Blog

Perusahaan Ternyata Mempunyai Peran Penting dalam Kesehatan Mental Karyawan

Perusahaan memiliki peran penting dalam kesehatan mental karyawan. Lalu bagaimana cara agar perusahaan dapat ikut berkontribusi untuk masalah kesehatan mental karyawannya?

peran perusahaan

Peran perusahaan menjadi faktor utama dalam memperhatikan kesehatan mental karyawan. 

Bekerja dari rumah memang impian kita semua bukan? Sebelum adanya pandemi Covid-19 kita tentu menginginkan hal itu. Banyak yang mengira konsep kerja work-from-home merupakan model kerja ideal yang bisa menyeimbangkan antara kehidupan kantor dan keluarga. Tapi nyatanya tidak seperti itu. Setelah hampir 2 tahun kita menjalani work-from-home, banyak orang mengeluh karena kelelahan, stres, dan bosan. Bahkan banyak yang akhirnya merasa jika bekerja dari rumah setiap hari bukanlah hal yang menyenangkan. Untuk itu peran perusahaan sangat dibutuhkan dalam memotivasi karyawan sehingga kesehatan mental karyawan tetap terjaga. Artikel berikut ini akan membahas mengenai peran perusahaan yang dapat dilakukan dalam membantu kesehatan mental karyawan

Baca juga: Menjaga Kesehatan Mental Karyawan, Apa Sih Pentingnya Bagi Perusahaan?

#1 Menyediakan akses bagi karyawan untuk berbicara masalah mentalnya.

Masalah kesehatan mental sampai saat ini masih dianggap tabu oleh sebagian masyarakat. Karena stigma yang masih melekat pada masalah kesehatan mental membuat karyawan enggan untuk mencari bantuan. Sehingga tidak sedikit dari karyawan yang memilih diam ketika mereka sedang mengalami masalah tersebut. Peran perusahaan demi menjaga kesehatan mental karyawannya dapat menyediakan fasilitas berupa konseling yang membuat karyawan dapat membagikan pengalaman mereka secara terbuka. 

#2 Saling memperhatikan.

Peran perusahaan yang terpenting ialah dengan saling memperhatikan. Perusahaan harus dapat membuat lingkungan kerja yang para karyawannya didorong untuk saling memperhatikan. Apabila para karyawan melihat rekan kerja atau bahkan manajer yang tiba-tiba menunjukkan perubahan perilaku dan temperamen, cobalah lebih perhatian dengan menanyakan kepada mereka. Perhatian yang diberikan oleh perusahaan dan rekan kerja sangat membantu mereka untuk tidak cemas dan sebagai tindakan untuk mendukung kesehatan mentalnya. 

#3 Membuat ruang percakapan antara karyawan untuk berbagi keluh kesah.

Peran perusahaan dalam kesehatan mental karyawan dapat memberikan fasilitas percakapan untuk karyawan. Biarkan karyawan bersama rekan kerja mereka dapat dengan bebas mengungkapkan apa yang sedang dikhawatirkan dan dipikirkan mereka. Perusahaan dapat memberikan ruang percakapan misalnya dengan melalui zoom atau google meet. Hal ini akan menjadi ruang terbuka untuk saling memberikan solusi yang paling tepat dari lingkungan kerja. 

Baca juga: 7 Cara Manajer Dapat Mendukung Kesehatan Mental Karyawan

#4 Perusahaan harus kreatif untuk menjangkau karyawannya.

Peran perusahaan yang terakhir yaitu harus mendukung dan memotivasi karyawan yang sedang terkena Covid-19. Perusahaan dapat mencoba dengan menanyakan kabar dan apa yang mereka sedang butuhkan. Bahkan menurut Donna Ferguson psikolog di Center for Addiction and Mental Health (CAMH) mengatakan perusahaan harus dapat kreatif untuk menjangkau karyawannya misalnya dengan melalui video zoom. 

Itulah alasan pentingnya peran perusahaan dalam kesehatan mental karyawan dan apa saja yang bisa dilakukannya. 

Simak juga:

https://gajigesa.com/inspirasi/jenis-masalah-mental/

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!