Resources

Ingin Mengembangkan Perusahaan? Yuk, Ketahui Cara Mencari Investor Berikut!

Ingin mengembangkan perusahaan dengan mencari investor? Yuk, lihat tipsnya di artikel berikut ini ya!

cara mencari investor

Modal merupakan komponen yang sangat penting saat memulai atau mengembangkan suatu perusahaan. Namun, sayangnya, banyak pelaku bisnis yang kesulitan mendapatkan modal untuk mengembangkan perusahaan atau bisnis. Selain itu, mereka juga membutuhkan cara mencari investor untuk modal tambahan bisnis tersebut. Tapi, mencari investor memang susah-susah gampang, lho. Untuk itu, yuk, simak artikel berikut ini akan membahas bagaimana cara mencari investor.

Baca juga: Sebentar Lagi Tahun 2022, Yuk Buat Resolusi Finansial!

#1 Cara mencari investor dengan membuat profil di AngelList

Siapa yang sudah pernah mendengar tentang AngelList? Kalau masih ada yang belum tahu, AngelList merupakan situs yang memudahkan startup atau perusahaan dan investor untuk saling mengetahui satu sama lain. Jika kamu ingin mencari investor, terlebih dahulu yang harus kamu lakukan dengan membuat profil perusahaan melalui situs AngelList secara lengkap. Profil tersebut harus berisikan mengenai informasi detail tentang perusahaan, produk, atau layanan yang perusahaan kamu tawarkan. Setelah kamu mengisinya, tentu saja akan memudahkan investor untuk mengetahui mengenai informasi-informasi perusahaanmu.

#2 Manfaatkan network

Saat sedang mencari investor, network merupakan hal yang penting jika kamu ingin mengembangkan perusahaanmu. Kamu bisa memanfaatkan network dengan baik untuk menemukan investor yang tepat. Cobalah untuk masuk ke dalam komunitas perusahaan atau startup lokal atau kamu bisa meminta rekomendasi kepada relasi atau temanmu yang sudah pernah didanai oleh investor. Sehingga, kamu bisa bertanya-tanya tentang investor yang cocok untuk perusahaanmu kepada mereka. 

#3 Ajukan pinjaman

Kamu juga bisa mengajukan pinjaman untuk suntikan dana perusahaanmu. Terdapat berbagai jenis pinjaman bank yang dapat dijadikan pilihan untuk mendapatkan modal bisnis. Kamu dapat mengajukan dengan menggunakan KTA (Kredit Tanpa Agunan). Beberapa rekomendasi bank terbaik untuk mengajukan pinjaman seperti, KTA Bisnis Commbank, KTA Bisnis Niaga, atau KTA Digibank DBS.

Baca juga: Wajib di Coba! 3 Resolusi Perusahaan untuk Memberikan Pelatihan Karyawan

#4 Membuat laporan keuangan yang benar

Jika ingin mendapatkan investor, kamu bisa memulai dengan merapikan laporan keuangan. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, calon investor biasanya ingin mendapatkan jaminan untuk memperoleh keuntungan dari perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, laporan keuangan merupakan salah satu hal terpenting untuk dipresentasikan pada investor dan tidak boleh terabaikan. Nantinya laporan keuangan inilah akan menjadi dasar keputusan untuk para investor. 

#5 Memanfaatkan media sosial

Menurut Forbes, media sosial masih menjadi cara yang terbaik bagi perusahaan ataupun entrepreneur untuk mencari investor dan juga melakukan branding. Kamu bisa mencoba mencari media sosial venture capital yang terdapat di Indonesia. Selain itu, cobalah mencari-cari informasi mengenai bagaimana caranya bisa mendapatkan investasi dari perusahaan tersebut. Banyak sekali venture capital yang terdapat di Indonesia. Contohnya, East Ventures, MDI Ventures, dan lainnya.

Jika kamu memang sedang mencari investor cobalah beberapa cara di atas. Semoga kamu bisa cepat mendapatkan investor yang tepat untuk mengembangkan perusahaanmu, ya. Selamat mencoba!

 

Simak juga:

Manfaatkan 5 Tips Menuju Merdeka Finansial Berikut Ini, Biar Nggak Nyesel!

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!