Blog

5 Cara Membantu Karyawan untuk Mengelola Beban Kerjanya

membantu karyawan mengelola beban kerja

Tahukah kamu? Bahwa di era modern ini, overwork telah memberikan banyak dampak buruk terhadap kinerja karyawan? Melihat hal tersebut, kamu sebagai HR perlu tahu cara membantu karyawan mengelola beban kerja.

Sebenarnya, bukan rahasia lagi jika pekerjaan karyawan yang menumpuk bisa memberikan banyak dampak yang kurang baik. Seperti, kelelahan, mudah sakit, stres, hingga menurunnya produktivitas.

Namun, tak bisa dimungkiri juga bahwasanya kebutuhan perusahaan tengah meningkat. Hal ini berlaku karena tingkat persaingan di pasar yang lebih ketat.

Sebagai pegiat human resource, tentu kamu akan mengevaluasi secara berkala kinerja karyawan.

Mulai dari memberikan masukan, hingga membantu meningkatkan performa mereka agar hasil kerja lebih mumpuni.

Nah, apabila ternyata kinerja karyawan kurang baik karena overwork? Apa strategi yang bisa HR lakukan untuk membantu mereka.

Nah, GajiGesa telah merangkum kiat-kiat yang dapat perusahaan terapkan di bawah ini. Yuk, disimak!

5 Cara Membantu Karyawan Mengelola Beban Kerja

membantu karyawan mengelola beban kerja

Untuk tercapainya produktivitas kerja yang ingin diraih perusahaan, berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu karyawan mengelola beban kerja.

1. Menentukan prioritas

Cara membantu karyawan mengelola beban kerja pertama adalah menolong mereka menentukan prioritas pekerjaan.

Dengan inisiatif tersebut, kamu bisa membuat karyawan paham mengenai tugas-tugas yang sejatinya lebih penting.

Sehingga, mereka pun takkan mudah lelah ketika sedang bekerja di kantor, maupun di rumah.

Intinya, penting untuk diingat untuk tidak memberikan karyawan pekerjaan secara bertubi-tubi. Justru, berikanlah mereka pekerjaan sesuai dengan skala prioritasnya.

2. Menggunakan aplikasi produktivitas kerja

Setiap perusahaan pasti ingin memiliki karyawan yang selalu produktif dan mampu bekerja secara optimal.

Untuk meraihnya, diperlukan sebuah kerja sama dan juga sistem yang baik. Tujuannya tak lain agar perusahaan bisa menunjang produktivitas dari setiap karyawannya. 

Nah, untuk kebutuhan satu ini, kamu sebagai HR bisa sediakan aplikasi penunjang kerja seperti Trello, Jira, Due, Todoist, dan lainnya.

3. Komunikasi yang efektif

Cara membantu karyawan mengelola beban kerja selanjutnya yaitu dengan komunikasi yang efektif.

Komunikasi dengan karyawan merupakan salah satu hal yang harus selalu kamu perhatikan. Sebab, hal tersebut bisa membuat mereka menyelesaikan tugas dengan lebih efektif.

Apalagi, saat sedang mengerjakan proyek besar, serta waktu terus berjalan, diperlukannya komunikasi yang jelas dan singkat.

Oleh sebab itu, saat memberikan arahan, pastikan untuk mengatakannya dengan jelas apa harapan kamu dalam proyek tersebut.

4. Bersikaplah masuk akal

Cara satu ini, juga penting untuk diperhatikan. Terutama, saat kamu dan user memberikan deadline proyek kepada karyawan.

Sebagai contoh, kamu meminta karyawan untuk membuat event secara offline. Jika kamu meminta karyawan menyelesaikannya hanya dalam waktu satu hari, tentu saja tidak masuk akal.

Tingkat stres mereka bakal meningkat dan pada akhirnya pekerjaan selesai dengan hasil yang kurang memuaskan.

Oleh sebab itu, kamu bisa bertanya terlebih dahulu kepada karyawan, kira-kira membutuhkan waktu berapa lama untuk menyelesaikan tugasnya.

Bila mereka merasa bingung, coba diskusikan dengan para manajer lalu berikan estimasi yang memadai.

5. Membuka diri untuk berdiskusi

Cara membantu karyawan mengelola beban kerja terakhir adalah untuk selalu siap membuka diri, seperti berdiskusi dengan karyawan.

Tentunya kamu harus bisa membangun hubungan baik dengan karyawan. Sehingga, mereka bisa nyaman datang kepadamu untuk berdiskusi mengenai proyek yang sedang mereka jalankan.

Sebab, jika karyawan merasa terlalu banyak bekerja, kewalahan, dan menganggap kamu tidak bisa didekati, tentunya produktivitas tidak dapat diraih.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk mau membuka diri dengan mendengarkan pendapat para karyawan.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!