Resources

Para Employer, Ini 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Kantor!

Para employer, pengin tahu bagaimana sih cara yang tepat untuk meningkatkan motivasi kerja karyawan di kantor? Simak ulasannya dalam artikel ini!

Bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja karyawan agar kinerja dan produktivitasnya membaik?

Berhasil mempekerjakan karyawan-karyawan yang hebat barulah setengah dari tantangan dalam mencapai kesuksesan perusahaan, tantangan berikutnya adalah bagaimana mempertahankan semangat kerja para karyawan tersebut. Salah satunya bisa dengan cara meningkatkan motivasi kerja mereka.

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Karyawan dengan 5 Ide Program Berikut Ini!

Cara meningkatkan motivasi kerja karyawan

Mempekerjakan talenta terbaik adalah bisnis yang mahal. Mengingat tingginya harga perekrutan dan pelatihan karyawan, akan lebih bijaksana untuk mempertahankan karyawan yang sudah ada. Turnover rate yang tinggi pun akan menjadi citra yang buruk bagi perusahaan. Lantas bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja dan cara meningkatkan semangat kerja karyawan? Simak beberapa tips berikut.

Memberi contoh adalah teladan terbaik

Jika kamu bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan motivasi kerja karyawan, maka pahami bahwa tindakan harus dimulai dari tingkat paling atas. Tim kepemimpinan perusahaan harus mengambil inisiatif dan mendorong motivasi karyawan.

Langkah pertama menuju motivasi adalah mudah didekati oleh karyawan dan ada untuk mereka saat mereka membutuhkan. Dengarkan keluh kesah mereka. Interaksi dan percakapan yang konstan dengan karyawan penting untuk memahami harapan dan keluhan mereka.

Ciptakan lingkungan kerja yang mendukung

Karyawan menghabiskan lebih dari separuh hari mereka di tempat kerja. Jadi, tempat kerja yang terawat dengan baik sangat penting untuk kesejahteraan fisik dan mental mereka, serta produktivitas mereka. Ruangan yang bagus terlihat menarik dan memberikan suasana hati yang baik dan mendukung produktivitas.

Pastikan tempat kerja memiliki pencahayaan yang memadai, lebih baik menggunakan cahaya natural. Ruangan dan tempat istirahat yang bersih dan higienis adalah suatu keharusan.

Selain penampilan kantor, bagaimana “perilaku kantor”, atau dengan kata lain, budaya perusahaan? Ini juga memainkan peran penting dalam cara meningkatkan motivasi kerja karyawan.

Baca juga: 5 Pillar Employee Wellbeing yang Harus Perusahaan Berikan!

Rasa hormat dan kejujuran

Ini adalah hal yang mendasar untuk tempat kerja yang sukses. Karyawan senang bekerja dan tetap bersama pemimpin yang jujur dan penuh hormat dalam pendekatan mereka.

Prioritaskan komunikasi yang jelas. Tunjukkan bahwa karyawan dapat datang untuk menyampaikan keluhan mereka dan bahwa mereka dapat mengharapkan tanggapan yang adil.

Kepemimpinan di setiap tingkat harus mencerminkan nilai-nilai tersebut agar organisasi menjadi sukses. Ini membantu untuk berinvestasi dalam program pelatihan kepemimpinan yang efisien untuk memastikan kepemimpinan yang kuat yang didorong oleh nilai-nilai yang benar di masa kini dan masa depan. Kepemimpinan seperti itu akan membantu organisasi menarik dan mempertahankan karyawan dalam jangka panjang.

Utamakan kerja tim

Kerja tim mengajarkan pelajaran hidup dasar yang juga penting di tempat kerja. Dari belajar hingga berhasil bekerja dengan orang lain hingga menjadi tegas dan empati, kerja tim mengajarkan banyak hal. Karyawan belajar untuk mempercayai satu sama lain dan berada di sana untuk satu sama lain.

Kerja tim juga memfasilitasi kolaborasi, yang mengarah pada inovasi, peningkatan produktivitas, dan hasil kerja yang sangat baik.

Pastikan karyawan merasa puas dengan pekerjaannya

Merasa puas dalam bekerja adalah bentuk motivasi yang hebat. Kurangnya kepuasan kerja dapat menjadi alasan utama di balik karyawan untuk tidak memberikan 100% pada pekerjaan mereka dan mencari pekerjaan lain yang lebih memuaskan.

Dari mengalami kebosanan hingga frustrasi dengan politik kantor, ketidakpuasan kerja dapat terjadi dalam berbagai bentuk. Penting untuk membuat pekerjaan menarik bagi karyawan. Dalam kasus pekerjaan yang sifatnya rutin, pertimbangkan rotasi tugas sehingga seorang karyawan tidak terjebak dengan sifat mekanis pekerjaan tersebut dari hari ke hari.

Berikan kebebasan kepada karyawan untuk menjadi inovatif dalam dunia kerja mereka. Biarkan mereka menemukan cara mereka sendiri untuk membuat pekerjaan mereka menarik setiap hari. Tambahan kecil, seperti musik, ruang kreatif, relaksasi atau permainan yang, dan ruang kebugaran, mendorong waktu istirahat dan pemikiran jernih. Waktu istirahat seperti itu berfungsi sebagai penghilang stres.

Berikan apresiasi terhadap prestasi

Karyawan senang mendapatkan pengakuan atas prestasinya. Mengakui dan menghargai karyawan atas pencapaian mereka mengarah pada kepuasan karyawan, meningkatkan moral karyawan, dan memotivasi mereka untuk bekerja lebih baik di lain waktu.

Pencapaian tidak perlu dibatasi pada produktivitas dan penyelesaian target saja. Referensi yang baik, tingkat ketidakhadiran yang rendah, dan sikap positif yang tidak pernah mati yang menyemangati seluruh kantor adalah aktivitas dan kualitas yang pantas mendapatkan lebih dari sekadar pujian.

Imbalan tidak harus mahal. Hari libur, reservasi makan siang di restoran favorit karyawan, catatan terima kasih di meja karyawan, kutipan email atau menyatakan karyawan sebagai yang terbaik untuk bulan tersebut, efektif. Kenali dan beri penghargaan kepada karyawan di depan tim untuk efek tambahan.

Berikan feedback yang membangun secara rutin

Umpan balik konstruktif adalah landasan untuk pengembangan individu, kesuksesan tim, dan kemajuan organisasi. Ini harus fokus pada pencapaian dan kemunduran seorang karyawan.

Saat mengalami kemunduran, penting untuk menggunakan nada dan sikap yang tepat. Karyawan tidak boleh merasa terhina, terhina, atau lebih buruk, dikalahkan. Fokus umpan balik konstruktif harus mendorong karyawan untuk memahami alasan di balik kegagalan mereka dan mengidentifikasi perilaku, sikap, atau pendekatan yang menyebabkan kegagalan tersebut. Karyawan kemudian harus didorong untuk mengganti aspek negatif dengan yang positif untuk kesuksesan masa depan.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Tim Lebih Produktif? Gunakan RACI Matrix Ini!

Transparan mengenai pertumbuhan perusahaan

Jika kamu mencari ide tentang cara meningkatkan motivasi kerja karyawan, mengapa tidak mencoba lebih transparan dengan karyawan. Karyawan memiliki hak untuk mengetahui tentang pertumbuhan perusahaan. Dengan melakukan ini secara teratur, kamu juga mendapatkan rasa hormat dari karyawan. Dengan berbagi detail pertumbuhan, kamu juga menyampaikan kepada karyawan bahwa mereka adalah bagian penting dari perusahaan.

Rutin berkomunikasi dengan karyawan untuk memotivasi

Setiap karyawan berbeda. Masing-masing hadir dengan nilai-nilai pribadi yang berbeda, dan dari latar belakang kehidupan yang berbeda. Akibatnya, hal-hal yang mereka hargai juga akan berbeda.

Perlu memahami apa yang dihargai karyawan dan memberikan hal-hal itu, jika memungkinkan, sebagai motivasi. Bangun hubungan dengan karyawan dengan berinteraksi dengan mereka di luar pekerjaan. Kenali mereka lebih baik untuk mengetahui apa yang memotivasi mereka.

Fokus pada penyediaan benefit yang fleksibel

Menurut sebuah penelitian, 96% karyawan lebih menyukai peluang kerja yang memberi mereka fleksibilitas kerja. Jam kerja yang dapat diubah, kerja jarak jauh, dan sedikit perjalanan adalah beberapa opsi fleksibilitas umum yang dicari karyawan di tempat kerja.

Namun, pendekatan yang seimbang dapat diadopsi. Bergantung pada sifat bisnis yang dijalani, kamu dapat memberikan fleksibilitas jika memungkinkan. Saat kamu bekerja ekstra untuk membuat hidup lebih mudah bagi karyawan, mereka termotivasi untuk membalas.

Fleksibilitas dalam mengambil gaji juga kini bisa menjadi opsi yang dapat meningkatkan semangat kerja karyawan. Tidak ada lagi istilah tanggal muda dan lesu di tanggal tua, karena karyawan dapat fleksibel mengambil gajinya kapan saja. Hal ini terbukti meningkatkan produktivitas karyawan. Kamu dapat mendapatkan fleksibilitas ini dengan bekerja sama dengan GajiGesa.

 

Sumber: Talenx

Simak juga:

https://gajigesa.com/gaji-gesa/program-finansial-karyawan/