Resources

Apa Itu Employee Engagement? Berikut Ide Kreatif untuk Meningkatkannya!

Suksesnya suatu perusahaan tergantung pada kinerja karyawannya. Salah satu hal yang bisa menjadi kunci sukses adalah apa yang disebut dengan employee engagement. Apa itu employee engagement? dan bagaimana cara untuk meningkatkan employee engagement? Simak tipsnya di artikel berikut ini!

apa itu employee engagement

Jika kamu ingin membuat mutu dan kinerja karyawan menjadi lebih optimal, kamu bisa dengan meningkatkan employee engagement. Lalu apa itu employee engagement dan bagaimana caranya?

Beberapa perusahaan mungkin sudah menerapkan employee engagement dengan tujuan meningkatkan mutu dan kinerja karyawan agar menjadi lebih optimal. Lalu, apa itu employee engagement? Employee engagement didefinisikan sebagai tingkat di mana karyawan termotivasi, bersemangat dan berinvestasi oleh pekerjaan yang mereka lakukan. Hal itu juga menunjukkan komitmen individu terhadap perusahaan dan hubungan emosional mereka dengan orang-orang yang bekerja dengan mereka.

Baca juga: Para Employer, Ini 10 Cara Meningkatkan Motivasi Kerja Karyawan di Kantor!

Employee engagement sering disalahpahami sebagai bukti kepuasan kerja. Meskipun kedua konsep terkait,  tapi employee engagement jauh lebih rumit karena dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti lokasi, budaya dan karakteristik individu. Faktor-faktor ini bervariasi dan rentan dari waktu ke waktu. Itulah sebabnya, mengukur terlebih dahulu sangat penting untuk tetap up to date dengan kebutuhan staf. 

Begitu banyak kegiatan kreatif yang bisa dilakukan oleh perusahaan demi kepentingan employee engagement. Dampak positif dari melakukan kegiatan-kegiatan kreatif ialah karyawan akan lebih berkomitmen dan termotivasi dalam melakukan pekerjaanya. Berikut inspirasi ide kreatif yang dapat kamu lakukan bersama karyawan.

#1 Sesi tanya-jawab tentang pemimpin perusahaan

Mengadakan sesi tanya-jawab dengan banyak karyawan mengenai profil pemimpin perusahaan bisa meningkatkan employee engagement. Hal ini akan memperlancar komunikasi antar karyawan dan pemimpin perusahaan serta menambah keberanian untuk memberikan solusi atau saran.

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan Umum Ini Ketika Virtual Meeting Saat WFH!

#2 Mengadakan kelas kebugaran mental dan meditasi

Rutinitas kerja yang dilakukan oleh karyawan akan memberikan rasa jenuh dan membosankan. Meningkatkan employee engagement bisa dengan mengadakan kelas kebugaran mental dan meditasi baik secara online maupun offline, karyawan bisa melepas kejenuhannya dan merasa lebih bugar untuk melakukan pekerjaan.

#3 Pertunjukan hidden talent

Mengadakan sesi bersama-sama dengan tema yang unik seperti pertunjukan hidden talent akan memberikan suasana positif pekerjaan. Karyawan juga bisa saling mengenal satu sama lain melalui bakat yang tidak pernah diketahuinya. Terlebih dengan bakat-bakat yang tidak terduga akan menciptakan suasana yang ceria sangat efektif dalam meningkatkan employee engagement

#4 Tantangan karaoke

Di akhir pekan, kamu bersama rekan kerja bisa mengadakan tantangan untuk bernyanyi di karaoke. Hal ini membuat karyawan agar tidak terlalu memikirkan pekerjaan dan mencari suasana yang menyenangkan di luar beban kerja. Tapi dengan keadaan sekarang, mungkin kamu bisa berinovasi melakukan karaoke bersama secara online.

Jadi, employee engagement ialah sebuah bentuk loyalitas karyawan kepada profesi dan perusahaannya. Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan employee engagement, agar kinerja karyawan semakin meningkat.

Simak juga:

cara merekrut karyawan baru

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!