Resources

Manajemen Utang Sebagai Langkah Terbebas dari Jeratan Utang

Kamu memiliki hutang? Bingung bagaimana cara untuk melunasi hutang? Simak ulasan artikel berikut ini agar kamu bisa memanajemen utang dengan baik!

Manajemen utang adalah cara bagaimana kamu bisa terlepas dari utang. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya!

Mengelola keuangan dengan baik adalah impian dan skill yang seharusnya dimiliki semua orang. Namun ada kalanya kita terpeleset dan terjebak dalam lilitan utang, terutama di situasi ekonomi yang tidak menentu ini. Jika kamu sudah terlanjur memiliki utang apalagi utang konsumtif sementara pemasukan berkurang apalagi terhenti, kamu memerlukan perencanaan yang matang untuk bisa melunasi utang kamu agar tidak terjerat semakin dalam. Di sinilah pentingnya manajemen utang.

Baca juga: Cara Menabung 100 Juta dalam Setahun? Yuk Bisa Yuk!

Apa itu manajemen utang?

Manajemen utang adalah rencana pembayaran yang diatur melalui pihak ketiga (agen konseling kredit) yang menetapkan jadwal dan ketentuan pembayaran baru yang dapat membantu kamu membayar utang dengan lebih terjangkau sesuai kemampuan membayar saat ini, atau malah lebih cepat

Manajemen utang biasanya ditawarkan kepada peminjam yang dianggap oleh konselor kredit tidak dapat membayar kembali pinjaman mereka berdasarkan tinjauan keuangan mereka. Rencana pengelolaan utang umumnya mencakup utang tanpa jaminan (pinjaman tidak dijamin dengan agunan) seperti utang kartu kredit, KTA, atau KPR.

Manajemen utang adalah proses pembayaran utang yang memang dimaksudkan untuk membantu orang yang terlibat utang. Banyak perusahaan yang khusus bergerak di bidang konseling kredit menawarkan rencana manajemen utang untuk membantu orang yang terlibat utang dan kredit yang besar agar kondisi keuangan mereka membaik.

Pelajari bagaimana manajemen utang bekerja dan apakah ini bisa menjadi solusi untuk masalah utang kamu.

Bagaimana manajemen utang bekerja

Jika kamu kesulitan melakukan pembayaran kartu kredit atau KTA atau memiliki terlalu banyak utang dan bingung mesti mulai darimana, kamu mungkin ingin mengambil opsi manajemen utang dari agen konseling kredit untuk menghindari gagal bayar pinjaman kamu yang dapat menyebabkan dampak negatif pada skor kredit kamu atau mendapat blacklist dari Bank Indonesia.

Dengan manajemen utang, kamu bekerja dengan agen konseling kredit untuk mengatur rencana pembayaran baru yang mengubah syarat dan jadwal pembayaran kamu untuk membantu kamu mengatasi utang dengan lebih baik.

Bagaimana manajemen utang bekerja? Pertama-tama, kumpulkan dan hitung seluruh jenis utang yang kamu miliki saat ini, mulai dari kartu kredit, KTA, dan KPR.

Kunjungi agen konseling kredit atau lembaga finansial yang terpercaya. Ketika mencari bantuan dari layanan pihak ketiga, pastikan mereka kredibel dan terdaftar di OJK. Jangan asal-asalan memilih lembaga finansial yang akan membuat manajemen utang kamu malah semakin buruk. Dapat membuat kamu semakin kesulitan untuk melunasi utang kamu. Risiko terburuknya, malah tertipu dan membuat utang kamu tambah banyak. Layanan ini seharusnya memulihkan keuangan, bukannya menempatkan kamu ke dalam utang lebih dalam.

Baca juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Setelah kamu menemukan lembaga finansial yang terpercaya, seorang konselor kredit akan meninjau keuanganmu secara komprehensif dan merekomendasikan rencana pengelolaan utang dengan biaya layanan bulanan yang rendah.

Agen ini akan menegosiasikan rencana pembayaran baru dengan kreditor kamu atas nama kamu, yang menghasilkan tingkat bunga yang lebih rendah, pembebasan biaya tertentu, dan pembayaran Kembali utangnya dalam jangka waktu yang disepakati bersama sesuai kemampuan kamu. Setelah negosiasi ini, agen akan memberi tahu kamu berapa banyak kamu harus membayar setiap bulannya.

Cara lain yang memungkinkan dalam manajemen utang adalah refinancing. Refinancing atau biasa juga disebut dengan penggabungan utang, adalah program menggabungkan beberapa jenis utang menjadi satu utang saja. Jadi dengan melakukan penggabungan utang, kamu dapat membayar utang melalui satu pintu saja.

Setelah itu kamu perlu melakukan pembayaran tunggal setiap bulannya dengan biaya layanan, alih-alih membayar ke beberapa bank tempat kamu memiliki utang atau kredit. Dengan bantuan rencana pengelolaan utang, kamu akan terbebas dari utang dalam jangka waktu yang ditetapkan, misal 2 tahun.

Miliki komitmen yang kuat dan selesaikan secara bertahap

Terbebas dari jeratan dari utang adalah mimpi setiap orang. Kamu bisa mewujudkan ini dengan manajemen utang yang baik. Kuncinya adalah kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk betul-betul mengubah kondisi keuangan kamu menjadi lebih baik.

Jika kamu terlanjur memiliki sejumlah utang di beberapa bank atau perusahaan pembiayaan lainnya, maka tidak mau harus diatasi terlebih dahulu. Berkomitmen dan disiplinlah untuk dapat membayar cicilan yang sudah disepakati setiap bulannya. Kencangkan ikat pinggang, berhemat dan hindari menambah utang lagi.

 

Simak juga: Menabung 50 Juta Dalam Setahun? Bisa, Begini Caranya!

Referensi: The Balance