Resources

Tips Buat Karyawan Tetap Semangat Bekerja Saat Bulan Puasa

Lesu menjadi tantangan kerja bagi para karyawan saat puasa. Ikuti tips ini agar tetap semangat bekerja saat bulan puasa.
bekerja saat bulan puasa

Lemas dan lesu menjadi tantangan bekerja saat bulan puasa. Terlebih jika bekerja dari rumah, semangat kerja para karyawan cenderung menurun. Lalu, apa yang bisa dilakukan perusahaan dalam membangun semangat kerja para karyawan di bulan puasa?

GajiGesa akan memberikan tips untuk membuat karyawan tetap semangat bekerja saat bulan puasa. Tujuannya, agar karyawan semakin produktif sehingga perusahaan juga tetap stabil. Tips berikut ini juga sangat mudah untuk diterapkan untuk meningkatkan semangat kerja. 

Tips Membuat Karyawan Tetap Semangat Bekerja Saat Bulan Puasa

bekerja saat bulan puasa

Ada lima tips yang bisa diterapkan untuk karyawan, dalam menumbuhkan semangat bekerja saat bulan puasa. 

Memberi Kesempatan Tidur Siang

Dengan memberi kesempatan tidur siang sejenak saat bulan puasa, karyawan dapat menyegarkan pikiran dan menghilangkan lelah. Cara ini bisa diberlakukan untuk karyawan yang bekerja dari rumah atau kantor. 

Perusahaan dapat memberikan fasilitas berupa kasur dan sofa untuk karyawan yang bekerja di kantor. Berikanlah karyawan waktu tidur siang selama 10-30 menit untuk mengembalikan fokus. 

Menggeser Jam Kerja Lebih Awal

Kamu bisa menggeser jam kerja lebih pagi, untuk menjaga semangat para karyawan. Energi optimal saat berpuasa adalah saat pagi hari setelah sahur, sampai tengah hari. Lewat tengah hari, stamina para karyawan sudah terkuras karena mengantuk. 

Untuk karyawan bekerja shift siang, kamu bisa mengatur jam pulangnya agar bisa lebih awal. Misalnya, shift siang dimulai dari jam satu siang, maka karyawan bisa pulang jam empat sore. Begitu pula untuk shift pagi, bisa dimulai dari jam delapan pagi., dan selesai pada jam 11 siang. 

Mengatur Jam Istirahat

Atur shift kerja dengan memberikan waktu istirahat yang cukup bagi karyawan. Bisa dilakukan dengan memberi giliran yang adil untuk satu divisi secara merata. Khusus di bulan puasa, sebaiknya hindari shift malam secara terus-menerus. 

Menyediakan Makanan Sahur dan Berbuka

Khusus bagi karyawan yang shift malam di kantor, perusahaan dapat menyediakan makanan sahur dan berbuka. Dengan begitu, karyawan tetap semangat dalam bekerja dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli makan. 

Sajikanlah menu yang berbeda setiap harinya, agar karyawan tidak bosan. Selain menyediakan makanan, perusahaan juga bisa memberikan takjil sebagai alternatif untuk berbuka. 

Melakukan Ice Breaking sebelum Rapat

Lakukanlah kegiatan yang bisa menumbuhkan semangat kerja, seperti ice breaking atau permainan lainnya. Karyawan akan lebih antusias dalam bekerja setelah melakukan ice breaking. Kamu bisa mengatur permainan selama 3 – 5 menit sebelum rapat atau memulai pekerjaan. 

Nah, itu tadi lima tips untuk membuat karyawan tetap semangat bekerja saat bulan puasa. Menurut kamu, apa cara yang paling efektif di antara kelima tips di atas?

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!