Resources

6 Cara Ini dapat Menumbuhkan Loyalitas pada Karyawan Lho!

Apabila karyawan memiliki loyalitas yang tinggi untuk perusahaan hal ini akan sangat baik. Bagaimana cara menumbuhkan loyalitas karyawan? Simak ulasannya di artikel berikut ini!

loyalitas karyawan

Loyalitas karyawan memberikan pengaruh kepada kinerja dan mental karyawan bagi perusahaan. 

Karyawan merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan. Karena suksesnya sebuah perusahaan tergantung pada karyawan yang bekerja secara kompeten dan loyal terhadap perusahaan. Tetapi penyebab utama yang menyebabkan karyawan dapat bekerja secara kompeten dan loyal bukan hanya karena gaji. Akan tetapi, keberadaan lingkungan kerjalah yang memiliki peran penting dalam membuat suasana nyaman dan membuat karyawan bahagia. Tapi, apa yang terjadi jika karyawan kurang loyal terhadap perusahaan? Tentunya hal ini akan memberikan dampak yang kurang baik bagi perusahaan. Lalu, bagaimana cara menumbuhkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan? 

Baca juga: HR Perlu Tahu! 3 Cara Untuk Mengoptimalkan Karier Karyawan

#1 Menumbuhkan rasa percaya terhadap pemimpin

Cara pertama jika kamu ingin menumbuhkan loyalitas karyawan harus dapat menumbuhkan rasa percaya terhadap pemimpin. Karyawan akan cenderung lebih loyal terhadap perusahaan jika memiliki pemimpin yang berkompeten di bidangnya. Perusahaan perlu mencari calon pemimpin perusahaan yang tahu akan kemampuan dirinya dan sudah pernah mengikuti banyak pelatihan dan punya misi yang sesuai dengan perusahaan. 

#2 Menciptakan manajemen SDM yang baik

Jika perusahaan memiliki manajemen SDM yang buruk akan menjadi faktor yang menyebabkan karyawan akan menjadi tidak betah bekerja dalam sebuah perusahaan. Jika perusahaan dapat menciptakan manajemen SDM yang baik tentu dapat meningkatkan loyalitas karyawan. Perusahaan dapat memberikan pelatihan untuk meningkatkan mutu kerja dari setiap karyawan. 

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Karier Karyawan Agar Tidak Stagnan

#3 Memberikan hak karyawan seperti yang dijanjikan

Permasalahan yang sering dirasakan oleh karyawan yang bekerja dalam perusahan kecil atau perusahaan yang baru tumbuh yaitu janji yang tidak perusahaan penuhi. Karna biasanya perusahaan hanya mengiming-imingi janji saat perekrutan karyawan. Tapi, saat sudah mulai bekerja, janji tersebut tidak terpenuhi. Jika perusahaan dapat memenuhi janji tersebut saat karyawan sudah mulai bekerja, tentu saja hal ini dapat menumbuhkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. 

#4 Ciptakan suasana kerja yang nyaman

Seperti yang dibilang di awal, gaji saja tidak cukup untuk menumbuhkan loyalitas karyawan. Lingkungan kerja yang nyaman dapat menjadi faktor utama karyawan tersebut menjadi loyal terhadap perusahaan. Karena banyak karyawan yang memilih bertahan dalam sebuah perusahaan karena suasana kerja yang nyaman. 

#5 Memberikan jenjang karier yang jelas

Setiap karyawan yang bekerja dalam sebuah perusahaan tentunya mengharapkan dapat memiliki jenjang karier yang jelas. Jika perusahaan tidak mendapatkan jenjang karier yang jelas, tentu saja karyawan akan memilih untuk resign. Oleh karena itu, jika perusahaan dapat memberikan jenjang karier, akan dapat meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan. 

Baca juga: 8 Indikator Ini Menentukan Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan, Sudah Cek?

#6 Memberikan apresiasi atas pencapaian karyawan

Karyawan akan merasa bahagia apabila kerja keras yang telah mereka lakukan mendapatkan apresiasi dari perusahaan. Hal ini jika dilakukan perusahaan tentunya akan dapat menumbuhkan loyalitas karyawan. Perusahaan dapat mengapresiasinya misalnya dengan memberikan bonus atau dengan memberikan libur atau cuti tambahan kepada karyawan. 

Itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan loyalitas karyawan. 

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!