Blog

5 Manfaat Human Capital Management yang Wajib Diketahui Pegiat HR

Di era modern ini, para pegiat HR wajib mengetahui ragam manfaat dari human capital management (HCM).

Mengapa demikian? Sebab, strategi manajemen SDM ini dapat mengubah fungsi administrasi tradisional HR menjadi peluang untuk mendorong keterlibatan, produktivitas, dan nilai bisnis karyawan. 

Tak hanya itu, HCM juga mendorong perusahaan untuk menganggap karyawan sebagai aset bisnis inti dan bukan sekadar tenaga kerja.

Mereka perlu dianggap sebagai modal yang nilainya dapat dioptimalkan melalui investasi dan manajemen strategis, serupa dengan aset lainnya.

Pasalnya, semakin tinggi value karyawan, semakin besar pula keuntungan yang akan mereka berikan untuk bisnis perusahaan.

Nah, memangnya, apa yang dimaksud dengan HCM? Lalu, apa lagi manfaat dari human capital management yang bisa menguntungkan perusahaan?

Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam rangkuman singkat GajiGesa di bawah ini!

Apa Itu Human Capital Management?

Sebelum membahas manfaat human capital management, ada baiknya kamu pahami terlebih dahulu definisi dari istilah tersebut.

Human capital management (HCM) adalah bentuk manajemen sumber daya yang memiliki banyak ruang lingkup kerja.

Lingkup kerja ini termasuk dalam hal pekerjaan, akuisisi, serta pengembangan karyawan yang efektif agar bisa mengoptimalkan nilai ekonomi perusahaan.

Selain itu, HCM merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan memperoleh, menganalisis, dan melaporkan data.

Baik itu yang bisa menginformasikan arah strategi penambahan suatu investasi, nilai, serta keputusan operasional SDM, pada tingkat lini depan atau pun pada tingkat korporasi.

Seperti yang sudah dijelaskan, HCM mendorong karyawan untuk menganggap karyawan sebagai aset inti bisnis dan bukan sekadar tenaga kerja.

Serupa dengan aset-aset lainnya, nilai karyawan dapat dioptimalkan melalui investasi dan manajemen strategis.

Hal ini berlaku karena semakin tinggi nilai karyawan, semakin tinggi pula kemungkinan mereka untuk memberikan keuntungan bagi perusahaan. 

5 Manfaat Human Capital Management

manfaat human capital management

1. Meningkatkan kepuasan karyawan

Salah satu manfaat utama dari human capital management adalah meningkatkan kepuasan pelanggan.

Menurut Society for Human Resource Management (SHRM), 42% dari 600 karyawan yang mereka survei mengatakan bahwa komitmen perusahaan terhadap pengembangan profesional sangat penting bagi kepuasan kerja mereka.

Oleh sebab itu, kebutuhan akan program pelatihan dan pengembangan karier sama pentingnya dengan kompensasi karyawan.

Saat karyawan merasa bahwa tempat kerja mereka peduli dengan pengembangan karier, maka mereka cenderung lebih puas dengan pekerjaan mereka.

Hal ini biasanya diterapkan melalui inisiatif investasi pada pengembangan SDM yang besar. Misalnya, melalui pelatihan profesional yang bisa meningkatkan kepuasan kerja karyawan.

2. Meningkatkan retensi dan engagement karyawan

Manfaat human capital management selanjutnya adalah untuk meningkatkan retensi dan engagement karyawan.

Umumnya, karyawan bakal merasa kurang dihargai jika mereka kurang memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang.

Faktor satu ini telah menjadi sumber stres kerja yang cukup besar, terutama bagi generasi milenial yang menganggap bahwa peluang berkembang merupakan hal yang sangat penting.

Sehingga, tidak heran jika banyak karyawan yang memilih meninggalkan posisi mereka, kalau tidak ada kesempatan untuk berkembang.

Sebaliknya, karyawan yang menerima pendidikan dan pengembangan profesional, cenderung tidak mencari peluang kerja lain.

Melihat hal tersebut, investasi dalam pengembangan karyawan bisa meningkatkan retensi, serta menghemat biaya turnover karyawan.

Selain itu, peluang peningkatan karier tidak hanya memberi alasan karyawan untuk bertahan, tetapi juga membantu menumbuhkan keterlibatan atau engagement mereka.

Karyawan yang lebih terlibat dengan pekerjaannya pun bisa jadi lebih produktif dan lebih loyal.

3. Meningkatkan ROI

Tahukah kamu? Bahwa tanpa disadari, setiap perusahaan pasti berinvestasi dalam sumber daya manusia, contohnya melalui gaji dan tunjangan karyawan.

Nah, HCM mengerti bahwa, strategi investasi pada SDM sangat berdampak positif bagi perkembangan organisasi bisnis, baik itu jangka pendek maupun panjang.

Investasi tersebut bisa mendatangkan keuntungan atau return of investment (ROI).

Investasi sendiri dapat memberikan keterampilan dan keahlian baru bagi karyawan. Sehingga, secara tak langsung angka produktivitas, inovasi, daya saing, dan profit dari karyawan bisa meningkat.

Itulah sebabnya, perusahaan global yang berinvestasi besar pada karyawan rata-rata memiliki laba yang tinggi. 

4. Membuat proses rekrutmen jadi lebih baik

Manfaat human capital management yang lain adalah membuat proses rekrutmen kandidat potensial menjadi lebih mudah.

Kandidat hebat tidak hanya membutuhkan kompensasi sebagai imbalan kerja. Mereka juga menginginkan kesempatan untuk maju.

Jika opsi ini tidak termasuk dalam tawaran kerja, perusahaan akan sulit untuk mendapatkan jasa mereka.

5. Memperkuat budaya organisasi

Manfaat human capital management terakhir, yaitu bisa memperkuat budaya organisasi.

Kepuasan dan keterlibatan karyawan bisa membuat budaya perusahaan yang lebih positif, lho.

Sebab, dengan HCM, karyawan akan selalu belajar dan punya kesempatan mengembangkan karier. Mereka pun nantinya jadi lebih menikmati pekerjaan di perusahaan,

Dengan budaya positif tersebut, karyawan bisa menjadi lebih terlibat, merasa lebih bahagia, serta produktivitas kerjanya akan meningkat.

Itulah pemaparan singkat mengenai definisi dan manfaat HCM yang perlu kamu ketahui. Dengan demikian, jangan lupa diterapkan, ya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!