Blog

5 Ide Merayakan Hari Batik Nasional, Bisa Tingkatkan Engagement Karyawan!

Hari Batik Nasional adalah salah satu hari besar yang selalu diperingati setiap tanggal 2 Oktober di Indonesia.

Momen spesial ini dibentuk untuk menunjukkan apresiasi sekaligus kebanggaan terhadap kekayaan budaya batik milik negara kita tercinta. 

Batik sendiri merupakan salah satu warisan budaya berharga yang dimiliki oleh Indonesia yang penuh akan keberagaman.

Di beberapa instansi, memakai batik memang sudah menjadi kewajiban. Namun, di luar hal tersebut pun makin banyak pekerja yang kini mengenakannya untuk bertugas sehari-hari.

Nah, dalam rangka merayakan salah satu produk budaya terbaik Indonesia ini, perusahaan bisa lho mengadakan beberapa kegiatan menarik.

Tak hanya bertujuan untuk menjaga kelestarian batik, ajang apresiatif ini juga bisa meningkatkan engagement karyawan di perusahaan.

Lalu, apa saja yang dapat dilakukan perusahaan untuk memeriahkan Hari Batik Nasional bersama para karyawan? 

Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi kegiatannya dari GajiGesa. Yuk, disimak!

5 Rekomendasi Kegiatan Hari Batik Nasional

hari batik nasional

1. Mengenakan dress code batik

Seperti yang sudah GajiGesa paparkan, tak sedikit perusahaan yang kini mewajibkan karyawannya untuk memakai batik setidaknya sekali seminggu.

Nah, jika perusahaanmu belum menerapkan aturan ini, ajak karyawan untuk tampil dengan batik terbaiknya sebagai ajang merayakan hari Batik Nasional.

Kegiatan memakai batik ke kantor ini mungkin terlihat sederhana, tapi sejatinya sangat bermakna karena dapat meningkatkan rasa bangga kita terhadap warisan budaya Indonesia. 

Namun, untuk membuat ajang ini lebih menarik, perusahaan bisa memberikan hadiah kepada seluruh karyawan yang sudah tampil dengan busana batik terbaiknya.

Salah satu contoh rekomendasi hadiah yang bisa diberikan perusahaan ke karyawan, yaitu benefit tambahan seperti Earned Wage Access (EWA) GajiGesa.

Sesuai namanya, layanan ini menyediakan akses bagi karyawan untuk menarik gaji mereka secara fleksibel atau lebih awal. 

Sehingga, EWA bisa dijadikan sebagai alternatif ketika karyawan harus memenuhi kebutuhan di tengah bulan.

Tidak hanya itu, akses gaji fleksibel atau EWA juga bisa membantu dalam meningkatkan kesejahteraan finansial karyawan. 

Mengapa demikian? Sebab, tujuan utama dari layanan ini adalah supaya mereka bisa mengambil gajinya dalam keadaan mendesak. 

Alhasil, karyawan tidak akan lagi merasa stres tentang tagihan yang tertunda dengan manfaat kesehatan finansial karyawan ini.

Kehadiran EWA pun tak hanya bermanfaat untuk karyawan. Perusahaan sendiri bisa merasakan berbagai dampak positif.

Sebagai contoh, dikarenakan kesejahteraan finansial mereka sudah terjamin, karyawan cenderung akan merasa dihargai dan lebih termotivasi. Alhasil, kualitas kerja akan meningkat dan hasil yang mereka berikan akan menjadi lebih optimal.

Menarik bukan? Nah, layanan EWA kami hanya bisa digunakan jika perusahaanmu sudah bekerja sama dengan GajiGesa.

Maka dari itu, jangan sampai ketinggalan. Yuk, segera isi formulir di bawah artikel ini dan rekomendasikan perusahaanmu pada kami sekarang juga!

2. Fashion show batik

Mengadakan fashion show sederhana juga bisa menjadi cara yang asyik merayakan hari batik di kantor. 

Acara satu ini sudah pasti meriah. Sebab, karyawan akan berlomba dan suasana di kantor bakal makin ramai.

Akan tetapi, untuk menghindari gangguan terhadap pekerjaan, peragaan busana ini dapat dilakukan pada jam istirahat dengan durasi sekitar satu jam di area kantor. 

Setiap divisi dapat memilih perwakilan untuk tampil mengenakan busana batik paling modis, dan perwakilan tersebut akan didandani layaknya model profesional.

3. Kunjungan ke museum atau kampung batik

Selain mengenakan batik, perusahaan yang memiliki waktu dan anggaran lebih bisa mengadakan kunjungan ke museum yang memiliki koleksi batik, seperti Museum Batik di Pekalongan. 

Museum ini memiliki lebih dari 1000 koleksi batik dan alat tenun tradisional. 

Tak hanya museum, perusahaan juga bisa mengunjungi kampung batik, seperti Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Semarang, atau Kampung Batik Giriloyo.

Ajang ini bisa menjadi momen penuh apresiasi bagi seluruh staf perusahaan terhadap produk Indonesia sambil membangun keakraban dalam sesi team building ringan.

4. Workshop Membantik

Kegiatan workshop membatik dapat dilakukan bersamaan dengan kunjungan ke kampung batik.

Selain melihat dan belajar tentang batik, karyawan juga bisa merasakan pengalaman langsung membuat batik bersama pengrajin lokal.

5. Lomba Foto

Kegiatan lain yang juga bisa dilakukan dalam merayakan hari batik, yaitu dengan memanfaatkan media sosial.

Perusahaan bisa mengadakan kontes foto di mana karyawan mengunggah foto mereka mengenakan batik dengan konsep yang kreatif dan artistik. 

Setiap postingan juga harus dilengkapi dengan caption yang berhubungan dengan batik. 

Penilaian bisa didasarkan pada jumlah like, komentar, atau kriteria lainnya.

Hubungi Kami