Blog

Bermanfaat! Earned Wage Access untuk Bisnis, Sangat Membantu!

EWA tidak hanya memberikan manfaat kepada karyawan lho, tetapi juga perusahaan. Berikut ini manfaat earned wage access untuk bisnis!
earned wage access untuk bisnis

Kamu sudah tahu belum, apa manfaat earned wage access untuk bisnis atau perusahaan?

Earned wage access atau biasa yang disebut sebagai akses gaji fleksibel merupakan fenomena yang muncul untuk menjaga kesejahteraan karyawan. Apalagi di masa sulit seperti saat ini, akibat dampak dari pandemi Covid-19. Banyak karyawan yang terjerat utang dari pinjaman online (pinjol) karena membutuhkan dana darurat. Mulai dari situlah, earned wage access ini banyak dilirik oleh perusahaan untuk membantu para karyawannya.

Tapi, earned wage access tidak hanya bisa membantu karyawan lho, tetapi, perusahaan juga. Lalu, bagaimana earned wage access bisa membantu bisnis? Nah, artikel berikut ini akan memberikan ulasannya.

Apa itu Earned Wage Access?

Earned wage access adalah sebuah benefit yang membolehkan karyawan untuk mendapatkan gaji mereka lebih awal sebelum tanggal gajian.

Selain itu, earned wage access adalah gaji yang didasari perhitungan berapa lama kamu telah bekerja sebelum tanggal gajian (prorata).

Salah satu penyedia layanan earned wage access di Indonesia adalah GajiGesa. Dengan menggunakan GajiGesa karyawanmu tidak perlu menunggu hingga akhir bulan untuk menerima gaji. Karena, mereka bisa menarik gaji secara prorata kapanpun dan di manapun.

Bagaimana Earned Wage Access Bisa Membantu Bisnis?

earned wage access untuk bisnis

Earned wage access tidak hanya memberikan manfaat untuk karyawan, tetapi juga untuk pemberi kerja. Berikut manfaat earned wage access untuk bisnis, yang harus kamu ketahui!

#1 Meningkatkan loyalitas karyawan

Earned wage access bisa membantu meningkatkan loyalitas karyawan. Saat karyawan merasa diperhatikan oleh perusahaan, itu menjadi alasan bagi karyawan mengapa mereka tetap “setia” pada perusahaan.

Jadi, earned wage access secara tidak langsung membantu perusahaan untuk meningkatkan loyalitas karyawan. Tentunya, dengan loyalitas tersebut, karyawan bisa memberikan hasil terbaik untuk kemajuan perusahaan.

#2 Meningkatkan retensi karyawan

Persaingan dunia kerja makin ketat membuat tim human resources (HR) juga kesulitan. Untuk menemukan talenta dan kandidat terbaik, tim HR perlu menambah nilai lebih perusahaan. Tujuannya, supaya para pelamar tertarik untuk bergabung dan karyawan berkualitas baik tetap bertahan bekerja di perusahaan.

Earned wage access bisa membantu tim HR dalam mengatasi masalah mempertahankan talenta terbaik ini. Perusahaan bisa menawarkan program kesehatan finansial karyawan melalui earned wage access.

#3 Meningkatkan nilai jual perusahaan

Manfaat selanjutnya earned wage access untuk bisnis yaitu, bisa meningkatkan nilai jual perusahaan. Jika ada perusahaan yang sangat mementingkan kesejahteraan karyawannya, hal ini tentu akan memberikan dampak positif bagi perusahaan.

Memberikan benefit earned wage access bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, lho.

Karyawan yang merasa terbantu dengan manfaat earned wage access bisa bercerita pada teman atau pun koleganya. Kemudian, ceritanya bisa membantu citra baik dan makin banyak orang yang tertarik untuk bekerja di perusahaan tersebut.

#4  Meningkatkan produktivitas karyawan

Karyawan yang merasa didengar, dimengerti, dan diperhatikan akan jauh lebih produktif dalam bekerja, lho. Akses gaji fleksibel yang didapatkan karyawan bisa membuatnya merasakan kepedulian perusahaan. Terutama, soal kesejahteraan finansial mereka.

Dengan demikian, mereka akan cenderung bekerja dan berusaha untuk bisa bertahan di perusahaan. Ini tentu akan meningkatkan produktivitasnya karena mereka merasa kerja kerasnya dibayar setimpal.

Itulah manfaat earned wage access untuk bisnis. Jika perusahaanmu berminat untuk tahu lebih lanjut tentang earned wage access dan mendapatkan manfaat lainnya, hubungi kami aja, yuk!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!