Resources

Ketahui Cara Mendapatkan Dana, Jika Kamu Ingin Mengembangkan Perusahaan

Kamu ingin mendapatkan dana untuk mengembangkan perusahaan? Yuk, ketahui caranya dengan membaca artikel berikut ini!

cara mendapatkan dana

Saat menjalankan sebuah perusahaan, tentu saja kita membutuhkan dana untuk mengembangkan bisnis yang dijalankan. Walaupun, jumlah besarnya dana yang didapatkan tidak dapat menjamin kesuksesan dalam berbisnis, namun dengan sebuah suntikan dana, kamu memberikan perusahaanmu peluang lebih untuk sukses. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara mendapatkan dana tersebut. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan dana. Yuk, ketahui cara mendapatkan dana di artikel berikut ini.

Baca juga: Wajib di Coba! 3 Resolusi Perusahaan untuk Memberikan Pelatihan Karyawan

#1  Mencari investor

Seorang investor tentu saja memiliki sebuah aktiva yang terbilang besar. Sehingga, investor dapat dijadikan sebagai cara agar kamu bisa mendapatkan dana untuk mengembangkan perusahaan. Kamu bisa mencari investor dengan membuat profil di AngelList, menghadiri sebuah event, atau kamu juga bisa memanfaatkan network yang kamu miliki.

#2 Mengajukan pinjaman bisnis bank

Jika kamu ingin mengembangkan perusahaan, tidak ada salahnya untuk mengambil sebuah pinjaman, lho. Untuk mendapatkan pinjaman, mungkin diperlukan untuk menawarkan beberapa jaminan. Karena, hal itu akan dijadikan sebagai bukti penjamin pinjaman pada bank. Jaminan tersebut biasanya berupa aset pribadi sendiri yang dimiliki. Hal ini untuk antisipasi dari pihak bank jika bisnis yang dijalankan bangkrut atau tidak berjalan sesuai dengan rencan. Untuk mendapatkan pinjaman dari bank, kamu perlu memberikan salinan rencana bisnis serta informasi pribadi.

#3 Memanfaatkan lembaga P2P lending

Saat ini, segala sesuatu sudah serba digital. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan dana pengembangan bisnis, bisa terbilang lebih mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya dengan mengajukan sebuah pinjaman melalui peer to peer lending atau P2P. 

Apa sih P2P itu? P2P merupakan metode pinjaman yang menghubungkan langsung individu yang membutuhkan dana dengan orang lain yang menyediakan pinjaman tersebut. Mendapatkan sebuah dana dengan perantara P2P lending kini terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Namun, sebelum melakukannya, pastikan kamu membaca syarat dan ketentuan yang berlaku dengan seksama.

#4 Manfaatkan crowdfunding untuk pinjaman tanpa utang

Kamu sudah pernah mendengar tentang crowdfunding? Pendanaan dengan sistem crowdfunding atau mendapatkan donasi dari banyak orang bisa kamu coba, lho. Menggunakan cara ini, kamu bisa mendapatkan dana untuk mengembangkan perusahaan tanpa berutang. Tetapi, pendanaan ini sifatnya donasi. Selain itu, para donatur bisa mendapatkan fasilitas yang lebih. Untuk itu, kamu harus bisa membuat beberapa paket benefit. Contohnya, Paket A, jika donatur memberi 10% dari keseluruhan dana yang dibutuhkan, ia bisa mendapatkan produk kamu bahkan sebelum dijual ke pasaran. Atau, Paket B, untuk 50% dari dana yang dibutuhkan, donatur akan mendapatkan produk eksklusif dengan desain kustom atau desain kolaborasi yang mencantumkan nama sang donatur.

Jika kamu tertarik untuk melakukannya, kamu bisa mencoba dengan masuk ke berbagai situs pencarian dana. Buatlah deskripsi, paket dana, dan batas pemberian dana. Tetapi penting untuk diingat, kamu harus benar-benar bisa memberikan apa yang telah kamu dijanjikan kepada para donatur pada deadline yang telah ditentukan.

Nah, dari keempat cara mendapatkan dana di atas, mana yang kira-kira paling cocok untuk kamu? Silakan pilih sesuai kemampuan dan perencanaan bisnis kamu.

 

Simak juga:

Yuk, Atur Uang Lebih Mudah dan Bijak dengan Prinsip 50-30-20

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!