Resources

7 Hal yang Perlu Diperiksa HR Saat Background Check!

Sebuah perusahaan sangat penting untuk melakukan background check. Untuk itu, apa saja yang perlu dilakukan untuk memeriksa background pekerja?

background pekerja

Memilih kandidat yang tepat untuk mengisi posisi di perusahaan perlu tinjauan dan pemeriksaan yang lengkap. Informasi dari proses interview dan pemeriksaan latar belakang ternyata belum cukup. Oleh sebab itu perlu dilakukan employee background checks untuk membantu memeriksa background pekerja secara lebih profesional dan detail. 

Baca juga: Apa Sih Pentingnya Background Check Karyawan Bagi Perusahaan?

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperiksa dalam employee background checks

#1 Catatan Kriminal 

Pemeriksaan latar belakang kriminal sering dilakukan dalam situasi di mana perusahaan ingin mengetahui lebih dalam mengenai background pekerja yang sedang diproses. Hal ini mencakup catatan kriminal seperti pelecehan seksual, penipuan, penggelapan, atau hukuman kejahatan lainnya. 

Informasi ini berguna sekali untuk memastikan kandidat mana yang akan dipilih. Pemeriksaan catatan kriminal diharapkan agar tersedianya kondisi yang nyaman dan aman saat bekerja. 

#2 Riwayat Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan bisa dilakukan dengan drug test atau tes narkoba. Pemeriksaan background pekerja ini diberlakukan untuk semua kandidat dan melakukannya sesuai dengan aturan hukum. Mengetahui kondisi kesehatan fisik dan mental kandidat diperuntukan agar kepercayaan menjadi tinggi, menghindari cedera di tempat kerja, dan memastikan bahwa karyawan yang direkrut akan menjadi karyawan yang produktif. 

Baca juga: 6 Proses Rekrutmen Ideal yang HR Perlu Ketahui

#3 Pengalaman Bekerja

Mencari tahu pengalaman pekerjaan kandidat dari awal memulai bekerja adalah hal yang penting dilakukan saat ingin merekrutnya. Hal ini penting untuk rekruter atau perusahaan untuk mengetahui lebih detail mengenai pekerjaan apa saja yang sebelumnya dilakukan oleh kandidat dan bagaimana kandidat tersebut berkontribusi di perusahaan sebelumnya. 

Selain itu, dengan sudah adanya informasi tersebut maka perusahaan bisa menggali lebih dalam terkait alasan pemberhentian kandidat di tempat kerja sebelumnya. Alasan itu bisa menjadi poin penting bagi HR atau perusahaan dalam memilihnya sebagai calon pekerja dengan lingkungan dan budaya perusahaan. 

#4 Riwayat Pendidikan

Biasanya perusahaan akan memverifikasi gelar, jurusan, dan kinerja akademik kandidat sebelum merekrut kandidat terutama untuk pekerjaan tingkat pemula atau fresh graduate. Melakukan pengecekan mengenai latar belakang pendidikan kandidat digunakan untuk mengetahui apakah background pekerja dari segi pendidikan sudah memenuhi persyaratan untuk nantinya direkrut mengisi posisi yang ditawarkan dan apakah memang benar kandidat telah menyelesaikan pendidikan akademiknya. 

Baca juga: Ingin Mendapatkan Top Talent? Simak 6 Strategi Rekrutmen Berikut!

#5 Reference check

Dalam form yang harus dilengkapi oleh kandidat biasanya tertulis kontak yang dapat dihubungi sebagai kontak referensi untuk mencari tahu mengenai kandidat lewat pandangan orang lain atau orang yang sudah pernah bekerja langsung dengan background pekerja. Biasanya reference check akan dilakukan dengan orang-orang yang pernah bekerja dalam satu tim sebagai team-mate, supervisor, atau leader kandidat di tempat sebelumnya. 

#6 Digital tracks & social media

Zaman sekarang kehadiran internet sudah menjadi bagian dari kehidupan semua orang. Tidak hanya informasi-informasi positif saja yang bisa didapatkan dengan mudah melalui internet, melainkan juga informasi negatif. Apa saja yang dilakukan kandidat di sosial media terkait masalah sehari-hari akan mempengaruhi lingkungan kerja. Maka dari itu, mengecek jejak digital seperti sosial media sangat lah penting untuk mengetahui seperti apa kandidat bertindak di belakang layar. 

#7 Another background information

Beberapa informasi penting lainnya yang perlu dicek melalui employee background checks adalah informasi terkait dokumen kependudukan kandidat seperti; No. KTP, NPWP, tempat tinggal, dan lain-lain. Hal ini diutamakan sebagai identitas, bahkan sebagai syarat dengan hukum yang berlaku. 

Itulah 7 hal yang harus diperiksa oleh HR dalam memilih kandidat pekerja. 

 

Sumber: Talentics

Simak juga:

Mau Mempertahankan Produktivitas Karyawan Saat WFH? Lihat, 4 Tips Ini!