurat, atau menyiapkan dana pensiun. Bagaimana cara menabung 50 juta dalam setahun?

Menabung 50 juta dalam setahun terdengar seperti nominal uang yang sangat banyak dan banyak orang langsung pesimis untuk mewujudkannya. Padahal kalau dibagi selama 52 minggu, kamu cukup perlu menabung kurang dari 1 juta rupiah setiap minggunya. Terdengar lebih dapat tercapai dan realistis bukan ketika kita memecahnya seperti itu? Itu adalah salah satu cara menabung 50 juta dalam setahun. Dengan tekad dan komitmen yang kuat, kamu bisa kok, mewujudkannya. Lantas bagaimana cara agar kita lebih disiplin? Ikuti tips menabung 50 juta setahun berikut ini.

Cara menabung 50 juta dalam setahun menggunakan teori anggaran 50/20/30

Kamu mungkin pernah mendengar mengenai teori anggaran 50/20/30 sebelumnya. Teori anggaran ini membagi-bagi pemasukan ke beberapa pos keuangan, yaitu 50% untuk kebutuhan sehari-hari yang esensial, 20% untuk tabungan dan investasi, dan 30% lagi untuk kebutuhan gaya hidup, seperti belanja yang non-esensial. Bagaimana cara menabung 30 juta dalam setahun menggunakan metode ini?

Anggaplah gajimu saat ini adalah 15 juta rupiah per bulannya. Maka 20 persennya yaitu sebanyak 3 juta rupiah bisa kamu alokasikan ke tabungan setiap bulannya. Dengan menabung 3 juta rupiah setiap bulannya selama 12 bulan, kamu akan mendapatkan 36 juta rupiah di akhir tahun. Lumayan, bukan?

Namun 36 juta rupiah masih kurang 14 juta rupiah lagi menuju 50 juta rupiah. Lantas bagaimana tips menabung 50 juta setahun? Bagaimana kalau kali ini kamu membalik teori anggaran 50/20/30 tadi sehingga 20% dialokasikan untuk gaya hidup dan 30% untuk tabungan?

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Ketika Virtual Meeting Saat WFH!

Untuk menekan anggaran gaya hidup, kamu bisa melihat kembali anggaran dan melacak pengeluaran, melihat dan memotong atau menghemat pengeluaran yang tidak perlu seperti makan di luar, nongkrong-nongkrong cantik, menunda liburan, atau menghentikan berlangganan TV kabel untuk sementara. Upaya berhemat ini akan sepadan jika kamu telah mendapatkan tujuan akhir kamu nantinya.

Dengan mengalokasikan 30% dari pemasukanmu setiap bulannya untuk tabungan, maka kamu pun mendapat 30% x Rp15.000.000 = Rp4.500.000 setiap bulannya. Asalkan kamu disiplin dan menjalankan anggaran yang sudah dibuat secara ketat, dalam setahun, 54 juta rupiah sudah di tangan. Itu adalah cara menabung 50 juta dalam setahun dengan metode paling sederhana meskipun dalam menjalankannya diperlukan tekad yang sangat kuat.

Lantas bagaimana cara menabung 50 juta dalam setahun ketika penghasilanmu kurang dari 15 juta sebulan atau tidak memungkinkan menabung sebanyak 30% dari pemasukan?

Cari pekerjaan sampingan sebagai alternatif cara menabung

Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa kamu kerjakan di luar jam kerja pekerjaan utama kamu atau di akhir pekan. Tabunglah hasilnya, ditambah dengan tabungan dari pemasukan utamamu, usahakan jumlahnya 1 juta rupiah per minggu, maka kamu pun akan mendapat 52 juta rupiah dalam satu tahun.

Alokasikan dana tabungan ke investasi reksa dana

Jika tabungan memiliki bunga yang relatif rendah, kamu bisa mengalokasikan dana tabungan ke instrument investasi reksa dana dan mendapatkan return atau imbal hasil yang lumayan. Investasi reksa dana juga cocok untuk investor pemula karena minim risiko dan akan dikelola oleh manajer investasi yang ahli di bidangnya.

Investasi peer to peer (P2P) lending

P2P lending menjanjikan bunga yang signifikan hingga mencapai 21 persen per tahun. Lumayan, bukan? Kamu bisa melirik metode ini sebagai salah satu cara menabung 50 juta dalam setahun jika penghasilanmu kurang dari 15 juta sebulan atau tidak memungkinkanmu menabung lebih dari 4,5 juta rupiah sebulan.

Jual barang-barang yang tidak kamu butuhkan

Sekalian bersih-bersih rumah dan decluttering, coba lihat apakah ada barang yang sudah tidak terpakai atau jarang kamu pakai. Daripada hanya bikin numpuk di rumah, ini bisa menjadi salah satu menambah-nambah pemasukan sebagai tips menabung 50 juta setahun.

Itu tadi beberapa trik cara menabung 50 juta dalam setahun. Selamat menabung!

Referensi: Lifepal, Vitaldollar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *