Resources

Bangun Kesehatan Finansial Karyawan dengan Akses Gaji Fleksibel

Dengan keadaan ekonomi sekarang, banyak karyawan yang memiliki masalah mengenai kesehatan finansial. Bagaimana cara agar perusahaan dapat membantu untuk memulihkan kesehatan finansial karyawan? Yuk, simak ulasan artikel berikut ini!

Kesehatan finansial karyawan akan memberikan dampak terhadap kinerja perusahaan. Apa yang bisa dilakukan perusahaan untuk membantu?

Peristiwa yang sedang kita hadapi sekarang tidak hanya mengguncang sistem kesehatan dunia, tetapi sistem ekonomi pun terkena dampaknya. Kondisi saat ini memberikan dampak buruk terhadap aktivitas ekonomi. Salah satu dampaknya adalah banyak karyawan diberhentikan dari perusahaan. Secara tidak langsung akan banyak orang yang mengalami gangguan terhadap kesehatan finansial.

Tingkat pengangguran pun semakin meningkat. Untungnya aktivitas ekonomi sudah mulai membaik. Banyak perusahaan sudah kembali beroperasional yang memberikan dampak baik terhadap karyawannya atau perusahaan juga sudah bisa melakukan perekrutan karyawan baru. Tapi apakah kamu tahu, karyawan yang sudah kembali bekerja bisa saja telah melalui masa-masa sulit. 

Misalnya, kamu adalah karyawan yang sudah tiga bulan tidak bekerja, sementara banyak tagihan yang harus dibayar. Kamu terpaksa meminjam uang atau melakukan hutang. Ketika kamu sudah mendapat pekerjaan baru, apakah itu bisa membayar tagihan selama 3 bulan sebelumnya?

Di sinilah kamu, sebagai perusahaan dapat membantu karyawan untuk bisa membangun kembali kesehatan finansialnya. 

Apa itu kesehatan finansial?

Kesehatan finansial adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan urusan keuangan pribadi seseorang. Ada banyak dimensi untuk kesehatan finansial, yaitu jumlah tabungan yang kamu miliki, berapa tabungan yang kamu sisihkan setiap bulannya untuk dana pensiun, dan berapa banyak penghasilan kamu yang belanjakan untuk pengeluaran tetap atau tidak bebas. 

Kesehatan finansial juga bisa diartikan sebagai kondisi di mana jumlah pendapatan lebih besar atau sama dengan jumlah pengeluaran yang dikeluarkan. Itu sebabnya, memahami dan mengelola kesehatan finansial menjadi hal yang penting agar tidak mengalami hambatan terhadap pengeluaran.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Keuangan untuk Perempuan. Sudah Tahu?

Mengelola kesehatan finansial tidak melulu soal memperbanyak uang. Tetapi juga mempersiapkan biaya untuk hal-hal yang tidak terduga. Dengan demikian, kesehatan finansial akan membantu karyawan untuk lebih mempersiapkan diri terhadap risiko pekerjaan.

Memulihkan kesehatan finansial karyawan dengan akses gaji fleksibel

Biasanya ketika seorang karyawan membutuhkan uang lebih dulu sebelum tanggal gajian, mereka akan mendekati manajer atau bos mereka untuk meminta gaji lebih awal. Tetapi, tentunya cara ini sangat membuat karyawan menjadi beban dan menanggung percakapan yang kurang nyaman. Sehingga, cara cepatnya karyawan lebih memilih untuk berutang ke pinjaman online atau bahkan rentenir yang memberikan bunga sangat tinggi. Cara ini justru hanya akan memperburuk keadaan.

Akses gaji fleksibel memungkinkan perusahaan untuk membantu karyawan dalam memulihkan finansial mereka. Perusahaan bisa menawarkan karyawan untuk dapat menerima gaji prorata mereka kapan pun mereka membutuhkannya. Karyawan baru bahkan bisa digaji pada hari pertama mereka bekerja jika memang mereka perlu.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Untuk karyawan yang telah berbulan-bulan tidak bekerja atau tanpa penghasilan, pasti mengalami masalah terhadap keuangan. Hal itu bisa membuat stres dan memperburuk kinerja. Dengan akses gaji fleksibel dapat membantu karyawan untuk menghilangkan stres dengan cara memperbaiki kesehatan finansial dan membuat kinerja perusahaan membaik. 

Bantu karyawan baru kamu dalam membangun kesehatan finansial

Sebagai perusahaan pemberi kerja yang mencoba meningkatkan skala bisnis, tentunya kamu mencari cara untuk mempekerjakan orang-orang yang sangat tepat untuk perusahaanmu secepat mungkin. Agar banyak kandidat yang tertarik dengan perusahaan, sebaiknya kamu memberikan manfaat dan menawarkan cara nyata dan berharga bagi para kandidat untuk membuat hidup mereka lebih baik.

Solusi untuk memulihkan kesehatan finansial karyawan saat  ini adalah dengan menggunakan platform kami. Kami adalah platform kesehatan finansial untuk karyawan. Dimana karyawan dapat mengakses gaji prorata mereka lebih fleksibel, membangun tabungan dan membangun ketahanan keuangan jangka panjang, dan mengambil gaji lebih awal kapanpun mereka butuhkan. Silakan menghubungi kami di sini untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai GajiGesa!

Sumber: Investopedia

Baca juga:

https://gajigesa.com/home/