Blog

Waspada! Ini 5 Solusi Agar Terhindar dari Pinjaman Online Ilegal

Menggunakan jasa pinjaman online ilegal lebih banyak memberikan dampak buruk daripada dampak positif. Berikut solusi jika kamu ingin menghindarinya!

pinjaman online ilegal

Pinjaman online ilegal telah memberikan dampak buruk pada perekonomian masyarakat. 

Akibat dari digitalisasi yang semakin berkembang menyebabkan maraknya perusahaan penyedia jasa pinjaman online atau yang sering disebut dengan pinjol. Akan tetapi, saat ini banyak sekali jasa pinjol yang masih ilegal. Jasa pinjol ilegal ini sangat berbahaya karena sistem mereka yang memberikan bunga dan biaya administrasi yang tinggi, tenor pinjaman yang singkat, serta rawan digunakan dan disebar data pribadi. Sedangkan banyak masyarakat yang terjerat pinjol akibat dari kurangnya pemahaman yang menyebabkan malah makin memperburuk kondisi finansial mereka. Untuk itu artikel berikut akan memberikan solusi agar terhindar dari pinjaman online ilegal.

Baca juga: Wah, Ini 5 Manfaat Jika Perusahaanmu Menyediakan Akses Gaji Fleksibel

#1 Jika ingin menggunakan pinjaman online pastikan gunakan aplikasi yang terdaftar OJK

Tips pertama untuk menghindari pinjaman online ilegal kamu dapat menggunakan aplikasi pinjol yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari pinjol yang merugikan. Jika aplikasi pinjol yang ingin dipakai tidak terdaftar dalam OJK, alangkah baiknya untuk mengurungkan niat untuk melakukan pinjaman tersebut.

#2 Cek legalitas dan rekam jejak digital

Agar tidak terjerat dari pinjaman online ilegal, cobalah untuk memeriksa terlebih dahulu legalitas dan rekam jejak digital perusahaan tersebut. Hal ini untuk memastikan alamat kantor atau pengurus yang jelas. Kalian juga dapat melakukan perbandingan terhadap perusahaan pinjol untuk mencari tahu perusahaan pinjol yang ingin digunakan sudah jelas legalitasnya atau belum.

Baca juga: Bangun Kesehatan Finansial Karyawan dengan Akses Gaji Fleksibel

#3 Hindari pinjaman dengan nominal yang besar 

Biasanya jasa pinjaman online ilegal suka memberikan penawaran menarik bagi kalian yang ingin meminjam dana dengan nominal yang besar. Banyak orang yang tergoda dengan tawaran menarik ini, apalagi jika proses cair dana pinjaman tersebut memang cukup mudah dan terbilang cepat. Lebih baik, kalian menghindari pinjaman dengan nominal yang besar. Dan juga harus lebih teliti dan menghindari dengan bunga besar yang akan membebani diri kalian di kemudian hari.

#4 Waspada terhadap pencurian data pribadi

Saat melakukan pinjaman online, kalian akan diminta untuk mengisi data diri pribadi yang berhubungan dengan pinjaman. Sebaiknya, kalian menghindari persyaratan pinjaman online yang meminta izin untuk mengakses device, meminta foto kartu atm, sampai foto selfie dengan memegang kartu identitas.

Baca juga: Catat! 5 Benefit Karyawan Paling Pas di Masa Sekarang

#5 Daftarkan perusahaan kamu ke GajiGesa

Solusi paling aman untuk menghindari pinjaman online ilegal ialah dengan mendaftarkan perusahaan ke GajiGesa. GajiGesa merupakan perusahaan yang memberikan manfaat akses gaji fleksibel atau earned wage access (EWA). Akses gaji fleksibel ini akan memberikan banyak manfaat bagi karyawan, yang di mana karyawan dapat menarik gaji mereka setiap hari secara prorata. Tapi, yang perlu kalian ingat earned wage access ini tidak sama dengan pinjol. Karena, uang yang mereka tarik adalah gaji secara prorata. Tertarik untuk menggunakan akses gaji fleksibel ini? Yuk, daftarkan perusahaan kamu untuk bergabung bersama kami. 

Demikian solusi yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari pinjaman online ilegal. 

Sumber: Liputan6

Simak juga:

virtual meeting

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!