Resources

Berapa Uang yang Bisa Kamu Hemat dengan Gaya Hidup Minimalis?

Dengan menerapkan gaya hidup minimalis kamu dapat menghemat banyak uang loh. Yuk, simak di sini berapa uang yang dapat kamu hemat!

Mengubah pola hidup dengan cara hidup minimalis akan berdampak baik kepada keuangan.

Ada istilah “lebih besar pasak daripada tiang” sangat populer untuk mendeskripsikan seseorang dalam mengatur keuangannya. Apakah istilah tersebut berlaku padamu? Sebaiknya jangan, karena akan membuat finansialmu menjadi tidak baik. Ada salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menghindari masalah finansial, yaitu dengan cara hidup minimalis. Dengan menjalankan cara hidup minimalis yang benar, kamu bisa hemat lebih banyak uang lho, menarik bukan? Berikut uang yang dapat kamu hemat dengan cara hidup minimalis.

Baca juga: Semua yang Harus Kamu Tahu Soal Hidup Minimalis

#1 Menjual barang yang tidak terpakai

Cara hidup minimalis yaitu memaksa kamu untuk menggunakan sedikit barang. Kamu dapat mencobanya dengan cara menyortir pakaian di lemarimu yang tidak terlalu sering di pakai. Lalu, kamu dapat menjual pakaian yang tidak terpakai dengan memanfaatkan media sosialmu seperti Instagram atau Facebook. Kamu dapat menentukan harga yang ingin kamu jual. Misalnya kamu ingin menjual setiap satu pakaian seharga Rp50.000 dan kamu memiliki 10 pakaian yang ingin dijual, jika terjual semua kamu akan menghasilkan uang Rp500.000. Tentunya dengan menjual barang tidak terpakai dapat menambah penghasilanmu loh! 

#2 Membeli sedikit barang

Cara hidup minimalis akan membuat kamu terbiasa untuk membeli sedikit barang. Misalnya, kamu setiap bulan memiliki kebiasaan menghabiskan Rp500.000 untuk pembelian kosmetik atau menghabiskan Rp500.000 untuk pembelian pakaian. Cobalah menguranginya menjadi setengahnya, tentu kamu akan hemat uang menjadi Rp250.000. Biasakan untuk membeli barang atau kebutuhan yang benar-benar penting saja. 

#3 Mengatur pembelanjaan makanan

Membuat list belanja bahan makanan adalah cara hidup minimalis agar tidak membeli bahan yang tidak terlalu dibutuhkan dan tidak membuat limbah rumah tangga menjadi semakin banyak. Biasanya jika kita tidak mengatur apa saja bahan yang ingin dibeli akan membuat kita membeli lebih banyak barang dari yang dibutuhkan sehingga terkadang lupa untuk menggunakannya. Misalnya kamu sebelum memulai mencatat bahan belanjaan kamu akan menghabiskan Rp200.000 per minggu, setelah kamu mencatat bahan makanan yang ingin kamu makan selama seminggu kamu bisa saja lebih hemat Rp50.000. Karena kamu tidak akan berbelanja yang tidak sesuai dengan daftar belanja kamu.

Baca juga: Menyimpan Lebih Banyak Uang dengan Gaya Hidup Minimalis

#4 Membebaskan waktu untuk penghasilan tambahan

Salah satu manfaat terbesar dari minimalis adalah jumlah waktu yang dikembalikan ke kehidupan kita. Ketika kita memiliki lebih sedikit waktu untuk membersihkan, mengatur, memelihara, dan memperbaiki, kita memiliki lebih banyak waktu untuk kegiatan lain. Ketika kamu sedang bekerja keras untuk mengurangi utang, membangun rekening tabungan, atau mendanai pensiun dini, minimalis memungkinkan kamu untuk mengarahkan waktu luang tersebut untuk mencari penghasilan tambahan. 

#5 Merawat barang yang dimiliki dengan baik

Salah satu cara hidup minimalis yang mudah dilakukan ialah dengan merawat barang yang sudah dimiliki. Barang akan bertahan lama atau tidak mudah rusak jika perawatan yang dilakukan benar. Ketika barang bertahan lama, maka kita tidak perlu mengeluarkan biaya servis atau bahkan membeli barang baru. Belajarlah untuk merawat apa yang sudah dimiliki dan dibeli daripada terlalu sering membeli barang baru dengan penggunaan yang berlebihan dan tanpa perawatan terhadapnya. Alhasil, merawat barang yang benar akan lebih menghemat pengeluaran kamu. 

Itu lah hal-hal yang bisa kamu lakukan demi menghemat keuangan kamu melalui cara hidup minimalis. Selamat mencoba! 

 

Sumber: Becoming Minimalist, Happy Simple Mom

Simak juga:

https://gajigesa.com/inspirasi/contoh-gaya-hidup/