Resources

Penting! Lihat 7 Manfaat ISO Bagi Perusahaan di Sini!

Apa kamu tahu, apa itu ISO dan manfaatnya? Jika belum, yuk lihat ulasan mengenai manfaat ISO bagi perusahaan di artikel berikut ini!
manfaat iso bagi perusahaan

Apa kamu pernah mendengar apa itu ISO dalam perusahaan? Lalu, apa sih kepanjangan dari ISO?

Buat yang baru kenalan, nih, ISO merupakan singkatan dari The International Organization for Standardization. ISO merupakan suatu organisasi internasional untuk menetapkan standar internasional pada bidang industrial dan komersial dunia.

Tujuannya ialah agar terciptanya peningkatan perdagangan antar negara di dunia. Lalu, apa ya, manfaat ISO bagi perusahaan? Simak terus artikel ini.

Baca juga: Wah! Inilah Tarif Kenaikan Pajak Baru Tahun 2022

Pengertian ISO

Sebelum kamu mengetahui manfaat ISO bagi perusahaan, ketahui dahulu mengenai pengertian ISO. ISO merupakan salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen, yang bertujuan untuk mengukur mutu pada organisasi.

Jadi, setiap perusahaan yang bersaing secara global dapat diukur kredibilitasnya dengan standar ISO tersebut. 

Organisasi ISO tersebut merupakan pihak yang akan berperan penting dalam memfasilitasi perdagangan internasional lalu membuat berjalan dengan baik.

Selain itu, organisasi ISO akan memberikan spesifikasi kelas dunia untuk berbagai macam hal. Mulai dari produk, sistem, dan pelayanan untuk bisa memastikan kualitas, efisiensi, dan keamanannya. Sehingga, perusahaan ataupun brand yang sudah memiliki sertifikat ISO bisa berpeluang lebih besar di persaingan pasar global.

Hal tersebut terjadi karena sudah memiliki jaminan kualitas produk baik jasa ataupun barang dari ISO, sehingga memiliki kredibilitas di mata konsumen.

Baca juga: Ribet Hitung Payroll? Ketahui Apa Itu Payroll System dan Manfaatnya di Sini!

Manfaat ISO Bagi Perusahaan

Setelah kamu mengetahui memahami mengenai ISO. Berikut beberapa manfaat penerapan ISO bagi perusahaan yang perlu kamu ketahui.

  • Pertama, perusahaan yang terdaftar pada lembaga sertifikasi dan akan diaudit secara periodik.
  • Kedua, pelanggan akan mudah mencari pemasok yang bersertifikat ISO, yang artinya terbuka kesempatan pasar baru.
  • Ketiga, terjadinya perubahan yang positif dalam hal budaya mutu bagi organisasi atau perusahaan, karena mereka akan terdorong untuk mempertahankan sertifikat ISO.
  • Keempat, sebagai acuan kerja. Sehingga, karyawan bisa bekerja tanpa mengalami kesalahan atau meminimalkan kesalahan yang bisa terjadi.
  • Kelima, sebagai bukti pelaksanaan sistem yang diperlukan untuk menelusur saat terjadi masalah di perusahaan.
  • Keenam, berguna untuk menghindari perbedaan persepsi. Selain itu juga, untuk mendapatkan hasil yang seragam walaupun memiliki pekerjaan yang berbeda-beda.
  • Ketujuh, sebagai catatan untuk generasi yang akan datang.

Itulah beberapa manfaat jika kamu menerapkan ISO dalam perusahaan.

Selain itu, ISO juga memiliki manfaat lain seperti kredibilitas perusahaan semakin diakui, menarik kepercayaan konsumen, dan jaminan kualitas standar internasional.

Ditambah lagi, ISO bisa berguna untuk menghemat biaya karena meminimalisir kesalahan kerja serta bermanfaat sebagai sarana branding perusahaan.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!