Resources

HR Perlu Tahu! 3 Cara Untuk Mengoptimalkan Karier Karyawan

Sebagai HR yang baik, kita harus dapat mengoptimalkan karier karyawan agar dapat memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Bagaimana caranya? Simak di artikel berikut ini!

Karier karyawan yang semakin baik dipengaruhi oleh cara HR memberikan kebijakan.

Perusahaan besar pasti tahu betapa pentingnya menempatkan pengembangan professional karyawan sebagai bagian utama dari kebijakan perusahaan. Kenapa? Karena itu yang diharapkan karyawan pada umumnya. Pekerja professional ingin dan akan bekerja lama di perusahaan yang membantu mereka membangun skill dan pengetahuan demi pengembangan karier mereka.

Jika perusahaan tidak melakukan apa-apa untuk mengoptimalkan karier karyawannya, hal itu akan menurunkan kepercayaan diri karyawan. Pada akhirnya, itu akan berpengaruh pada produktifitasnya. Mereka akan berpikir bahwa tenaga mereka tidak dihargai sebagaimana mestinya dan bisa jadi pertimbangan mereka untuk resign dan pindah ke perusahaan lain.

Baca juga: 5 Kunci Dalam Menciptakan Program Pengembangan Karier

Untuk menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka mendapatkan support dari perusahaan dan petinggi di tempatnya bekerja untuk maju dan berkembang secara profesional, coba pertimbangkan untuk mengaplikasikan beberapa strategi berikut untuk membantu mengoptimalkan karier karyawan.

#1 Kesempatan Pelatihan dan Pengembangan Karyawan

Membuka kesempatan untuk terlibat dalam pelatihan kerja dan program pendidikan secara berkelanjutan akan membantu mendorong perkembangan karier karyawan. Jadi perusahaan perlu mendorong karyawannya untuk terlibat dalam kursus atau pelatihan yang terkait dengan perannya di perusahaan dan juga berpengaruh pada pengembangan perusahan sendiri nantinya.

Kesempatan belajar secara virtual adalah keharusan bagi banyak pekerja di berbagai perusahaan. Untungnya kesempatan ini banyak terbuka dan rata-rata menawarkan biaya yang cukup terjangkau.

Sebagai tambahan, membantu mengembangkan karyawan secara individu dan professional dengan menumbuhkan skill tertentu, akan menyokong karyawan untuk mengikuti perkembangan industri secara lebih luas.

Baca juga: Susun Rencana Karier Demi Masa Depan Cerah, Ini Caranya!

Salah satu metode pelatihan yang efisien secara biaya adalah dengan mengadakan sesi lunch-and-learn melalui video dengan menghadirkan pembicara internal ataupun eksternal. Jangan lupa, beri karyawan waktu dan fleksibilitas untuk terlibat dalam event-event industri terkait. Setelahnya, pertimbangkan untuk meminta karyawan tersebut berbagi tentang hal-hal yang dia pelajari dari event yang dihadirinya kepada rekan-rekan sejawat.

#2 Mendorong Mentoring dan Job Shadowing

Mengadakan program mentoring formal bisa menjadi langkah cerdik yang dilakukan perusahaan baik untuk kemajuan organisasi maupun kemajuan pekerjanya sebagai individu dan profesional. Mentoring juga bisa menjadi metode yang efektif untuk melakukan orientasi karyawan yang bekerja jarak jauh.

Meskipun sering dianggap sebagai program alih pengetahuan dari pegawai yang lebih berpengalaman ke pekerja baru, mentoring sejatinya adalah proses yang berlangsung dua arah. Jika pegawai senior bisa memberikan pemahaman berdasarkan pengalamannya selama bekerja di sebuah perusahaan dan tuntunan kepada kolega barunya, mereka juga sebetulnya bisa mendapatkan benefit dari perspektif baru dan pengetahuan tentang teknologi dari karyawan yang baru.

Baca juga: Membuat dan Mencapai Tujuan Karier, Bagaimana Caranya?

 #3 Rotasi Peran Karyawan

Rotasi pekerjaan di antara karyawan pada perusahaan yang sama akan membantu mengatasi kebosanan akan rutinitas. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk membuat program di mana karyawan bisa mengalami secara langsung bagaimana rasanya bekerja di divisi atau posisi yang berbeda. Kesempatan seperti ini juga akan meningkatkan skill karyawan, menumbuhkan apresiasi mereka terhadap tugas-tugas koleganya dan pemahaman yang lebih mumpuni di bidang bisnis yang ditekuni perusahaan.

Rotasi kerja juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan kolaborasi antar departemen dan membangun hubungan dalam sebuah tim yang anggotanya bekerja jarak jauh. Di sisi lain, perusahaan juga akan diuntungkan dengan karyawan-karyawan yang memiliki pengetahuan luas di berbagai bidang pekerjaan.

Itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan dan mengoptimalkan karier karyawan di perusahaan.

 

Sumber: Talenta