Blog

Gaji Tetap, Tetapi Biaya Hidup Naik? Ikuti Tips Berikut Ini!

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengeluaran. Simak di artikel berikut!

mengurangi pengeluaran

Mengurangi pengeluaran menjadi salah satu cara dalam mengatur keuangan.

Apakah kamu sudah tahu? Upah minimum 2022 secara nasional akan mengalami kenaikan sebesar 1,09 persen. Tahun depan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta akan naik sebesar Rp37,749 sehingga menjadi Rp4,452,724 per bulan. Tetapi, disaat yang bersamaan harga bahan baku atau kebutuhan pokok juga mengalami kenaikan menjelang Natal dan Tahun Baru. Kondisi seperti ini tentunya membuat buruh atau pekerja semakin keberatan. Oleh sebab itu, jika tidak pintar dalam mengatur keuangan bisa menyebabkan berhutang yang membuat pengeluaran semakin besar. Untuk itu, ikuti tips berikut ini untuk mengurangi pengeluaran.

Baca juga: 3 Cara Mengelola Keuangan agar Terhindar dari Stres

#1 Mengurangi pengeluaran dengan memperbarui rencana anggaran

Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan membuat rencana anggaran yang baru. Karena harga kebutuhan sehari-hari sudah tidak sama dengan harga sebelumnya, kamu dapat membuat rencana anggaran dengan harga yang lebih terbaru. Buatlah daftar kebutuhan sehari-hari kamu, jika terdapat yang tidak begitu penting kamu dapat menghapus salah satu daftar tersebut untuk mengurangi biaya anggaran.

#2 Mengontrol keinginan

Cara selanjutnya yaitu dengan mengontrol keinginan. Karena keinginan dan kebutuhan merupakan hal yang berbeda. Kebutuhan merupakan hal yang benar-benar primer, sedangkan keinginan bisa saja merupakan kebutuhan sekunder bahkan tersier. Untuk itu, kamu dapat menahan keinginan tersebut dan lebih mengutamakan kebutuhan primer.

Baca juga: Harus Dihindari! 10 Kebiasaan Buruk dalam Mengatur Keuangan

#3 Lebih banyak aktivitas di rumah dapat mengurangi pengeluaran

Lebih banyak aktivitas di rumah merupakan cara yang dapat kamu lakukan agar dapat mengurangi biaya pengeluaran. Karena jika kamu banyak beraktivitas di luar akan lebih banyak membutuhkan biaya. Sehingga, jumlah pengeluaran kamu akan semakin besar. Untuk itu, kamu dapat menyiasatinya dengan lebih banyak beraktivitas di dalam rumah. Kurangi bepergian ke coffee shop atau ke mall.

#4 Bawa bekal makan sendiri

Di masa pandemi seperti sekarang memang masih banyak karyawan yang bekerja work-from-home. Tetapi, masih banyak juga karyawan yang harus bekerja dari kantor. Untuk kamu yang bekerja di kantor, dapat mempersiapkan bekal makanan sendiri untuk mengurangi biaya pengeluaran. Karena, jika membawa bekal sendiri tentu akan lebih irit daripada harus membeli makanan di kantor.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menentukan Tujuan Keuangan

#5 Kurangi buka aplikasi belanja online

Membuka aplikasi belanja online memang sangat menggiurkan karena diskon-diskon yang diberikan sangat besar. Untuk mengurangi pengeluaran, kamu dapat mencoba untuk menghindari buka aplikasi belanja online agar tidak berminat untuk berbelanja. Jika kamu masih sering membukanya akan membuat kamu semakin tergoda untuk sering berbelanja hal yang tidak terlalu dibutuhkan.
Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi pengeluaran kamu yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Semangat mencoba!

Sumber: Kompas

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!