Resources

Mau Ganti Karier? Lihat Dulu Pro dan Kontranya!

Kamu berencana untuk pindah karier? Hal ini yang harus dipertimbangkan untuk pindah kerja sebelum menggantinya. Simak ulasannya di artikel berikut ini!

Pertimbangan untuk pindah kerja akan mematangkan pilihan dan keputusan yang lebih baik. 

Saat awal memulai karier tentu kamu akan merasakan semangat yang menggebu-gebu dan penuh harapan untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Tapi, ternyata setelah beberapa lama menjalani karier, kamu merasa jika jalan karier kamu bukanlah di bidang yang tepat. Memang tidak semua orang ditakdirkan untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passion dan minatnya, yang kemudian dapat bertahan lama di satu perusahaan. 

Baca juga: Ingin Menghentikan Karyawanmu Agar Tidak Resign? Simak Tipsnya di Sini!

Hal ini terjadi karena seseorang makin mengenali minat dirinya selama berkarier, adanya pergeseran tren karier, atau memang sudah merasa buntu di jalur karier yang sekarang. Sehingga ia memilih pindah jalur karier yang sudah bukan hal aneh untuk dilakukan. Tentunya setiap keputusan memiliki pro dan kontranya. Berikut pertimbangan untuk pindah kerja yang harus kamu pikirkan terlebih dahulu jika ingin melakukannya. 

#1 Mengembangkan diri

Pertimbangan untuk pindah kerja kamu harus dapat mengembangkan diri. Dengan mengganti karier yang berbeda dari pekerjaan sebelumnya akan memerlukan penyesuaian lebih lama. Salah satunya yaitu menyesuaikan dengan kemampuan yang harus dimiliki. Jika sebelumnya kamu bekerja sebagai auditor tentu akan berbeda kemampuan yang digunakan dalam pekerjaan ketika ingin menjadi seorang content writer. Oleh karena itu diperlukan mempelajari hal baru untuk dapat mengembangkan diri. Hal ini tentunya baik bagi diri kamu karena kamu dapat menambah skill yang dimiliki. 

#2 Peningkatan upah

Selanjutnya pertimbangan untuk pindah kerja yaitu peningkatan upah. Ketika kamu mengganti karier dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain tentu akan berdampak pada upah yang akan kamu dapatkan. Misalnya, jika kamu merasa pekerjaan kamu saat ini kurang mendapatkan bayaran yang pantas. Kamu dapat mencoba untuk berpindah karier agar mendapatkan bayaran yang lebih baik. Apalagi jika kamu berpindah ke pekerjaan yang demand-nya tinggi dari rekruter, tetapi belum banyak yang mampu untuk mengerjakannya. 

Baca juga: Apa Itu Employee Engagement? Berikut Ide Kreatif untuk Meningkatkannya!

#3 Menyesuaikan industri

Ketika kamu mengganti karier, tentu akan lebih mudah untuk menyesuaikan industri. Hal ini terjadi karena ketatnya persaingan dalam pekerjaan. Sehingga membutuhkan orang yang memiliki skill di atas rata-rata. 

#4 Butuh waktu lebih untuk belajar

Pertimbangan untuk pindah kerja yaitu mengharuskan kamu memiliki waktu lebih untuk belajar. Sebab dengan adanya perubahan karier tersebut menuntut kamu untuk mempelajari kemampuan baru yang dibutuhkan. Oleh karena itu, tentu memerlukan waktu yang tidak singkat, serta membutuhkan usaha lebih. Hal ini akan berpotensi menghambat kinerjamu saat ini. Apakah kamu sudah siap?

#5 Kemampuan kurang mendalam

Sering berganti karier memang akan membuat pengetahuanmu semakin banyak. Tetapi kamu tidak dapat memahaminya secara mendalam. Oleh sebab itu, maka akan membuat karier yang kamu miliki hanya akan berada pada level yang sama. Kecuali jika kamu pada akhirnya akan memutuskan untuk mendalami satu bidang saja. 

#6 Terlihat tidak konsisten

Pertimbangan untuk pindah kerja selanjutnya yaitu akan membuat diri kamu terlihat tidak konsisten. Tentunya hal ini akan berdampak merugikan kamu saat melamar pekerjaan. Rekruter akan berpikir bahwa kamu tidak memiliki minat untuk bertahan lama di perusahaan tersebut, karena sering kali berganti pekerjaan. 

Itu lah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat ingin mengganti karier. Jangan sampai pergantian karier justru membuat lebih tidak berkembang. 

 

Sumber: Glints

Simak juga:

https://gajigesa.com/karier/perubahan-karier/