Blog

Viral! Ketahui 3 Pilihan Sumber untuk Dana Darurat Yuk!

sumber dana darurat

Menyiapkan dana darurat merupakan salah satu langkah yang baik untuk pengelolaan keuangan. Dana darurat akan sangat bermanfaat saat keadaan darurat, baik itu kecelakaan, kerusakan rumah, atau bahkan ketika terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) secara mendadak. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki dana darurat untuk kebutuhan darurat, maka besar kemungkinan kamu dan keluarga tetap bisa menjaga kebutuhan sehari-hari untuk tetap terpenuhi. Saat ini, idealnya dana darurat yang terkumpul yaitu sekitar 6 hingga 12 kali biaya pengeluaran. Setiap orang memiliki jumlah besaran pengeluaran yang berbeda, tergantung pada profesi, jumlah penghasilan kebutuhan, dan gaya hidup masing-masing. Lalu, dari mana saja sumber dana darurat tersebut? Yuk, ketahui beberapa sumbernya yang dapat kamu manfaatkan untuk dana darurat berdasarkan dari thread Twitter @hrdbacot berikut ini.

Baca juga: Yuk, Atur Uang Lebih Mudah dengan Prinsip 50-30-20

#1 Sumber dana darurat dengan mencari sumber pendapatan lain

sumber dana darurat

Menurut dari akun Twitter @ezash, sumber dana darurat bisa kamu dapatkan dengan mencari pendapatan tambahan dengan tidak hanya mengandalkan dari satu sumber saja. Oleh sebab itu, kamu dapat mencari pekerjaan sampingan untuk mengumpulkan dana darurat tersebut. Misalnya saja, menjadi freelance atau membuka usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

#2 BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua (JHT)

sumber dana darurat

Selain itu berdasarkan dari akun Twitter @myassirullah BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Hari Tua (JHT) dapat kamu manfaatkan sebagai sumber dana darurat. Saat kamu resign dari pekerjaan, kamu dapat mencoba mencairkan BPJSTK yang uangnya nanti dapat kamu manfaatkan untuk dana darurat, lho. Eits, tapi kamu tidak boleh mengumpulkannya hanya dari satu sumber ini saja ya. Kamu juga perlu mempersiapkannya dari sumber-sumber lainnya.

Baca juga: Ini Loh, 5 Keuntungan Jika Kamu Menggunakan Dompet Digital

#3 Sumber dana darurat dari bonus tahunan

sumber dana darurat

Berdasarkan dari akun Twitter @aw_ptra, untuk kamu yang memiliki bonus tahunan dari perusahaan yang berupa uang tunai, dapat kamu manfaatkan untuk dana darurat nih. Saat kamu mendapatkan bonus tersebut, coba yakinkan dirimu untuk tidak menggunakannya sebelum mendapatkan bonus tahunan baru di tahun selanjutnya. Kamu bisa langsung menyisihkan presentase uang lebih banyak untuk ditabung ke dana daruratmu.

Selain mengumpulkan dari penghasilan utamamu, kamu bisa menabung dari tambahan sumber dana tambahan. Dengan demikian, tabungan dana darurat kamu bisa cepat terkumpulan. Itulah beberapa sumber yang dapat kamu manfaatkan untuk mengumpulkan dana darurat. Semoga cepat terkumpul, ya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!