Blog

Ketahui Waktu Pencairan THR Serta Cara & 5 Cara Mengelolanya

waktu pencairan thr

Siapa nih, yang lagi menunggu-nunggu THR? Kapan ya, waktu pencairan THR tersebut?

Setiap tahun, pegawai swasta atau PNS umumnya akan menerima tunjangan hari raya (THR). Jadwal pencairan THR tersebut biasanya diberikan beberapa minggu sebelum Idulfitri.

Untuk kamu, yang bertanya-tanya kapan waktu pencairan THR tiba, yuk simak ulasannya di artikel berikut ini. Selain itu, artikel berikut ini juga akan memberikan kamu informasi tentang cara mengelola THR, lho.

Waktu Pencairan THR

waktu pencairan thr

Waktu pencairan THR tahun ini, akan diberikan paling lambat oleh perusahaan seminggu sebelum hari raya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kamu mulai membuat rencana pengelolaan uang THR.

Jangan sampai kamu tidak mengelolanya dengan benar dan malah habis untuk hal yang tidak penting.

THR merupakan tunjangan yang hanya diberikan setahun sekali saja. Sehingga, tidak sedikit orang yang menganggap sebagai uang kaget atau uang yang bisa digunakan sesuka hati.

Padahal penting lho, untuk mengelolanya dengan baik. Sebab, THR diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan para karyawan.

Nah, berikut ini ialah cara mengelola keuangan THR dengan baik.

#1 Membuat rencana pengeluaran hari raya

Cara pertama yaitu, dengan membuat rencana pengeluaran hari raya. Tunjangan hari raya (THR), diberikan untuk memenuhi segala kebutuhan saat hari raya yang kerap melonjak. 

Namun, penting buatmu untuk bisa menyisihkannya dan tetap memberikan zakat dan sedekah. Sebab, zakat ini hukumnya wajib di agama Islam.

Setelah itu, kamu bisa membuat daftar apa saja yang perlu dibeli. Misalnya, seperti makanan, kue untuk hampers, pakaian, menyisihkan uang untuk diberikan kepada orang tua atau saudara, dan lainnya.

Pastikan kamu membuat daftar keperluan yang memang sangat dibutuhkan. 

#2 Melunasi utang

Apakah kamu mempunyai utang? Sebagian uang THR tersebut bisa menjadi solusi dan cara yang tepat untuk melunasi utang.

Jika kamu sudah mengetahui waktu pencairan THR dan sudah membuat catatan kebutuhan, segera sisihkan untuk membayar utang.

Idealnya, kamu harus mengalokasikan uang THR yang diterima sebesar 30-50 persen untuk melunasi utang. 

#3 Membatasi belanja online

Cara selanjutnya yaitu, dengan membatasi belanja online. Saat menjelang hari raya, akan banyak toko yang memberikan promo menarik. Nah, kamu jangan mudah terpancing dengan promo tersebut, ya!

Berbelanja online bisa menjadi salah satu pelarian untuk menghabiskan uang THR. Oleh sebab itu, batasi berbelanja online jika barang tersebut bukanlah suatu kebutuhan.

#4 Menyisihkan uang untuk ditabung

Salah satu kesalahan dan kesulitan seseorang saat memiliki uang yaitu, menyisihkan beberapa persen dari THR untuk ditabung.

Sering kali sifat konsumtif datang dan membuat kamu sulit untuk mengendalikan pengeluaran dengan baik. Sehingga, uang yang didapatkan hanya dihabiskan untuk hal yang sia-sia.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menyisihkan minimal 10 persen dari uang THR untuk ditabung.

#5 Dana darurat

Selain menabung, kamu juga bisa mengalokasikan uang THR untuk dana darurat paling tidak 20 persen sampai 30 persen. Hal tersebut penting untuk dilakukan, sebab kamu tidak akan tahu kebutuhan darurat seperti apa yang membutuhkan sejumlah uang.

Nah, itulah informasi mengenai waktu pencairan THR dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola uang THR. Semoga bermanfaat!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!