Resources

8 Manfaat Rotasi Pekerjaan di Lingkungan Kerja

manfaat rotasi pekerjaan

Manfaat rotasi pekerjaan sangat penting lho, untuk perusahaan ketahui.

Perusahaan harus mempunyai strategi untuk pengembangan karier karyawan di perusahaan. Salah satu strateginya yaitu, rotasi pekerjaan. 

Rotasi pekerjaan merupakan usaha yang diselenggarakan oleh perusahaan, di mana karyawan bisa bertukar posisi. Para karyawan akan diberikan tugas baru dalam jangka waktu tertentu sebelum akhirnya mereka kembali pada posisi awal.

Dari hal tersebut, karyawan diharapkan bisa mendapatkan beragam manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan. Entah itu dari segi pengalaman atau keterampilan yang merupakan dampak dari diberinya tanggung jawab baru.

Rotasi pekerjaan tersebut juga dimaksudkan untuk meningkatkan fleksibilitas, keterlibatan, serta retensi karyawan. Nah, artikel berikut ini akan memberikan ulasan mengenai manfaat rotasi pekerjaan yang harus perusahaan ketahui.

Manfaat Rotasi Pekerjaan

manfaat rotasi pekerjaan

Berikut ini ialah beberapa manfaat dari rotasi pekerjaan jika perusahaan menerapkannya.

#1 Memberi suasana kerja yang baru

Manfaat rotasi pekerjaan yang pertama yaitu, bisa memberi suasana kerja yang baru bagi para karyawan. Baik itu dari lokasi kerja yang baru atau rekan kerja di dalam sebuah departemen atau lokasi.

Apakah kamu tahu? Ternyata memberi suasana kerja baru sangat penting dan bermanfaat bagi karyawan, lho. Sebab, hal tersebut bisa menciptakan semangat kerja yang baru. 

Tentunya, rotasi pekerjaan tersebut akan menjadi lebih maksimal jika posisi dan suasana dari divisi kerja yang diberikan jauh lebih baik. Hal tersebut bisa memicu semangat kerja karyawan hingga memberikan kinerja yang lebih optimal demi kemajuan perusahaan.

#2 Menyalurkan minat karyawan

Strategi rotasi pekerjaan akan membuat karyawan memiliki kesempatan untuk menyalurkan minat dan bakatnya.

Misalnya, perusahaan memindahkan karyawan bagian keuangan ke bagian purchasing (pembelian). Walaupun kemampuan yang dibutuhkan berbeda, bukan berarti karyawan tidak bisa lebih optimal dalam bekerja.

Sebab, dalam sebuah perusahaan, karyawan belum tentu juga menempati posisi sesuai dengan latar belakang pendidikan. Nah, dengan adanya sistem rotasi ini, maka potensi menentukan posisi karyawan berdasarkan kemampuan serta latar belakang pendidikannya semakin terbuka lebar.

#3 Mengurangi kebosanan

Manfaat rotasi pekerjaan selanjutnya yaitu mengurangi kebosanan yang dirasakan karyawan.

Rotasi pekerjaan bisa membantu mengatasi stres serta dampak psikologis lainnya pada karyawan. Sebab, dengan memindahkan karyawan ke divisi lain dan memberikannya tugas baru, karyawan diharapkan bisa menghilangkan rasa bosan tersebut.

Sehingga, hal tersebut bisa memberikan dampak positif pada sisi psikologis karyawan, serta tujuan lainnya supaya kinerja karyawan makin optimal.

#4 Memudahkan identifikasi posisi dalam perusahaan

Manfaat lainnya dari rotasi pekerjaan yaitu, memudahkan mengidentifikasi posisi dalam perusahaan.

Maksudnya yaitu, mempermudah posisi mana yang paling sesuai untuk karyawannya. Sehingga, karyawan bisa menghasilkan pekerjaan yang jauh lebih optimal.

Jika karyawan berada pada kondisi dan tugas sesuai kemampuan, maka otomatis pekerjaan yang dilakukan bisa berjalan efektif dan efisien.

#5 Menjadi proses pengembangan karyawan

Manfaat lainnya dari rotasi pekerjaan yaitu, proses pengembangan karyawan.

Misalnya, apabila karyawan menempati posisi yang dirasa tepat dengan latar belakang kemampuannya. Tentu hal tersebut akan mendorong kinerja menjadi jauh lebih baik serta akan memberi hasil kerja yang lebih berkualitas.

Jadi, secara tidak langsung, karyawan akan semakin berkembang dan potensi yang dimiliki bisa tereksplor dengan baik bagi kemajuan dan keuntungan perusahaan. Sehingga, karyawan bisa menjadi aset terbaik bagi perusahaan.

#6 Menekan risiko turnover

Kamu harus tahu nih, ternyata salah satu cara terbaik untuk menekan turnover yaitu, dengan melakukan rotasi karyawan. Sebab, banyak karyawan yang pindah perusahaan karena bosan dengan pekerjaan yang itu-itu saja.

Selain itu, banyak kasus karyawan yang mengundurkan diri karena posisi kerjanya saat ini tidak sesuai kemampuan yang dimiliki. Oleh sebab itu, dengan rotasi pekerjaan, kamu bisa memberi kesempatan baru untuk karyawan bekerja sesuai dengan latar belakang serta pengalamannya.

#7 Menjadi rencana cadangan saat karyawan resign

Tidak bisa dipungkiri, meski sudah dilakukan berbagai cara untuk mempertahankan karyawan, namun dengan berbagai faktor masih membuat karyawan memutuskan keluar dari perusahaan. Maka, salah satu manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan bisa menjadi rencana cadangan, jika terdapat posisi kerja yang kosong.

Sebab, perusahaan sudah memahami jika ada beberapa karyawan yang mampu mengerjakan pekerjaan lain yang tidak sesuai posisi aslinya. Hal ini juga berguna untuk mengulur waktu perusahaan dalam mencari karyawan baru yang sesuai.

#8 Meningkatkan produktivitas

Manfaat rotasi pekerjaan di dalam perusahaan yang terakhir yaitu, untuk meningkatkan produktivitas.

Saat karyawan pindah ke divisi lain, mereka cenderung merasa tertantang serta bersemangat ingin membuktikan kemampuannya untuk melakukan tugas yang diberikan atasan barunya.

Tentu hal tersebut akan memunculkan rasa tanggung jawab dan dedikasi yang semakin optimal pada pekerjaannya. Sehingga, berdampak pada produktivitas perusahaan yang menjadi lebih maksimal.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!