Resources

Wah, Ikuti 6 Cara Mengatur Keuangan ala Drama Korea Yuk!

Mengelola keuangan sangat penting, lho. Yuk, ketahui cara mengelola keuangan ala drama Korea untuk bisnis kamu!
cara mengatur keuangan

Hayo, siapa di sini yang suka nonton drama Korea atau drakor? Drama Korea atau serial TV Korea Selatan ini banyak banget digandrungi anak muda. Tetapi, sebenarnya drakor sudah sangat populer hampir di seluruh negara, termasuk di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tema menarik dan bagus yang disajikan oleh drama Korea untuk orang-orang tonton. Mulai dari drama dengan tema percintaan, psikologi, bahkan bisnis.

Tidak hanya digemari kaum perempuan, ternyata lumayan banyak juga lho, kaum laki-laki yang suka nonton drama Korea ini. Biasanya drama Korea diperankan oleh aktor yang tampan, cantik, dan sangat berbakat dalam aktingnya. Kini, dengan menonton drama Korea, kita bisa mendapatkan wawasan yang baru dan, tentu saja, mempelajari gaya hidup orang-orang di sana.

Selain itu, jika kamu menonton drama Korea, ada pengetahuan bisnis juga yang bisa kita dapat. Berikut beberapa cara mengatur keuangan bisnis ala drama Korea.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Stres Keuangan yang Bisa Dilakukan

#1 Cara mengatur keuangan dengan menjalankan hobi untuk mendapatkan uang tambahan

Apakah sini sudah ada yang pernah menonton drama Korea yang berjudul Crash Landing On You?

Drama Korea ini sempat hits pada masanya. Selain itu, drama Korea ini sangat menyentuh hati karena menceritakan tentang kisah cinta beda negara. Drama tersebut menceritakan tentang Yoon Se Ri yang merupakan seorang pebisnis wanita di Korea Selatan, yang bertemu dengan Kapten Ri yang berasal dari Korea Utara. Melalui drama tersebut, sebagai perempuan tentu saja harus pintar dalam mengatur keuangan dan bisa menghasilkan uang sendiri. Seperti Yoon Se Ri, kamu juga bisa menjalankan hobi sambil untuk menghasilkan uang. Berawal dari menjalankan hobi, kamu bisa bersemangat dalam menjalankan bisnis. Contohnya saja, kamu memiliki hobi masak, kamu bisa menjalankan bisnis kuliner.

#2 Mengatur keuangan dengan berinvestasi

Cara mengatur keuangan ala drama Korea selanjutnya, yaitu dengan berinvestasi. Untuk meraih bisnis yang sukses dan balik modal, kamu bisa memulai berinvestasi sejak dini dan memulai bisnis dengan modal seadanya, seperti yang dilakukan oleh Park Sae Ro Yi dalam drakor Itaewon Class. Drama Korea ini mengajarkan kita untuk mengelola keuangan dengan benar, yaitu dengan cara menanamkan modal atau berinvestasi di tempat yang tepat. Ada banyak jenis investasi yang dapat kamu lakukan, misalnya saham, emas, reksadana, dan lainnya.

#3 Cara mengatur keuangan dengan memanfaatkan kerja part-time

Cara selanjutnya untuk mengatur keuangan, kamu bisa mempertimbangkan mengambil kerja part-time atau paruh waktu. Dengan menjalankan pekerjaan part-time seperti dalam drama Korea yang berjudul Record of Youth, kamu akan mendapatkan uang jajan tambahan dan bisa digunakan untuk modal bisnis. Dalam drakor tersebut, ada seorang lelaki tampan bernama Sa Hye Jun yang tetap menjalankan pekerjaan part-time walaupun sudah bekerja sebagai seorang model ternama. Hal tersebut dilakukan agar dapat menambah pemasukan bulanan. Selain mendapatkan uang tambahan, dengan bekerja part-time juga dapat membantu kamu untuk mendapatkan relasi dalam bisnis. Perlu dicatat juga, saat menjalankan part-time, kamu perlu memikirkannya secara matang, terutama soal tenaga dan waktu yang kamu miliki.

Baca juga: 4 Tips Mengatur Keuangan untuk Generasi Sandwich

#4 Mengatur keuangan dengan berhemat

Berhemat merupakan cara paling umum yang kamu bisa lakukan untuk mengatur keuangan dengan mudah. Kita dapat belajar dari drama Korea berjudul Hotel Del Luna. Di dalam drama Korea tersebut, ada Jang Man Wol yang sangat hobi berfoya-foya. Ia selalu membeli barang-barang yang penting ataupun tidak penting. Dari drama tersebut, kita belajar untuk lebih memperhitungkan pengeluaran setiap hari, terutama saat membeli kebutuhan harian yang penting agar tidak boros.

#5 Mempersiapkan dana darurat

Menyiapkan dana darurat juga sangat penting, lho. Dalam drama Korea berjudul Weightlifting Fairy Kim Bok-joo, seorang tokoh utamanya Kim Bok-joo sempat kebingungan karena tidak memiliki dana darurat. Padahal, dana darurat ini sangat penting dimiliki jika suatu saat ada kebutuhan mendesak. Untuk itu, jangan sampai kita seperti Kim Bok-joo yang kebingungan karena tidak mempunyai dana darurat. Idealnya, dana darurat yang dikumpulkan yaitu sebesar 6-12 kali pengeluaran kamu. Yuk, mulai memperhitungkan untuk mengumpulkan dana darurat.

#6 Mengatur keuangan dengan hidup sederhana

Tidak ada jaminan kebahagiaan berasal dari harta dan kesuksesan yang dimiliki. Banyak orang kaya yang sukses tetapi hidup dalam kehampaan. Sementara, orang yang hidup sederhana pada kenyataannya dapat merasakan bahagia. Dari drama Korea yang berjudul Hometown Cha-Cha-Cha, kita dapat belajar bahwa hidup bahagia tidak ditentukan dari jumlah uang dan kesuksesan yang kita miliki. Memilih hidup sederhana nyatanya jauh lebih bermakna daripada mengejar harta. Selain itu, dengan memilih hidup sederhana, ini bisa membantumu dalam mengatur keuangan. Dengan demikian, kamu bisa lebih menghargai uang dan tidak akan membuang-buangnya secara sia-sia.

Itulah beberapa cara mengatur keuangan ala drama Korea yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam menjalankan bisnis kamu. Selamat mencoba!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!