Resources

Profesi Menjanjikan di 2022, Apa Profesi Idamanmu Masuk di List Ini?

Mau melamar pekerjaan? Ini loh profesi menjanjikan di 2022!

Profesi Menjanjikan di 2022, Apakah Ada yang Menjadi Incaranmu?

Pandemi Covid-19 memang banyak memberikan perubahan di berbagai hal; salah satunya yaitu, dalam dunia kerja. Ada beberapa pekerjaan yang mendapatkan kerugian akibat dampak dari pandemi. Tetapi, terdapat juga beberapa pekerjaan atau profesi yang justru mengalami kenaikan minat yang pesat, lho. Yuk, simak tren profesi menjanjikan 2022 berikut ini.

Baca juga: 6 Proses Rekrutmen Ideal yang HR Perlu Ketahui

#1 Tenaga kesehatan

Akibat Covid-19 menyebabkan dunia kesehatan menjadi kekurangan tenaga kerja. Hal ini karena, menurut penelitian, lebih dari sepertiga pekerja kesehatan berpikir untuk meninggalkan profesinya tersebut. Oleh sebab itu, industri kesehatan menjadi peringkat teratas sebagai salah satu industri dengan tenaga kerja yang semakin dibutuhkan. Profesi yang menjanjikan di bidang kesehatan tidak hanya untuk dokter mau pun perawat. Lulusan dari jurusan farmasi atau kesehatan masyarakat juga memiliki peluang di bidang ini. 

#2 Teknologi dan informasi

Selain bidang kesehatan, IT merupakan salah satu bidang yang berkembang pesat selama pandemi. Banyaknya orang yang bekerja dari rumah atau kerja remote membuat kebutuhan tenaga kerja di bidang IT menjadi meningkat. Faktor lainnya yaitu, karena bertambahnya kebutuhan inovasi baru pada website, software, hingga aplikasi mobile. Beberapa bidang profesi ini yang bisa menjadi incaranmu tahun 2022 yaitu, cloud computing, software engineering, front-end atau back-end developer, mobile application development, dan cybersecurity.

Baca juga: Mau Ganti Karier? Lihat Dulu Pro dan Kontranya!

#3 Supply chain management

Apa kamu pernah mengalami panic buying? Fenomena ini memang sempat terjadi pada awal pandemi Covid-19. Hal ini menyebabkan bisnis retail dituntut untuk meningkatkan layanannya, terutama untuk layanan pesan-antar. Protokol kesehatan yang ketat tersebut membuat konsumen lebih memilih untuk memberi barang secara online daripada harus membeli secara langsung. Oleh karena itu, bidang ini membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Berikut beberapa bidang profesinya seperti, purchasing agent, logistics analyst, distribution manager, supply chain manager, dan inventory controller

#4 Manajemen finansial

Menurut Forbes, bidang manajemen keuangan akan meningkat sebesar 15 persen selama 10 tahun ke depan, lho. Manajemen finansial memang sangat diperlukan untuk memeriksa pengeluaran dan pendapatan perusahaan serta mencari cara untuk memaksimalkan keuntungan. Berikut beberapa profesinya seperti akuntan, auditor, budget analyst, financial analyst, dan financial controller.

#5 Aktuaria dan statistik

Profesi menjanjikan yang terakhir yaitu aktuaria dan statistik. Profesi bidang ini sedang mengalami pertumbuhan hampir 20 persen dengan pendapatan tertinggi mencapai Rp50 juta per bulan. Jika kamu memang memiliki minat pada data dan statistik, bidang ini dapat menjadi pilihan karier yang tepat. Berikut beberapa profesinya, seperti data scientist, business analyst, konsultan aktuaris, risk analyst, dan analis investasi.

Itulah beberapa profesi menjanjikan tahun 2022. Apa kamu merasa tidak memiliki keahlian pada bidang-bidang tersebut atau tidak sesuai dengan jurusan kuliahmu? Tidak masalah. Kamu juga dapat memulainya dengan mengikuti kelas-kelas online atau workshop dengan pengajar yang ahli di bidangnya. Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Semoga berhasil dan selamat mencoba!

 

Simak juga:

Tingkatkan Loyalitas Karyawan dengan 5 Benefit Bermanfaat Berikut!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!