Resources

Tertarik Investasi Emas? Ikuti 5 Cara Mudah untuk Pemula

Tertarik untuk memulai investasi emas? Begini tips investasi emas yang harus kamu ketahui!

Memahami tips investasi emas bagi pemula akan meningkatkan keuntungan dalam investasi. 

Kamu tertarik untuk berinvestasi emas? Jika iya, coba cek terlebih dahulu harga emas hari ini.

Jika kamu saat ini sudah memiliki penghasilan tetap dan masih aktif bekerja, alangkah baiknya kamu menginvestasikan sebagian uang kamu. Banyak jenis investasi yang dapat kamu lakukan, salah satunya yaitu investasi emas. Logam mulia atau emas merupakan investasi yang praktis dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Emas juga merupakan barang yang memiliki harga cenderung naik dan jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang drastis. Tapi, bagaimana cara investasi emas untuk pemula? Ikuti tips investasi emas berikut ini.

Baca juga: Cara Menabung 100 Juta dalam Setahun? Yuk Bisa Yuk!

#1 Pastikan tujuan investasi emas

Tips investasi emas yang pertama kamu harus menentukan terlebih dahulu dari tujuan kamu untuk berinvestasi. Banyak hal yang dapat kamu jadikan sebagai tujuan dari investasi emas. Misalnya saja untuk menabung menikah, membeli rumah, dana pendidikan, atau bahkan investasi hari tua. Jika kamu sudah menetapkan tujuan tersebut akan membantu untuk mengetahui berapa besaran emas yang harus kamu investasikan dalam setiap bulannya. 

#2 Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Tips investasi emas selanjutnya kamu harus memantau perkembangan harga emas secara berkala. Banyak situs-situs internet yang dapat kamu lihat untuk memantau harga emas, atau jika kamu ingin membeli emas batangan dapat langsung menggunakan situs resmi seperti logammulia.com. Tujuan dari memantau perkembangan harga emas ini akan menguntungkan kamu jika kamu ingin membeli saat harga emas sedang mengalami penurunan. Atau kamu dapat menjual emas jika harga emas sedang mengalami kenaikan. 

Baca juga: 3 Cara Mengelola Keuangan agar Terhindar dari Stres

#3 Beli emas di tempat yang terpercaya

Tips investasi emas selanjutnya ialah mengetahui tempat pembelian emas yang terpercaya. Jika kamu tertarik untuk membeli emas batangan dapat langsung datang ke tempat-tempat yang menjual secara resmi atau mengunjungi website seperti logammulia.com. Kamu juga harus memastikan saat membeli emas harus terdapat surat-surat dan sertifikatnya. 

#4 Tempat penyimpanan emas yang aman

Tips investasi emas selanjutnya ialah memperhatikan tempat penyimpanan emas. Kamu dapat menyimpan emas di dalam brankas atau safety box. Untuk lebih aman kamu dapat menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank.

Baca juga: Harus Dihindari! 10 Kebiasaan Buruk dalam Mengatur Keuangan

#5 Fokus masa depan

Tips investasi emas yang terakhir kamu harus fokus akan masa depan. Kamu harus mengetahui bahwa investasi tersebut merupakan tabungan untuk masa depan baik itu jangka pendek maupun jangka panjang. Jadi saat melakukan investasi, harus sabar dalam melihat hasilnya. Karena investasi emas baru terasa hasilnya setelah 5-10 tahun mendatang. 

Itulah yang perlu kamu ketahui sebelum memulai berinvestasi emas. 

 

Sumber: CIMB Niaga

Simak juga:

https://gajigesa.com/uang/tips-mengelola-keuangan-perempuan/