Resources

Serba-serbi Employee Wellness Program yang Perlu Kamu Ketahui!

Serba-serbi yang perlu kamu ketahui mengenai program employee wellness. Simak ulasannya di artikel berikut!

program employee wellness

Program employee wellness menjadi salah satu cara bagi perusahaan untuk menjaga kesehatan karyawan agar dapat bekerja lebih baik. 

Karyawan merupakan aset perusahaan yang paling penting. Oleh karena itu, perusahaan harus selalu berupaya untuk mengelola karyawan dengan efektif. Perusahaan harus menjaga produktivitas karyawan, sehingga karyawan dapat memberikan kontribusi yang terbaik untuk memajukan perusahaan. Salah satu upaya yang dapat perusahaan berikan adalah dengan memperhatikan kesehatan karyawan melalui program employee wellness. Apa sih program employee wellness itu? 

Baca juga: 8 Indikator Ini Menentukan Tingkat Kepuasan Kerja Karyawan, Sudah Cek?

Program employee wellness atau program kesehatan karyawan merupakan bentuk manfaat kesehatan yang diberikan oleh perusahaan. Sedangkan definisinya adalah program yang dibuat oleh perusahaan dalam rangka membantu karyawan untuk menerapkan pola gaya hidup sehat. Seperti memberikan berbagai edukasi, benefit non tunai, jaminan kesehatan, dan lain sebagainya. Tujuan hal tersebut diberikan adalah agar karyawan dapat sehat secara fisik, psikis, mental maupun sosial, sehingga mampu bekerja lebih produktif dan terhindar dari kemungkinan yang dapat mengurangi produktivitas dan kinerja karyawan. Misalnya, stres dan kelelahan karena pekerjaan atau karena lingkungan kerja yang sudah tidak sehat. 

Jenis Layanan yang Dapat Diberikan Perusahaan 

Perusahaan saat ini sudah banyak yang mulai sadar bahwa betapa pentingnya investasi kesehatan karyawan melalui program employee wellness. Karena kesehatan karyawan merupakan faktor yang paling penting dari produktivitas. Perusahaan yang sukses karena memiliki karyawan yang produktif dan performanya bagus. Berikut berbagai jenis program kesehatan yang dibentuk untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas kerja karyawan. Biasanya program employee wellness diberikan bukan berbentuk tunai. Seperti, membuat kelas yoga, gym center di kantor, makan siang sehat, klaim medis, senam untuk ibu hamil bagi karyawan wanita, jogging bersama, dan senam bersama. 

Baca juga: 7 Cara Manajer Dapat Mendukung Kesehatan Mental Karyawan

Banyak manfaat yang dapat dirasakan karyawan dan perusahaan jika program tersebut dapat diterapkan dengan baik. Manfaatnya bagi karyawan dapat dirasakan langsung seperti tubuh menjadi lebih sehat dan bugar, sehingga dapat bekerja lebih rajin, positif, dan produktif. 

Manfaat Program Employee Wellness bagi Perusahaan

Berikut 5 manfaat bagi perusahaan jika berinvestasi pada program employee wellness

#1 Meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Kamu harus tahu, salah satu penentu baik atau tidaknya produktivitas dari suatu perusahaan ditentukan oleh kesehatan karyawannya. Karyawan akan dapat bekerja lebih produktif apabila kesehatannya baik dan terjaga. Jika perusahaan mampu menerapkan berbagai program employee wellness yang dapat membuat karyawan menerapkan pola hidup sehat, maka akan membuat kondisi fisik karyawan sehat sehingga dapat menjadi lebih fokus serta termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaannya dengan lebih baik.

#2 Meningkatkan engagement karyawan

Engagement karyawan di perusahaan kurang baik? Dengan menerapkan program kesehatan ini kamu akan dapat meningkatkan engagement karyawan. Karena engagement karyawan akan tumbuh dengan baik apabila hubungan antara karyawan dengan perusahaan terjalin dengan erat. Dengan menjalankan berbagai program bersama seperti senam, makan siang sehat bersama, dan kegiatan bersama lainnya akan meningkatkan engagement karyawan. Tentunya hal ini akan memiliki hubungan yang baik dan positif sehingga kinerja tim menjadi lebih optimal. Selain itu, karena program yang diberikan oleh perusahaan, karyawan tidak akan segan memberikan referrals ke orang lain mengenai perusahaannya dan juga secara tidak langsung akan meningkatkan brand-awareness perusahaan di depan publik.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Tim Lebih Produktif? Gunakan RACI Matrix Ini!

#3 Meningkatkan retensi karyawan

Program kesehatan ini akan memberikan nilai berkesan bagi karyawan. Sehingga karyawan akan merasa nyaman untuk tetap terus bekerja di perusahaan. Hal ini secara langsung akan menekan tingkat turnover dan meningkatkan retensi serta loyalitas karyawan. Perusahaan pun jadi tidak perlu membuang waktu untuk melakukan perekrutan ulang.

#4 Meningkatkan kemampuan kognitif dan moral karyawan

Dengan menjalankan program employee wellness akan membantu karyawan untuk dapat berpikir lebih sehat dan positif. Secara tidak langsung, jika karyawan berpikir lebih positif akan meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Karyawan pun akan mudah dalam pengambilan keputusan yang lebih baik. Dengan demikian, budaya dan lingkungan perusahaan akan menjadi baik dan juga moral karyawan dapat tetap terus terjaga.

#5 Menurunkan faktor penyebab penyakit

Melalui program kesehatan karyawan ini, perusahaan secara tidak langsung membantu karyawan menekan berbagai faktor yang memungkinkan menjadi penyebab penyakit. Misalnya stres, kelelahan, depresi, dan lainnya.

Penting bagi perusahaan untuk menerapkan program employee wellness sebagai bagian dari strategi bisnis. Tidak hanya memberikan manfaat bagi karyawan, perusahaan juga akan mendapatkan manfaat serta dampak positif dari investasi program tersebut. 

Itulah manfaat yang didapatkan bagi perusahaan maupun karyawan dari program employes wellness.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!