Blog

Penting! Cara Mengelola Keuangan Perusahaan yang Harus Kamu Ketahui

Perusahaan tidak dapat berkembang dengan baik, jika kita tidak tahu bagaimana cara mengelola keuangan perusahaan. Yuk, simak caranya di sini!

cara mengelola keuangan perusahaan

Saat menjalankan perusahaan, kamu tentu ingin usahamu bisa berkembang dengan pesat. Salah satu caranya, jika ingin perusahaanmu semakin berkembang adalah dengan cara mengelola keuangan perusahaan dengan baik. Sehingga, dengan pengelolaan keuangan yang baik, perusahaan yang kamu jalankan bisa berjalan dengan lancar dan baik. Artikel ini akan memberikan kamu tips cara mengelola keuangan perusahaan agar bisnis kamu bisa semakin berkembang. 

Baca juga: 3 Hal Manajemen Keuangan Perusahaan yang Penting, Apa Itu?

#1 Memisahkan keuangan pribadi dan perusahaan

Sering kali sebagai pemilik bisnis kita menganggap bahwa keuangan usaha dan keuangan pribadi itu sama, sehingga seringkali disatukan. Jika kamu masih memiliki anggapan seperti ini, tentu akan membuat kamu kesulitan untuk membedakan mana keuangan pribadi dan perusahaan saat audit. Kondisi seperti ini akan menguras kas usaha secara perlahan karena, secara tidak sadar, keuangan perusahaan digunakan untuk kebutuhan pribadi. Untuk menghindair ini, kamu perlu membuat rekening terpisah.

#2 Membuat pembukuan keuangan

Supaya keuangan perusahaan bisa tertata rapi, kamu juga perlu membuat pembukuan keuangan. Buatlah dokumentasi dengan cara membuat Buku Kas Masuk (BKM), Buku Kas Keluar (BKK), mencatat penjualan dan biaya-biaya, mencatat persediaan dan aset tetap serta mencatat saldo utang-piutang. Selain itu, kamu juga perlu mencocokkan saldo uang fisik dengan catatan yang sudah dibuat. Hal ini bertujuan untuk mengontrol transaksi uang. Kamu bisa menggunakan bantuan teknologi pencatatan laporan keuangan dengan menggunakan Microsoft Excel agar laporan keuangan bisa menjadi rapi, detail, dan mudah dimengerti.

Baca juga: Mau Mempertahankan Produktivitas Karyawan Saat WFH? Lihat, 4 Tips Ini!

#3 Meminimalisir utang perusahaan

Walaupun bisnis yang kamu jalankan baru saja dirintis, sebisa mungkin hindari menggunakan modal yang berasal dari utang. Apalagi jika kamu masih belum mengetahui pasti mengenai prospek bisnis ke depannya seperti apa. Banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin mengembangkan bisnis dengan utang. Contohnya, apa bisnis yang dijalankan memang bisa menambah kemajuan dan memiliki prospek yang baik. 

#4 Rutin membuat anggaran

Anggaran atau budgeting sangat berguna sebagai batasan dalam menilai efisiensi bisnis. Dengan rajin membuat anggaran, kamu bisa membatasi pengeluaran dan mengikuti rencana keuangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Jika seluruh anggaran dalam satu periode tersebut sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah dengan melakukan budgeting secara berkesinambungan.

#5 Cara mengelola keuangan perusahaan dengan mengembangkan usaha dengan laba

Apabila saat ini perusahaanmu telah mendapatkan keuntungan, jangan langsung puas. Kamu dapat menggunakan keuntungan tersebut untuk mengembangkan usaha agar lebih maju lagi. Contohnya, menambah produk yang dijual atau menambah jumlah alat operasional. Dengan demikian, laba perusahaan bisa efektif digunakan untuk mengembangkan bisnis.

Apabila kamu ingin memiliki bisnis yang sukses, saran di atas bisa dicoba untuk meningkatkan kinerja perusahaanmu. Yuk, dicoba ya!

 

Simak juga:

https://gajigesa.com/loyalitas/

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!