Resources

Wah, Ini 5 Manfaat Jika Perusahaanmu Menyediakan Akses Gaji Fleksibel

Banyak manfaat yang bisa didapatkan bagi perusahaan dan karyawan jika menerapkan akses gaji fleksibel. Simak ulasannya di artikel berikut ini!

manfaat akses gaji fleksibel

Manfaat akses gaji fleksibel akan memberikan pengaruh besar terhadap perusahaan dan karyawan. 

Ekonomi di dunia sudah berangsur pulih setelah pandemi, dan bisnis pun sudah mulai berjalan seperti biasa. Seiring dengan meningkatnya persaingan untuk merekrut dan mempertahankan karyawan. Memberikan akses gaji fleksibel dapat membuat perbedaan besar dalam menarik orang yang tepat untuk membantu dalam meningkatkan skala bisnis. Seberapa besar perbedaannya? Simak beberapa manfaat akses gaji fleksibel untuk perusahaan dan karyawan kamu.

Baca juga: Bangun Kesehatan Finansial Karyawan dengan Akses Gaji Fleksibel

#1 Akses gaji fleksibel dapat mengurangi stres finansial karyawan

Manfaat akses gaji fleksibel yang pertama yaitu dapat mengurangi stres finansial pada karyawan. Banyak para pekerja, terutama mereka yang berada di posisi kontrak kesulitan dalam mengelola pengeluaran gaji mereka. Sebuah survei PWC menemukan beberapa hal berikut:

  • Lebih dari setengah karyawan merasa stres karena berurusan dengan situasi finansial pribadi mereka.
  • 46% karyawan mengatakan bahwa masalah finansial merupakan masalah yang paling sangat membuat stres hidup mereka.
  • Lebih dari dua pertiga karyawan yang stres secara finansial karena berjuang untuk membayar tagihan mereka setiap bulan.
  • Karyawan mengatakan bahwa tekanan finansial  menyebabkan masalah dengan kesehatan mereka (28 persen), berdampak negatif pada produktivitas mereka di tempat kerja (22 persen), dan kadang-kadang menyebabkan bolos kerja atau absensi (12 persen).

Baca juga: Tingkatkan Kesehatan Karyawan dengan 5 Ide Program Berikut Ini!

Oleh karena itu, dengan memberikan akses gaji fleksibel secara signifikan dapat mengurangi tekanan finansial itu dengan membiarkan karyawan mendapatkan uang mereka. Mereka dapat mengambil gaji saat membutuhkannya tanpa harus menggunakan pemberi pinjaman atau pinjaman online yang menyebabkan membebankan suku bunga tinggi.

Sebuah laporan dari PWC juga mengatakan bahwa tekanan finansial juga dapat mempengaruhi keterlibatan serta loyalitas karyawan terhadap perusahaan. Misalnya, karyawan yang melaporkan masalah finansial mereka cenderung tidak menganggap pemilik perusahaan mereka peduli dengan kesejahteraan finansial mereka dan lebih mungkin tertarik pada perusahaan lain yang peduli dengan kesejahteraan finansial mereka.

#2 Karyawan lebih mungkin tertarik untuk bekerja pada perusahaan yang menawarkan akses gaji fleksibel

Manfaat akses gaji fleksibel yang kedua yaitu karyawan akan lebih tertarik dengan perusahaan yang menawarkan akses gaji fleksibel. Berdasarkan survei di AS, 72 persen tenaga kerja mereka menginginkan akses gaji fleksibel untuk upah mereka. Saat ini di Indonesia sudah banyak beberapa perusahaan yang menerapkan akses gaji fleksibel juga. Permintaan akses gaji fleksibel ini tentu akan memberi dampak besar pada perusahaan karena kesadaran karyawan terhadap akses gaji fleksibel sudah mulai tumbuh. Untuk itu, dengan menawarkan akses gaji fleksibel akan membuat perusahaan kamu lebih menonjol dari para pesaing.

Baca juga: Serba-serbi Employee Wellness Program yang Perlu Kamu Ketahui!

#3 Meningkatkan retensi karyawan jika perusahaan menawarkan akses gaji fleksibel

Manfaat akses gaji fleksibel yang ketiga yaitu kamu dapat meningkatkan tingkat retensi karyawan pada perusahaan. Menurut PWC, akses gaji fleksibel yang diperoleh dapat meningkatkan retensi karyawan sebesar 36%. Tentunya dengan menerapkan akses gaji fleksibel pada perusahaan kamu dapat mempertahankan karyawan dan mengurangi biaya SDM dalam perekrutan.

#4 Akses gaji fleksibel meningkatkan produktivitas dan keterlibatan karyawan

Manfaat akses gaji fleksibel lainnya juga menawarkan lebih banyak manfaat langsung untuk keterlibatan dan produktivitas karyawan. Ketika membantu mengurangi stres finansial karyawan berarti karyawan tersebut menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengkhawatirkan uang mereka, sehingga meningkatkan produktivitas dan keterlibatan mereka. Akses gaji fleksibel memberikan situasi win-win bagi pengusaha maupun karyawan. Karyawan dapat mengurangi tekanan finansial, sementara perusahaan mendapatkan:

  • Menciptakan sistem gaji yang sesuai dengan budaya perusahaan yang mendukung dan memberdayakan karyawan.
  • Meningkatkan produktivitas dan moral karyawan.
  • Meningkatkan brand awareness perusahaan, sehingga membantu dalam menarik dan mempertahankan bakat yang tepat.

#5 Menerapkan akses gaji fleksibel sangat cepat, mudah, dan gratis!

Tertarik untuk bergabung bersama GajiGesa agar perusahaanmu dapat menerapkan akses gaji fleksibel? Yuk, hubungi kami.

Itulah manfaat yang akan kamu dapatkan dengan penggunaan akses gaji fleksibel.

Simak juga:

https://gajigesa.com/uang/mengurangi-stres/

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!