Resources

Perbedaan Trading vs Investasi, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Tren investasi dan trading sedang diminati oleh masyarakat. Jika kamu tertarik, ketahui dulu perbedaan trading vs investasi berikut ini.
trading vs investasi

Hingga kini, masih banyak orang yang belum bisa membedakan trading vs investasi. Padahal, kedua hal tersebut sejatinya cukup berbeda.

Akibatnya, tak sedikit jumlah investor pemula yang salah menerapkan strategi dan merasakan kerugian. Bahkan, kebanyakan orang kerap mempertanyakan keuntungan dari trading dan investasi. 

Kenyataannya, keuntungan investasi tidak dapat dirasakan secara instan. Jadi, kedua konsep ini pun juga sama-sama memiliki plus dan minusnya masing-masing.

Nah, supaya kamu bisa memahami keuntungan dari trading dan investasi, berikut adalah pemaparan mengenai definisi dan perbedaannya. Yuk, disimak!

Pengertian Trading vs Investasi

trading vs investasi

Sebelum mencari tahu keuntungan di antara trading vs investasi, ketahui dulu pengertian dari kedua konsep tersebut.

Trading adalah penanaman dana untuk memperoleh keuntungan dengan cara memanfaatkan perubahan harga dalam jangka waktu singkat. 

D sisi lain, investasi adalah penggunaan dana oleh investor untuk mengumpulkan aset dan mendapatkan keuntungan di masa depan.

Dari kedua pengertian tersebut, tentu kamu sudah memiliki gambaran mengenai keuntungan yang akan diperoleh. 

Perbedaan Trading vs Investasi

trading vs investasi

Agar dapat menentukan keuntungan dari keduanya, berikut ini adalah perbedaan trading vs investasi yang wajib diketahui oleh pemula.

1. Prinsip

Prinsip investasi adalah buy and hold. Artinya, investor menggelontorkan dananya untuk membeli perusahaan yang sehat. Maka dari itu, investor tidak terlalu memikirkan perubahan harga.

Sementara itu, prinsip trading merupakan buy and sell. Dalam arti, seorang trader mengeluarkan dana untuk membeli saham perusahaan saat harganya berpotensi naik dalam waktu dekat.

Jadi, trader lebih memfokuskan diri mereka pada perubahan harga. 

2. Strategi

Hal lain yang membedakan trading vs investasi adalah strategi.

Strategi para investor adalah untuk membeli saham perusahaan dengan fundamental yang baik dan jelas.

Namun, strategi seorang trader ialah membeli saham yang berpotensi naik dalam waktu dekat. 

3. Jangka Waktu

Periode yang dibutuhkan untuk berinvestasi adalah jangka panjang. Sehingga kamu tidak perlu menunggu perubahan harga. 

Di sisi lain, periode yang dibutuhkan untuk trading adalah jangka pendek. Hal tersebut disebabkan oleh harga saham perusahaan yang cenderung dinamis. 

Keuntungan Trading vs Investasi

Pada dasarnya, trading dan investasi memiliki keuntungannya masing-masing. Keduanya juga memiliki plus dan minus.

Namun, semuanya kembali lagi pada preferensimu dalam memilih jenis investasi. Perbedaan di atas dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih keduanya.

Berdasarkan perbedaan keduanya, trading dan investasi memiliki jangka waktu yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak hanya itu, kamu juga perlu melihat dari segi risikonya. Apakah sesuai dengan prinsip dan sumber dayamu atau tidak?

Bagaimana? Sudah memilih antara trading dan investasi? Hal yang perlu diingat adalah jangan hanya berfokus pada keuntungan, tetapi, juga risiko, serta tantangannya.

Semoga artikel ini dapat membantumu dalam membuat keputusan yang tepat, ya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!