Resources

5 Cara Sukses Mempersiapkan Buka Bersama Karyawan Kantor

buka bersama kantor

Setiap bulan Ramadan, umumnya perusahaan akan mengadakan buka bersama kantor. Tujuan diadakan buka bersama atau bukber adalah untuk mendekatkan setiap karyawan satu per satu. Selain itu juga, memberikan momen tersendiri untuk karyawan kantor.

Biasanya, buka bersama diadakan pada pertengahan Ramadan hingga menjelang Hari Raya Idulfitri.

Nah, apa kamu ingin mempersiapkan buka bersama? Berikut ini ialah cara sukses untuk mempersiapkan acaranya.

Cara Mempersiapkan Buka Bersama Kantor

buka bersama kantor

Berikut ini ialah beberapa cara yang perlu kamu persiapkan agar acara buka bersama bisa berjalan sukses.

#1 Bentuk panitia

Hal pertama yang perlu kamu persiapkan yaitu, membentuk panitia demi kelancaran kegiatan buka bersama kantor.

Kamu bisa membentuk panitia dengan memilih salah satu perwakilan dari setiap divisi. Dengan membentuk panitia yang terdiri dari beraneka ragam divisi pasti akan lebih menyatukan dan akan membangun kedekatan.

Dalam membentuk panitia tersebut, usahakan juga memilih pihak-pihak yang bisa diajak kerjasama. Tentunya, ini penting karena komunikasi sangatlah krusial untuk menyukseskan acara ini. Pilih panitia yang bisa memberikan dan menerima pendapat, sigap, dan mau membantu.

Selain itu, usahakan juga untuk membentuk panitia dari jauh-jauh hari, atau bahkan dari sebelum bulan Ramadan. Hal tersebut yaitu untuk mendapatkan jadwal dan juga kepastian acara sejak dini.

#2 Tentukan tempat acara

Setelah membentuk panitia, pastikan kamu sudah merundingkan tempat untuk acara buka bersama kantor.

Terdapat beberapa pilihan tempat yang bisa kamu gunakan, yaitu ruangan di kantor, aula kantor, hotel, atau restoran. Namun, jika kamu memiliki karyawan yang cukup banyak, ada baiknya menyewa aula di hotel atau tempat khusus untuk acara buka bersama.

Selain itu, dengan menyewa ruangan di hotel atau restoran, kamu menjadi tidak perlu khawatir ribet memesan makanan. Sebab, kamu bisa langsung minta disediakan langsung oleh pihak pemilik ruangan atau restoran tersebut.

Pastikan juga kamu sudah memesan ruangan hotel atau restoran tersebut dari jauh-jauh hari untuk menghindari kepenuhan booking atau ketidaktersediaan tempat.

#3 Buat acara yang menarik

Bagi perusahaan yang masih menerapkan sistem kerja work from home atau WFH, kamu bisa memanfaatkan momen ini. Sebab, buka bersama kantor adalah momen semua karyawan bertemu dan saling mengenal satu sama lain.

Nah, untuk memanfaatkan momen tersebut, para panitia bisa membuat acara yang menarik untuk mendekatkan semua karyawan. Misalnya, dengan mengadakan game, acara bernyanyi bersama, dan lainnya. Dengan begitu, semua karyawan akan saling membaur dan mengenal satu sama lain.

#4 Adakan pada hari Jumat

Mengingat acara buka bersama kantor ini pasti akan sampai malam, pertimbangkan untuk diadakan pada hari terakhir kerja. Hal tersebut karena tidak semua karyawan memiliki tempat tinggal yang dekat dari kantor atau lokasi acara buka bersama.

Jika diadakan pada akhir pekan, karyawan akan bisa merasa lebih santai untuk pulang sedikit lebih malam.

#5 Umumkan dari jauh hari

Bulan Ramadan adalah waktu di mana setiap orang bersilaturahmi dengan mengadakan buka bersama. Mulai dari acara buka bersama dengan teman SD, SMP, SMA, teman kuliah, hingga keluarga.

Untuk menghindari banyaknya karyawan yang berhalangan hadir karena banyaknya acara buka bersama, usahakan umumkan dari jauh hari. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir karyawan yang tidak hadir saat buka bersama kantor.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!