Resources

Bagaimana Cara EWA Membantu Kesehatan Mental Karyawan? Ini Penjelasannya!

Bagaimana cara EWA membantu kesehatan mental karyawan? Cari tahu informasi selengkapnya di sini.
cara ewa membantu kesehatan mental

Sejatinya, kesehatan mental yang terjaga merupakan salah satu benefit dari earned wage access. Namun, hingga kini masih banyak orang yang mempertanyakan bagaimana cara EWA bisa membantu kesehatan mental karyawan.

Bagi kamu yang belum tahu, kesejahteraan pegawai sudah menjadi tanggung jawab utama dari setiap perusahaan.

Sebab, apabila karyawan merasa sejahtera, tingkat produktivitas badan usaha akan meningkat secara drastis. Karyawan pun bakal merasa lebih dihargai dan kualitas kerjanya bisa membaik. 

Untuk memenuhi keperluan tersebut, perusahaan tentu memerlukan tool mumpuni dan bukan sekadar rencana.

Nah, solusi atas kebutuhan ini adalah earned wage access yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan mental pegawai.

Meskipun demikian, apa yang membuat layanan tersebut dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan mental karyawan?

Apakah ia benar-benar dibutuhkan oleh para pengusaha untuk mendorong kualitas kerja serta kesejahteraan pegawainya?

Agar lebih jelas, yuk, simak ulasan lengkap mengenai cara EWA meningkatkan kesehatan mental karyawan di bawah ini!

Cara Kerja EWA

cara ewa membantu kesehatan mental

Sebelum membahas bagaimana cara EWA membantu kesehatan mental karyawan, kamu perlu memahami cara kerjanya terlebih dahulu.

Pada dasarnya, kesejahteraan karyawan tidak lepas dari peran kesehatan finansial. Dalam arti, kondisi keuangan yang buruk bisa berimbas pada kebugaran mental mereka.

Kedua aspek tersebut telah menjadi fokus utama sekarang ini, di mana layanan pinjaman online marak dimanfaatkan pekerja.

Nah, earned wage access (EWA) hadir sebagai solusi perusahaan untuk mengatasi masalah finansial karyawan.

EWA sendiri merupakan akses gaji fleksibel yang dapat memudahkan karyawan untuk menarik gajinya sebelum tanggal gajian tiba.

Cara kerja layanan ini adalah dengan menghitung gaji prorata karyawan, atau penghasilan yang didapatkan mereka dalam satu hari.

Nantinya, karyawan dapat mengakses gaji kapan saja sesuai dengan jumlah yang telah ia hasilkan dalam beberapa hari kerja.

Berdasarkan cara kerja EWA tersebut, beban finansial karyawan secara langsung bisa berkurang dan perusahaan dapat memenuhi aspek kesejahteraan karyawan dari segi kesehatan keuangan serta mental.

Keuntungan lainnya adalah bahwa karyawan didorng untuk menjadi lebih bijak dalam mengatur keuangan. Sebab, layanan EWA memungkinkan mereka untuk gaji secara penuh.

Cara EWA Membantu Kesehatan Mental Karyawan

cara ewa membantu kesehatan mental

Seperti yang sebelumnya telah disinggung, kesehatan finansial dan mental memiliki pengaruh besar bagi para pekerja dalam beberapa tahun belakangan. 

Hal ini telah menjadi fokus tama setelah maraknya layanan pinjaman online yang memudahkan karyawan untuk meminjam uang secara instan.

Namun, di balik kemudahannya, ada beban yang harus ditanggung karyawan, seperti bunga cicilan sampai tunggakan utang.

Selain itu, kesalahan yang banyak dilakukan oleh para pekerja adalah jumlah utang yang melebihi jumlah gaji. Padahal, seharusnya jumlah utang hanya sebesar 30% dari total penghasilan.

Ini yang menjadi faktor utama penyebab terjadinya stres finansial, hingga semakin memburuknya kesehatan mental karyawan. 

Lantas, bagaimana cara earned wage access membantu kesehatan mental karyawan?

Nah, tanpa disadari, cara kerja beserta benefit yang ditawarkan layanan tersebut dapat meringankan beban finansial karyawan. 

Hal ini dikarenakan pegawai jadi memiliki kontrol penuh terhadap gajinya. Dengan EWA, mereka dapat mengatur sendiri kebutuhan dan keinginan berdasarkan jumlah gajinya. 

Apabila ada penunggakan utang, karyawan sudah tidak perlu kasbon ke perusahaan karena mereka bisa menarik gajinya sendiri secara fleksibel.

Dalam kata lain, karyawan tidak perlu lagi berutang demi memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa EWA sangat berperan dalam membantu memulihkan kesehatan mental para karyawan. 

Lalu, di mana perusahaan dapat menentukan layanan penyedia jasa earned wage access di Indonesia? GajiGesa adalah jawabannya. 

Berpengalaman selama 2 tahun mengatasi stres finansial yang dialami karyawan, GajiGesa dipercaya 200+ perusahaan untuk memberikan akses gaji fleksibel kepada 300.000+ karyawan. 

Bagaimana? Terterik untuk bergabung bersama 200 perusahaan lain dan menjadi bagian dari pejuang kesejahteraan karyawan?

Yuk, langsung klik tautan ini dan dapatkan informasi lebih lanjut mengenai GajiGesa. Jangan sampai ketinggalan, ya!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!