Resources

Wajib di Coba! 3 Resolusi Perusahaan untuk Memberikan Pelatihan Karyawan

Memberikan pelatihan kepada karyawan sangat penting lho. Berikut beberapa resolusi perusahaan untuk pelatihan karyawan yang bisa kamu tiru!

resolusi perusahaan

Di masa pandemi ini, masih banyak karyawan yang bekerja dari rumah atau work from home. Menyebabkan karyawan harus bisa beradaptasi dari budaya kerja sebelum pandemi dengan budaya kerja selama pandemi. Banyak dampak yang diberikan oleh budaya kerja tersebut. Karena tidak semua orang terbiasa dengan sistem kerja dari rumah karena membutuhkan waktu menyesuaikan diri lagi.  Oleh sebab itu, sangat penting bagi perusahaan untuk membuat resolusi mengenai peningkatan kerja dengan memberikan pelatihan karyawan selama pandemi. Berikut resolusi yang dapat perusahaan lakukan.

Baca juga: Sebentar Lagi Tahun 2022, Yuk Buat Resolusi Finansial!

#1 Resolusi perusahaan dengan fokus pada upskilling dan reskilling

Peningkatan keterampilan (upskilling) dan melatih kembali keterampilan (reskilling) sangat bagus untuk diterapkan oleh perusahaan. Seiring dengan berkembangnya industri bisnis, karyawan sering kali melupakan dan mempelajari kembali skill utama yang harus mereka miliki. Sehingga sering terjadinya kesenjangan. Oleh sebab itu, perusahaan dapat memberikan lebih banyak pelatihan di tempat kerja untuk meningkatkan dan melatih kembali skill karyawan. Hal ini akan membantu karyawan menumbuhkan kepercayaan diri mereka, meningkatkan kinerja, dan merasa lebih aman tentang masa depan mereka.

#2 Mengembangkan pelatihan untuk tenaga kerja hibrida

Di mana pun karyawan berada, mereka tetap membutuhkan pelatihan. Perusahaan perlu mengembangkan cara pelatihan yang akan diberikan untuk tenaga kerja hibrida. Karena tidak menutup kemungkinan kegiatan bekerja dari jarak jauh akan terus dilakukan. Oleh sebab itu, hal ini memberikan perusahaan kesempatan untuk secara strategis menggunakan modalitas pelatihan yang berbeda, dengan mempertimbangkan pendekatan yang tepat untuk situasi dan karyawan yang ada.

Baca juga: HR Perlu Tahu! 3 Cara Untuk Mengoptimalkan Karier Karyawan

#3 Resolusi perusahaan dengan jangan mengabaikan “soft skill” dari pelatihan

Saat mengadakan pelatihan untuk upskilling dan reskilling, penting juga bagi perusahaan untuk mengembangkan soft skill karyawan. Karena dalam bekerja karyawan tidak hanya membutuhkan hard skill untuk dapat bekerja dengan baik, tapi juga membutuhkan soft skill. Dalam bekerja soft skill karyawan juga berperan penting dalam kemajuan sebuah perusahaan. Misalnya saja soft skill karyawan yang berperan penting bagi perusahaan yaitu kemampuan komunikasi, kepemimpinan, etos kerja, perilaku yang baik, dan lainnya.

Itulah tiga resolusi perusahaan untuk memberikan pelatihan karyawan yang dapat kamu lakukan di tahun 2022. Selamat mencoba!

 

Sumber: Entrepreneur

Simak juga:

Mau Mempertahankan Produktivitas Karyawan Saat WFH? Lihat, 4 Tips Ini!