Resources

4 Kelebihan Earned Wage Access (EWA) Dibanding Benefit Lainnya: HR Wajib Tahu!

kelebihan earned wage access

Sekarang ini, guna meningkatkan angka produkitivitas kerja, perusahaanmu perlu memanfaatkan berbagai kelebihan earned wage access (EWA).

Mengapa demikian? Pasalnya, layanan akses gaji fleksibel ini bisa menjadi solusi untuk permasalahan yang membuat kualitas kerja karyawan terhambat.

Sebagai contoh, dalam keadaan mendesak, karyawan bisa mengalami kecemasan finansial karena tak memiliki dana untuk membayar tagihan yang menumpuk.

Hal tersebut secara tak langsung bisa berimbas pada kesehatan mental beserta tingkat produktivitas mereka di tempat kerja.

Namun, dengan adanya earned wage access, karyawan bisa menarik gaji kapan pun dan di mana pun.

Sehingga, mereka tak perlu lagi khawatir dalam kondisi darurat tersebut dan bisa menjadi lebih semangat untuk menuntaskan pekerjaannya.

Oleh sebab itu, benefit ini tidak boleh dianggap remeh. Ia bisa menjadi juru penyelamat bagi karyawan dan kualitas yang ditawarkan oleh bisnismu.

Nah, melihat hal tersebut, yuk, ketahui kelebihan earned wage access lainnya yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaanmu!

Kelebihan Earned Wage Access (EWA) untuk Benefit Karyawan

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang akan dinikmati perusahaanmu jika memberikan benefit EWA untuk karyawan.

1. Meningkatkan retensi karyawan

Kelebihan earned wage access yang pertama adalah mampu meningkatkan angka retensi karyawan.

Persaingan dunia kerja yang semakin ketat membuat tim human resources (HR) kesulitan untuk merekrut tenaga kerja mumpuni.

Namun, sebagai solusi untuk menemukan kandidat terbaik, perusahaan bisa menyediakan benefit tambahan berupa layanan EWA.

Tak hanya itu, earned wage access juga bisa menjadi cara untuk mempertahankan karyawan yang sudah bergabung dalam perusahaan.

Pasalnya, kebanyakan karyawan di era modern ini ingin bekerja di perusahaan yang peduli dengan kesejahteraan finansial mereka.

2. Memberikan kebebasan pada karyawan untuk melakukan budgeting

Kelebihan EWA yang kedua yaitu memberikan kebebasan pada karyawan untuk melakukan budgeting atau alokasi gaji.

Terdapat sebuah studi yang menunjukkan bahwa mendapatkan gaji setiap bulan membuat orang lebih sulit dalam mengelola keuangannya.

Hal ini berlaku karena mereka tak mampu mengelola gaji secara mandiri dan sering kali penghasilan habis di tengah-tengah bulan.

Nah, dengan EWA, hal ini takkan terjadi. Sebab, karyawan disediakan tool yang memungkinkan mereka untuk mengatur gaji secara lebih fleksibel.

3. Mengurangi stres dan ketergantungan terhadap pinjaman

Sering kali, karyawan yang sedang mengalami stres finansial mengajukan pinjaman online sebagai solusi dari permasalahannya.

Namun, seperti yang kita ketahui, pinjaman online bukanlah sebuah solusi untuk masalah finansial yang sedang dialami. Justru, keputusan ini bisa memperparah keadaan tersebut.

Untungnya, perusahaan bisa memanfaatkan salah satu kelebihan earned wage access, yaitu untuk mengurangi stres finansial karyawan dan mengurangi ketergantungan mereka terhadap pinjaman.

Sebab, dengan layanan ini, karyawan bisa menarik gaji mereka sendiri saat membutuhkan dana darurat. Sehingga, mereka bisa terbebas dari ketergantungan akan bunga pinjaman. 

4. Meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Kelebihan EWA lainnya adalah meningkatkan produktivitas kerja karyawan.

Seperti yang sudah dijelaskan, masalah yang sering dialami oleh karyawan merupakan kecemasan finansial.

Tanpa disadari, hal ini bisa menyebabkan berbagai dampak negatif baik pada karyawan maupun perusahaan.

Pasalnya, stres finansial bisa memengaruhi kesehatan mental karyawan. Hal tersebut bisa berimbas pada tingkat produktivitas perusahaan.

Nah, dengan memberikan benefit EWA, perusahaan bisa mengurangi masalah finansial tersebut. Hasilnya, karyawan terbebas dari stres dan bisa menjadi lebih produktif ketika bekerja.

Karyawan yang diberikan EWA oleh perusahaan juga bakal merasa lebih dipedulikan. Sehingga, mereka akan bekerja lebih giat dan menjadi lebih loyal terhadap perusahaan.

Itu dia keempat kelebihan earned wage access yang dimanfaatkan oleh perusahaanmu.

Melihat penjelasan di atas, nyatanya bukan badan usaha saja yang dapat mengambil manfaat dari EWA. Akan tetapi, karyawanmu juga memerlukannya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gabung dengan layanan earned wage access GajiGesa dan berikan benefit lebih untuk karyawanmu. Jangan sampai ketinggalan, ya!


Daftarkan Perusahaanmu untuk Gunakan GajiGesa

"*" indicates required fields

Nama Anda*
Anda tertarik dengan?*

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!