Resources

Menyimpan Lebih Banyak Uang dengan Gaya Hidup Minimalis

Menerapkan gaya hidup minimalis dapat memberikan banyak manfaat terutama untuk kesehatan finansialmu. Simak yuk, ulasannya di artikel berikut ini!

manfaat gaya hidup minimalis

Banyak sekali manfaat gaya hidup minimalis yang kamu dapatkan jika dilakukan dengan tepat. 

Apakah menurutmu gaya hidup minimalis itu menarik? Ya, gaya hidup minimalis tidak hanya menarik tetapi lebih dari itu. Manfaat gaya hidup minimalis tidak hanya dalam hal menyederhanakan kehidupan sehari-hari atau lingkungan kita, tetapi juga berdampak positif pada keuangan kita dan bagaimana cara kita untuk mengelolanya. Berikut adalah manfaat gaya hidup minimalis yang membuat kamu dapat menyimpan banyak uang, sehingga membuat kamu mudah untuk mencapai kebebasan finansial. 

Baca juga: Harus Dihindari! 10 Kebiasaan Buruk dalam Mengatur Keuangan

#1 Menjual barang yang tidak diperlukan.

Berapa banyak barang yang kamu miliki saat ini? Kamu dapat menjual barang tersebut menjadi barang yang dinamakan barang preloved atau barang yang sudah tidak terpakai. Misalnya saja baju, perabotan rumah, atau peralatan lain yang memang sudah tidak dibutuhkan. Tentunya manfaat gaya hidup minimalis ini yang memaksa kamu untuk hanya memiliki sedikit barang sehingga kamu menjual barang yang tidak dibutuhkan akan memberikan kamu tambahan uang. Cobalah untuk menjualnya dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram atau Facebook. 

#2 Beli lebih sedikit, beli kualitas lebih baik.

Inti dari minimalis ialah keputusan sadar untuk mengurangi atau menghilangkan pembelian yang tidak perlu. Kata kuncinya adalah tidak perlu. Menjadi minimalis bukan berarti kamu tidak akan membeli suatu barang lagi. Gaya hidup ini hanya mengubah cara kamu dalam proses pembelian. Misalnya saja kamu ingin membeli tas yang sedang tren saat ini, kenapa kamu tidak memilih untuk berinvestasi dalam membeli sepatu dari merek berkualitas dan dapat dipakai sepanjang waktu. Gaya hidup minimalis akan membuat kamu dapat lebih fokus dalam kualitas daripada kuantitas yang tentunya akan mengurangi pengeluaran kamu. 

#3 Jadilah lebih disengaja dengan pengeluaran kamu.

Sesuatu terjadi ketika kamu menjadi sadar tentang bagaimana dan di mana kamu menghabiskan uang. Manfaat gaya hidup minimalis dapat membantu kamu mengenali perbedaan antara barang yang kamu butuhkan dan barang yang tidak kamu butuhkan.  Sebelum kamu menyadarinya, kamu juga akan menerapkan cara berpikir itu ke bagian lain kehidupan kamu. Misalnya jika kesehatan dan kebugaran penting bagi kamu, pilih untuk membuat anggaran mendaftarkan keanggotaan gym atau bahkan memilih untuk makan makanan organik. Manfaat gaya hidup minimalis dengan menjadi lebih disengaja dengan pengeluaran kamu berarti menghilangkan pengeluaran yang tidak memberikan apa yang kamu butuhkan. 

Baca juga: Semua yang Harus Kamu Tahu Soal Hidup Minimalis

#4 Mengurangi utang kamu.

Dengan gaya hidup minimalis dapat juga mengurangi pengeluaran yang akan membantu kamu untuk melunasi hutang seperti untuk membayar pinjaman mahasiswa, hutang kartu kredit, hipotek, atau pinjaman mobil. Karena kamu hanya akan mengeluarkan pengeluaran yang lebih sedikit jadi dapat lebih mudah untuk melunasi hutang. Mengurangi hutang kamu adalah langkah penting untuk mencapai kebebasan finansial. Dengan menerapkan prinsip-prinsip minimalis ke gaya hidup kamu, tentunya akan mudah untuk kamu mencapai tujuan tersebut. 

Itulah beberapa manfaat gaya hidup minimalis. Menjadi minimalis dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan keuangan dan mengurangi pengeluaran sehingga kamu dapat menyimpan lebih banyak uang. 

Simak juga:

https://gajigesa.com/uang/cara-menghemat-uang-untuk-ibu-rumah-tangga/

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!