Resources

Mau Beli Rumah? 6 Tips Ini Akan Membantu Kamu Mencapainya!

Memiliki rumah sendiri memang impian semua orang. Berikut tips nabung beli rumah yang dapat kamu lakukan!

Banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk nabung beli rumah di masa depan. 

Mempunyai rumah merupakan cita-cita hampir setiap orang bukan? Banyak orang yang ingin sekali memiliki rumah sendiri. Tapi, banyak faktor yang menyebabkan sulit mewujudkan cita-cita tersebut, yaitu karena faktor finansial. Karena biaya rumah yang terbilang tidak murah. Namun, biaya membeli rumah sebetulnya bisa menjadi ringan jika sudah direncanakan sejak awal. Kamu bisa memulainya saat sudah mulai bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Tapi, saat ingin membeli rumah diperlukannya perencanaan yang matang agar investasi yang kamu lakukan dapat mencapai target yang diinginkan. Berikut tips nabung beli rumah yang bisa kamu terapkan.

Baca juga: Menabung 50 Juta Dalam Setahun? Bisa, Begini Caranya!

#1 Tentukan kapan kamu akan membeli rumah

Tips pertama saat ingin nabung beli rumah ialah menentukan kapan kamu akan membelinya. Hal ini tentu saja sangat penting untuk direncanakan sedini mungkin. Contohnya, saat ini usia kamu sudah 22 tahun dan berencana mengumpulkan uang down payment (DP) rumah dalam enam tahun ke depan. Maka, kamu dapat menyesuaikan perencanaan tersebut sesuai dengan rentang waktu yang ditentukan. 

#2 Buat rencana anggaran

Tips kedua saat ingin nabung beli rumah dengan membuat rencana anggaran. Setelah mengetahui kapan kamu akan membeli rumah yang diinginkan, kamu memerlukan rencana untuk mengatur anggaran. Kamu dapat menentukan berapa jumlah pendapatan yang ingin kamu sisihkan setiap bulannya sesuai dengan rentang waktu yang telah ditentukan. 

Baca juga: Berapa Uang yang Bisa Kamu Hemat dengan Gaya Hidup Minimalis?

#3 Lunasi utang

Tips selanjutnya saat ingin nabung beli rumah kamu harus melunasi semua utang. Karena jika kamu masih memiliki utang, kamu tidak akan bisa menabung dengan maksimal untuk membeli rumah. Jika masih mempunyai utang tentunya akan semakin memberatkan pengeluaran kamu setiap bulannya. 

#4 Membuka rekening khusus

Tips nabung beli rumah selanjutnya yaitu kamu dapat membuat rekening khusus. Membuat rekening khusus dapat dijadikan cara jika kamu ingin cepat membeli rumah. Karena jika rekening yang kamu gunakan untuk menabung masih tercampur dengan yang lainnya, tentu akan sulit untuk dicapai. Untuk itu, usahakan untuk membuat rekening bank yang berbeda.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Menentukan Tujuan Keuangan

#5 Berhemat

Jika kamu ingin nabung membeli rumah tentunya harus berhemat. Karena jika kamu melakukan penghematan dengan mengurangi biaya pengeluaran tentunya uang tersebut dapat dialokasikan lebih banyak untuk membeli rumah. Strateginya kamu dapat dengan menyisihkan Rp50 ribu setiap harinya selama periode waktu yang sudah kamu tentukan. 

#6 Menambah penghasilan

Tips terakhir untuk kamu yang ingin nabung beli rumah ialah dengan menambah penghasilan. Selain mendapatkan penghasilan dari pekerjaan utama kamu dapat menambah penghasilan dengan pekerjaan sampingan. Misalnya saja dengan berjualan online, menjadi freelance, atau lainnya. Hal ini akan membuat kamu mengalokasikan dana tabungan untuk beli rumah menjadi lebih banyak. 

Itulah tips nabung beli rumah yang bisa kamu lakukan untuk membantu kamu untuk mencapai impian beli rumah. 

 

Sumber: Kompas

Simak juga:

https://gajigesa.com/uang/mencari-penghasilan-tambahan/