Blog

Wajib Simak! Cara Memilih Payroll Outsourcing Service yang Tepat!

Tertarik menggunakan jasa payroll? Kamu harus tahu bagaimana cara memilih payroll outsourcing service yang tepat. Simak di sini, ya!
payroll outsourcing service

Kamu tertarik menggunakan jasa payroll? Jika iya, kamu harus tahu cara memilih payroll outsourcing service yang tepat.

Terkadang kamu merasa penggajian merupakan proses administratif yang sangat rumit dan terkadang bikin sakit kepala. Mulai dari memastikan karyawan dibayar tepat waktu, menghitung upah, lembur, tunjangan, pajak karyawan, dan lainnya tanpa kesalahan tentu sangat melelahkan.

Dengan payroll service, kamu bisa menyerahkan proses penggajian yang sangat rumit itu pada penyedia layanan tersebut.

Meski demikian, memilih jasa payroll tidak boleh sembarangan, lho. Kamu tidak hanya membutuhkan proses penggajian yang efisien, tetapi juga harus memastikan data perusahaan dan karyawan benar-benar aman dan terlindungi di pihak ketiga. 

Nah, artikel berikut ini akan memberikan kamu ulasan bagaimana cara memilih jasa payroll yang tepat.

Cara Memilih Payroll Outsourcing Service yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih jasa payroll.

Sistem perhitungan komprehensif

Sistem penggajian melibatkan banyak komponen di dalamnya. Tentu saja kamu tidak mau proses ini dikerjakan secara tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, jasa payroll yang menawarkan perhitungan komprehensif bisa jadi kamu. Sistem hitung yang menyeluruh ini bisa memberikan hasil yang akurat dan minim kesalahan. Selain itu, layanan ini juga jauh lebih cepat dan efisien.

Menawarkan perlindungan data klien

Bagian terpenting lainnya yaitu, soal keamanan dan kerahasiaan data klien. Dalam payroll outsourcing service, data perusahaan kamu akan dikelola dan disimpan secara eksternal.

Ini artinya, kamu harus memastikan bahwa data karyawan, gaji, BPJS, pajak dan lainnya terlindungi. 

Up-to-date terhadap regulasi pemerintah

Penggajian merupakan pekerjaan rumit yang tidak hanya melibatkan banyak komponen. Tetapi, juga harus mengikuti peraturan pemerintah yang berlaku saat ini.

Regulasi ketenagakerjaan di Indonesia terus berubah dari waktu ke waktu. Hal ini mungkin akan membuatmu pusing. Apalagi, jika perusahaanmu merupakan asing yang baru beroperasi di Indonesia. Oleh sebab itu, memilih jasa outsourcing yang up-to-date terhadap ketentuan hukum terbaru merupakan solusi tepat.

Layanan payroll lengkap

payroll outsourcing service

Kamu juga perlu memastikan cakupan layanan kelola penggajian yang ditawarkan. Jadi, payroll outsourcing services yang lengkap seharusnya bisa melakukan tugas sebagai berikut:

#1 Menghitung gaji dan membuat slip gaji

Kamu harus memastikan bahwa payroll outsourcing service tersebut bisa menghitung dengan akurat remunerasi karyawan. Mulai dari komponen gaji, tunjangan, lembur, bonus, THR, sampai dengan potongan pajak tertentu.

Selain itu juga, jasa payroll seharusnya juga menyediakan slip gaji karyawan secara online sebagai bukti dari pembayaran upah karyawan.

#2 Mengelola dan menghitung asuransi sosial BPJS

Jasa payroll tersebut juga perlu menyediakan perhitungan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan asuransi wajib di Indonesia. Ini terkait dengan seberapa besar tunjangan yang harus diberikan perusahaan dan iuran yang dipotong dari gaji karyawan sebagai premi jaminan kesehatan dan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bukan hanya itu saja, layanan payroll seharusnya juga bisa menangani pendaftaran kepesertaan BPJS karyawanmu.

#3 Menghitung pajak penghasilan (PPh) karyawan

Menghitung pajak penghasilan (PPh) karyawan merupakan bagian sulit dari proses penggajian, bukan?

Pastikan penyedia jasa payroll kamu mengerti UU Pajak Penghasilan beserta aturan terkait dan menerapkan ketentuannya dalam perhitungan PPh 21 dan PPh 26.

#4 Menyediakan layanan administrasi kehadiran

Kehadiran dapat mempengaruhi perhitungan gaji karyawan. Misalnya, apabila perusahaan memberikan tunjangan kehadiran, maka data kehadiran karyawan sangat dibutuhkan.

Begitu juga dengan lembur. Data jam kerja lembur juga penting untuk perhitungan upahnya. Oleh karena itu, pilihlah payroll outsourcing service yang dapat mengelola data kehadiran karyawan.

#5 Menyediakan layanan konsultasi  

Jasa payroll yang menyediakan konsultasi gratis bagi klien punya nilai plus. Dalam kondisi tertentu, perusahaan kamu mungkin membutuhkan konsultasi masalah administrasi SDM.

Misalnya, jika ingin mengakhiri hubungan kerja karyawan PKWT dan PKWTT, layanan outsourcing kamu bisa memberikan saran tentang prosedur dan hak yang wajib dibayarkan kepada karyawan berdasarkan aturan ketenagakerjaan Indonesia.

Paket lengkap layanan di atas bisa kamu temukan dengan menggunakan payroll service GajiGesa, lho. GajiGesa siap membantu kamu dalam proses penggajian yang rumit tersebut.

Yuk, nggak usah pikir panjang lagi, langsung saja gunakan payroll service GajiGesa.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!