Resources

Mengatur Keuangan Agar Tak Boros Saat Bulan Puasa

Mengatur Keuangan Agar Tak Boros di Bulan Puasa

Bulan puasa merupakan waktu di mana pengeluaran sehari-hari akan bertambah. Salah satu hal yang perlu kita lakukan pada bulan ini adalah mengatur keuangan agar finansial tetap stabil.

Yuk, simak 4 cara mengatur keuangan agar tak boros di bulan puasa.

#1. Atur Dengan Menyisihkan Uang Untuk Kebutuhan

Hal pertama yang dapat dilaukan adalah terlebih dahulu mengatur berapa jumlah uang yang akan dikeluarkan untuk kebutuhan. Misalnya, membeli makanan untuk masak, budget untuk buka bersama dengan teman, atau alokasi dana untuk membeli baju baru keluarga.

#2. Kurangi Berbuka di Luar

Berbuka puasa di luar memang tidak ada salahnya. Namun, kamu harus mengatur frekuensinya agar tidak boros. Misalnya hanya satu kali dalam seminggu, yang mana masih dalam batas wajar.

Untuk menghindari boros, kamu bisa memasak sendiri makanan untuk berbuka. Selain jauh lebih hemat, kamu bisa memilih sendiri bahan-bahan yang bagus untuk masakanmu. Jika memang ingin berbuka bersama teman dan keluarga, tidak ada salahnya jika mengambil inisiatif untuk memasak makanan untuk disantap bersama.

#3. Tidak Berbelanja Saat Lapar

Tahukah kamu? Menurut penelitian, berbelanja saat perut lapar bisa membuat kamu lebih boros dan kalap. Ini sering tejadi ketika mendekati jam berbuka puasa, ketika ingin berburu makanan untuk berbuka puasa.

Rasa lapar di perut membuatmu ‘lapar mata’, sehingga ingin rasanya membeli semua makanan dan minuman yang menggugah selera.

Ada baiknya, atur pengeluranmu ketika membeli makanan untuk berbuka. Sebelum pergi membeli, sebaiknya catat makanan apa saja yang ingin kamu beli dan tentukan budget yang akan kamu keluarkan.

Selain itu, hindari untuk membeli makanan berlebihan, sehingga makanan tersebut tidak termakan dan boros hingga dibuang.

Begitu juga dengan berbelanja kebutuhan. Pilihlah waktu saat pagi menjelang siang atau sore hari sekitar pukul 16.00 untuk berbelanja.

Mengatur Keuangan Agar Tak Boros di Bulan Puasa

#4. Sisihkan Uang untuk Hari Raya

Sisihkan uang yang sekiranya akan cukup untuk hari raya. Kebutuhan hari raya biasanya akan lebih banyak dan harga sembako biasanya akan meningkat. Kamu juga perlu memastikan untuk membayar zakat.

Kamu bisa menyisihkan uang untuk membantu orang kurang mampu, atau kepada keluarga dan sanak saudara. Pastikan uang yang kamu gunakan tidak akan menganggung uang tabungan daruratmu, ya.

#5. Hilangkan Kebiasaan Konsumtif

Menjelang hari raya, tidak semua barang atau perabotan yang kamu punya harus diganti, lho. Kebiasaan mengganti barang baru ketika mendekati lebaran memang bisa dibilang menjadi ‘tradisi’ di masyarakat.

Apalagi, saat ini membeli berbagai hal sudah sangat mudah dengan adanya online shop dan e-commerce yang selalu memberikan promo dan diskon menarik.

Namun kamu harus memikirkan lagi untuk mengganti barang atau perabotan yang kamu punya. Tentukan skala prioritas. Misalnya, perhatikan barang atau perabot yang memang sudah harus diganti. Selalu ingat untuk selalu mengedepankan kebutuhan dibanding keinginan.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!