Resources

Hati-hati! Perhatikan Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa

Hati-hati! Perhatikan Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa

Biaya tak terduga memang tak hanya muncul saat bulan puasa saja. Namun, biasanya biaya tak terduga ini bisa jadi makin membengkak saat bulan puasa.

Bulan puasa adalah salah satu bulan yang ditunggu-tunggu, khususnya bagi pemeluk agama Islam. Namun, keuangan khusus untuk bulan puasa biasanya memang sudah diantisipasi jauh-jauh hari sebelum memasuki bulan puasa.

Namun, tahukah kamu bahwa tak jarang ada biaya pengeluaran yang tak terduga yang mungkin terlewat?

Nah, untuk mengetahui hal apa saja yang membuat biaya tak terduga membengkak, yuk, simak beberapa contohnya di bawah ini.

1. Buka Puasa Bersama di Luar

Berbuka puasa bersama di luar adalah salah satu tradisi yang sudah ada di masyarakat sejak lama. Walaupun pasti selalu ada, namun biaya yang akan dikeluarkan jarang terduga.

Biaya tak terduga kadang bisa kerap muncul, apalagi tak jarang tiba-tiba kolega lama atau keluarga jauh mengundang kita untuk berbuka puasa bersama.

Untuk mengatasi hal ini, sediakan budget atau “pos” tersendiri untuk biaya berbuka bersama orang-orang terdekat.

2. Kegiatan Ngabuburit

Selain berbuka puasa bersama, ngabuburit juga adalah salah satu tradisi bulan puasa yang sering masyarakat lakukan. Ngabuburit merupakan kegiatan yang dilakukan sambil menunggu azan maghrib dan menjelang berbuka puasa yang ada di di bulan puasa.

Kegiatan ngabuburit yang beragam, seperti bazar ramadhan, jalan-jalan, mengunjungi sanak saudara dll, tentu akan mengeluarkan dana yang tak terduga.

Kamu harus mengantisipasi dana yang akan kamu keluarkan dengan banyaknya ‘godaan’ dan tawaran.

Tak ada salahnya ngabuburit dan sesekali mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Namun, perhatikan juga jumlah yang akan dikeluarkan. Kamu bisa tetap berpartisipasi, namun tidak harus selalu mengeluarkan uang, lho.

Hati-hati! Perhatikan Biaya Tak Terduga Saat Bulan Puasa

3. Belanja untuk Hari Raya

Keperluan hari lebaran tentunya akan memakan dana yang lumayan banyak. Pastinya kamu harus berbelanja beberapa hari sebelum Lebaran.

Contohnya seperti tiket mudik. Jika kamu memutuskan untuk mudik, bahan makanan untuk dimasak di hari raya, hingga hampres dan kue-kue lebaran.

Membeli tiket jauh hari akan membantu menghemat keuangan kamu. Biaya transportasi ketika mudik juga harus kamu perhitungkan, karena kadang bisa menjadi pengeluaran yang tak terduga.

Khususnya untuk tiket mudik, lebih baik dibeli jauh hari sebelum hari raya karena semakin dekat dengan hari raya, maka semakin meningkat pula harganya. Selain itu, kamu bisa jadi kehabisan tiket jika membeli tiket dekat dengan hari raya

4. Dana Amal

Mengeluarkan uang untuk beramal adalah salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah. Jika kamu beragama Islam, kamu juga akan membayar Zakat di akhir bulan puasa.

Memang ada baiknya uang untuk beramal tidak dihitung dari jumlahnya. Namun, terkadang uang untuk amal menjadi hal tidak terduga. Pengeluaran amal mungkin saja terjadi lebih dari satu kali.

5. Uang Hari Raya

Selain Tunjangan Hari Raya atau THR, pengeluaran saat hari raya juga terkadang bisa tak terduga. Hari raya, yang mana juga akan menjadi hari libur nasional & cuti bersama bisa menghabiskan dana dengan jumlah yang tidak terduga.

Ketika mengunjungi sanak saudara atau sekedar berjalan-jalan keliling kota misalnya, kamu pasti akan mengeluarkan biaya. Jadi, sebaiknya sisihkan uang dari jauh hari khusus untuk pengeluaran di hari raya, ya.

Bulan puasa memang bulan yang spesial dan terjadi hanya satu kali dalam setahun. Namun, bukan berarti kamu harus bebas dalam mengeluarkan uang dan mempengaruhi kesehatan keuanganmu. Tetap perhatikan biaya yang dikeluarkan, ya.

Nah, itu dia contoh biaya tak terduga yan bisa dikeluarkan saat bulan puasa. Jadi, sebaiknya lakukan kembali pengaturan keuanganmu khusus untuk di bulan ini.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!