Blog

6 Cara Menabung untuk Menikah yang Bisa Kamu Ikuti: Dijamin Efektif!

cara menabung untuk menikah

Kamu dan pasangan sudah memiliki rencana untuk berumah tangga? Jika ya, di awal tahun 2023 ini, ada baiknya kamu mulai mempelajari cara menabung untuk menikah.

Seperti yang kamu ketahui, menikah merupakan salah satu momen yang ditunggu oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang sudah mendapatkan restu orang tua.

Sayangnya, momen ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sudah pasti kamu bakal mengeluarkan banyak biaya untuk keperluan biaya gedung, catering, gaun pengantin, fotografer, dan lainnya.

Dengan demikian, apabila kamu sudah berdiskusi dan sama-sama setuju untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, memiliki tabungan untuk menikah harus mulai dipersiapkan.

Mengapa demikian? Sebab, mempunyai tabungan menikah sedini mungkin dapat meringankan beban finansial kamu dan pasangan dalam mempersiapkan pernikahan.

Nah, kira-kira, seperti apa cara menabung untuk menikah dengan jitu yang bisa kamu ikuti? Yuk, simak rangkuman lengkapnya di bawah ini!

Cara Menabung untuk Menikah

cara menabung untuk menikah

1. Membuat anggaran keuangan

Cara menabung untuk menikah yang pertama adalah membuat anggaran keuangan.

Memiliki anggaran keuangan yang jelas dapat membantu kamu dalam menentukan jumlah biaya yang diperlukan untuk proses pernikahan.

Maka dari itu, coba buat estimasi biaya dengan melakukan riset dari vendor sebelum menggunakan jasa mereka.

Selain itu, kamu jug bisa rincikan harga sewa gadung, biaya catering, sewa baju pengantin, undangan, suvenir dan lainnya.

Pastikan tidak ada biaya yang terlewat agar kamu bisa atur anggaran keuangan dengan lebih mudah.

2. Membuat usaha sampingan bersama pasangan

Cara menabung untuk menikah selanjutnya adalah membuat usaha sampingan bersama pasangan.

Apabila terlalu bergantung dengan pendapatan utama, tentu kamu dan pasangan akan memakan waktu yang lama supaya bisa mulai menikah.

Melihat hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mencari kegiatan atau aktivitas lain yang dapat menambah pendapatan dan dikhususkan untuk tabungan menikah.

Nah, salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan adalah dengan membuat usaha sampingan. Usaha sampingan ini akan membantu kamu dalam mencapai target keuangan dengan lebih cepat.

Usaha sampingan yang dibuat juga tidak perlu memiliki uang modal yang besar, cukup dengan membuka usaha dengan modal kecil, seperti toko clothing, menjadi blogger, atau guru les privat.

3. Membuat rekening khusus untuk menikah

Cara menabung untuk menikah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuat rekening khusus.

Supaya biaya menikah tetap aman dan tidak terganggu dengan kebutuhan lain, membuat rekening khusus merupakan solusi yang efektif.

Rekening tersebut dapat digunakan oleh kamu dan pasangan untuk saling menaruh dana dan mengatur biaya dengan mudah.

Membuat rekening khusus juga perlu dilakukan agar kamu dan pasangan bisa saling berkomitmen dan konsisten untuk terus menabung.

Uang pun akan tetap aman dan tidak takut secara tidak sengaja digunakan untuk beragam kebutuhan lain di luar persiapan pernikahan.

4. Konsisten menabung sesuai jumlah target

Tips menabung untuk menikah lainnya adalah konsisten menabung sesuai jumlah target.

Saat kamu sudah memiliki rekening khusus untuk tabungan menikah, langkah selanjutnya adalah menentukan target jumlah uang.

Misalkan, jika estimasi jumlah biaya yang diperlukan adalah Rp50 juta untuk target menikah tahun depan, kamu harus menyisihkan Rp4.5 juta per bulan. Jumlah tersebut dapat dibagi dengan pasangan.

Biaya tersebut tentunya dapat berubah apabila target waktu menikah yang diinginkan masih lama.

Hal yang perlu diingat adalah kamu harus konsisten dalam melakukannya. Sehingga seberapa banyak dan sulit pun akan tetap tercapai.

5. Menyiapkan dana tidak terduga

Tips menabung untuk menikah lainnya adalah menyiapkan dana tidak terduga.

Saat menikah, pasti akan ada banyak pengeluaran lain yang mungkin belum sempat kamu perhitungkan.

Untuk mengantisipasi berbagai keperluan mendadak, kamu perlu menyiapkan dana tidak terduga.

Sehingga saat ada permasalahan mendadak, kamu tidak akan kesulitan untuk mengatasinya diatas dari berbagai pengeluaran yang dilakukan.

Besaran dana tidak terduga yang perlu dipersiapkan dapat sebesar 20 persen dari target biaya menikah. Maka, jika misalnya target kamu sebesar Rp50 juta, jumlah dana tidak terduga yang perlu disiapkan adalah Rp10 juta.

6. Mengatur kebutuhan prioritas

Cara menabung untuk menikah yang terakhir adalah mengatur kebutuhan prioritas.

Selama menyiapkan dana pernikahan, kamu juga perlu menentukan prioritas pengeluaran bersama pasanganmu.

Penentuan kebutuhan prioritas dan yang tidak dengan pasangan akan menentukan keberhasilan dan cepatnya dana menikah terkumpul lebih cepat.

Dengan memotong pengeluaran yang tidak penting pasti akan menambahkan biaya yang dapat masuk ke dalam tabungan.

Nah, itulah beberapa cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan dengan pasangan. Jangan lupa untuk selalu berkomunikasi supaya dapat tercapai dengan cepat!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!