Resources

Jadi Hemat, Yuk! Berikut 10 Cara Menabung Unik

cara menabung unik

Kamu merasa boros? Harus tahu nih, cara menabung unik berikut ini.

Menabung merupakan kegiatan bermanfaat bagi siapa saja yang melakukannya. Sebab, menabung adalah bagian dari hidup hemat yang bisa membantu kamu untuk mencapai impian.

Saat menabung, tentu saja kamu perlu tekad yang kuat. Jika kamu merasa kesulitan akan hal itu, artikel berikut ini akan memberikan kamu cara menabung unik. Dijamin, kamu akan konsisten dalam menjalankannya!

Cara Menabung Unik dan Mudah Dipraktikkan

Menabung tidak harus menjadi sebuah kegiatan yang membebani kamu, lho. Berikut ini ialah beberapa cara menabung unik yang seru dan mudah.

#1 Menabung sesuai tanggal

Cara menabung unik yang pertama yaitu, menabung sesuai dengan tanggal.

Kamu bisa mencoba menabung dengan cara menyesuaikan tanggal kegiatannya. Cara ini akan membuat semangat menabung kamu tumbuh seiring bertambahnya tanggal setiap bulannya.

Misalnya, pada tanggal 1 kamu menabung Rp1.000. Kemudian, pada tanggal 2 kamu menabung Rp2.000. Jumlahnya tersebut akan terus bertambah sampai masuk ke tanggal 30 atau 31. 

Nah, ini adalah salah satu cara cepat untuk menabung. Jadi, jangan kaget ya, kalau jumlah tabungan kamu sudah banyak, padahal merasa baru sebentar menabung.

#2 Menabung uang receh

Cara menabung selanjutnya yaitu, menabung uang receh. Cara ini cocok sekali untuk kamu yang sering mengabaikan uang receh atau koin dan menyimpannya pada sembarang tempat.

Padahal, uang receh pun bisa dijadikan tabungan yang menguntungkan, lho. Coba saja kamu kumpulkan uang koin yang ditemukan pada setiap sudut rumah. Pasti hasilnya jika dihitung lumayan untuk membeli makan siang.

Menabung uang receh akan mengingatkanmu untuk tidak menyia-yiakan uang, berapa pun jumlahnya. Kamu bisa menyimpan uang receh tersebut pada suatu tempat atau celengan. Nantinya kamu bisa mengambil uang tersebut saat celengan sudah terasa berat.

#3 Menabung uang kertas dengan nominal tertentu

cara menabung unik

Kamu bisa konsisten menabung menggunakan uang kertas dengan nominal tertentu.

Misalnya, setiap hari kamu akan menyisihkan uang kertas Rp5.000 untuk ditabungkan. Kemudian, dalam waktu 30 hari, jumlah tabungan kamu sudah mencapai Rp150.000. 

Tips menabung ini bisa menjadi cara menabung unik yang akan membuat kamu konsisten untuk menabung. Jumlah nominal uang kertasnya bisa disesuaikan dengan banyaknya uang yang kamu inginkan pada akhir bulan.

#4 Mengikuti arisan

Tips menabung ampuh lainnya yaitu, dengan mengikuti arisan.

Apalagi ada banyak anggota yang mengikuti arisan tersebut, sehingga uang arisan yang akan kamu dapatkan juga semakin banyak.

Kamu bisa mengajak tetangga, teman, atau bahkan keluarga untuk bergabung pada arisan. Tarif arisan di satu periode ditentukan sesuai kesepakatan sesama anggota. Kemudian, masing-masing anggota akan mendapatkan uang arisan secara bergilir, sehingga semuanya memiliki kesempatan yang sama.

#5 Menabung menggunakan celengan dengan target

Cara menabung unik selanjutnya yaitu, menabung menggunakan celengan dengan target.

Cara ini termasuk cara yang lama, tapi tetap bisa diandalkan hingga kini. Untuk menabung di celengan, tuliskan target kamu pada celengan tersebut.

Misalnya, kamu ingin membeli handphone baru pada tahun depan. Dengan adanya target, akan membuat kamu konsisten untuk menabung.

Pilih celengan yang tidak memiliki penutup atau celengan yang terbuat dari pecah belah. Jadi, kamu akan menahan diri untuk tidak mengambil uang yang kamu tabung.

#6 Membuat perjanjian menabung bareng sahabat

Cara menabung unik ini akan membuat kamu lebih serius menabung karena dilakukan bersama-sama dengan sahabat.

Contohnya, kamu dan sahabat memiliki target ingin liburan bareng ke Singapura tahun depan. Sehingga, kamu dan sahabat pun menabung bersama untuk mewujudkan impian itu.

Kamu bisa menabung menggunakan satu rekening yang sama, asalkan saling percaya. Selain itu, jika ingin tabungannya terpisah pun tidak masalah, selama kamu dan sahabat berpatokan pada target yang sama.

#7 Menabung dengan menaruhnya di lokasi tersembunyi

Cara menabung unik ini cocok dilakukan bagi kamu yang ingin mengumpulkan uang untuk keadaan mendesak. Dengan menabung cara ini, kamu juga menyimpan dana darurat yang hanya bisa digunakan saat dibutuhkan saja.

Kamu bisa menyimpannya di kotak yang memiliki kunci atau membuka rekening khusus menabung.

#8 Menabung dari uang kembalian

Saat berbelanja atau membeli sesuatu, kamu biasanya akan memperoleh uang kembalian.

Uang kembalian tersebut bisa banyak atau sedikit. Nah, dengan demikian, kamu bisa menyisihkannya untuk ditabung pada celengan atau dikumpulkan untuk disimpan di rekening tabungan.

#9 Menabung ala orang Korea

Orang Korea punya cara menabung unik, lho. Caranya yaitu, kamu bisa menyiapkan kalender dengan saku pada setiap tanggalnya. Di tiap saku tersebut, kamu bisa menyimpan uang untuk berbagai kebutuhan.

Kamu bisa menyisihkan uang dari kalender tersebut untuk disimpan di tempat khusus menabung.

#10 Menabung sebagai hukuman

Cara menabung unik ini bisa kamu terapkan bersama teman atau keluarga lainnya.

Misalnya, kamu dan teman bisa berdiskusi untuk punya aturan tertentu. Apabila melanggar aturan tersebut, kamu atau temanmu sepakat harus “membayar denda” dengan jumlah yang sudah disepakati bersama.

Bentuk aturannya bisa apa saja. Misalnya, dilarang buang sampah sembarangan dan lainnya. Cara menabung ini juga bisa membuat seseorang menjadi lebih bertanggung jawab.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!