Resources

Perempuan Juga Bisa Dapat Gaji Tinggi, Begini Cara Negosiasinya!

Bisa nggak sih perempuan mendapatkan gaji tinggi di kantor? Simak yuk cara negosiasi gaji di lingkungan kerjamu!

Ingin tahu cara mendapat gaji tinggi? Begini cara negosiasi kerja ketika kamu mendapat tawaran pekerjaan.

Bagaimana cara mendapat gaji tinggi ketika kamu mendapat tawaran pekerjaan? Menegosiasikan gaji tidaklah mudah, dan bisa sangat sulit bagi perempuan. Secara umum, perempuan cenderung tidak meminta lebih banyak uang ketika mereka ditawari pekerjaan, dan lebih cenderung bertahan pada pekerjaan dengan bayaran lebih rendah. Alasannya beragam, tetapi beberapa keengganan ini termasuk ketidaknyamanan mendiskusikan gaji, dan ragu-ragu untuk meminta lebih.

Kesenjangan gaji berdasarkan gender adalah fakta yang masih terjadi di dunia kerja saat ini. Fakta bahwa wanita berpenghasilan lebih rendah daripada pria dengan posisi dan job desc yang sama memperumit situasi gaji. Hal ini membuat sungkan perempuan untuk mendapat gaji lebih tinggi dari seharusnya.

Bagaimana menentukan apakah tawaran dapat dinegosiasikan

Jika mendiskusikan tentang gaji dan berapa yang kamu harapkan membuat kamu tidak nyaman, kamu tidak sendirian. Sebuah survei dari Glassdoor melaporkan bahwa 60% wanita dan 48% pria percaya bahwa pertanyaan riwayat gaji tidak boleh ditanyakan. Perempuan juga lebih kecil kemungkinannya untuk menegosiasikan kompensasi, dan dua dari tiga perempuan (68%) tidak menegosiasikan gaji dibandingkan dengan hanya sekitar 52% laki-laki. Lantas bagaimana cara mendapat gaji tinggi dan cara negosiasi gaji bagi perempuan?

Cara terbaik untuk menentukan apakah tawaran pekerjaan dapat dinegosiasikan adalah dengan melakukan penelitian tentang pekerjaan dan perusahaan sebanyak mungkin. Kamu tidak perlu langsung mengatakan ya.

Minta waktu untuk mempertimbangkan tawaran tersebut, lalu kumpulkan data sebanyak mungkin. Gunakan situs seperti Qerja dan Glassdoor untuk meneliti berapa kisaran gaji di perusahaan tersebut untuk posisi yang ditawarkan untuk kamu.

Jika kamu mengenal seseorang di perusahaan tersebut, tanyakan apakah mereka dapat membantu kamu mempertimbangkan tawaran tersebut. Kamu juga dapat bertanya apakah mereka dapat memberi kamu wawasan tentang kebijakan dan praktik kompensasi perusahaan.

Cara mendapat gaji tinggi dan cara negosiasi gaji untuk perempuan

#1 Ketahui berapa banyak yang ingin kamu dapatkan

Bahkan sebelum kamu berpikir untuk menegosiasikan gaji, penting untuk mengetahui berapa banyak yang kamu harapkan untuk diperoleh di pekerjaan kamu berikutnya. Jika tawaran tidak mendekati, kamu tidak perlu menerimanya.

#2 Tidak perlu sungkan untuk negosiasi gaji

Kamu mungkin merasa tidak nyaman meminta lebih banyak uang, tetapi itu tidak berarti tidak boleh meminta. Lebih baik mengajukan pertanyaan daripada bertanya-tanya apakah kamu bisa menegosiasikan tawaran yang lebih baik.

#3 Ketahui kesenjangan gender

Meluangkan waktu untuk meriset gaji akan membantu kamu mempelajari apakah perusahaan ini membayar lebih sedikit untuk perempuan. Jika ya, mungkin ada peluang untuk mendapatkan lebih banyak. Jadilah kreatif saat negosiasi gaji; jika gaji pokok tidak bisa dinegosiasikan, mungkin bonus, tunjangan, atau komitmen untuk kenaikan gaji di masa depan mungkin bisa.

#4 Dapatkan manajer perekrutan di pihak kamu

Manajer perekrutan dapat membantu kamu mendapatkan penawaran yang lebih baik. Jika dia benar-benar ingin mempekerjakan kamu, mereka dapat mendorong HRD atau manajemen agar kamu mendapat gaji lebih tinggi.

#5 Ketahui kelebihan kamu

Saat negosiasi gaji dengan pemberi kerja, bersiaplah untuk menjelaskan mengapa kamu layak mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Kamu dapat membagikan data yang telah kamu kumpulkan, mengingatkan manajer perekrutan tentang kredensial kamu, dan menceritakan keberhasilan kamu di perusahaan sebelumnya,

#6 Jaga agar tetap positif

Ketika tawaran gaji jauh lebih rendah dari yang kamu perkirakan, simpan pikiran negatif apa pun yang mungkin kamu miliki untuk diri sendiri. Jangan menuntut lebih banyak uang. Bahkan jika tawaran balasan kamu diterima, hal itu dapat menimbulkan perasaan tidak enak di dalam perusahaan.

Jika tawaran tersebut sangat rendah sehingga kamu tahu kamu tidak akan menerimanya, tidak apa-apa untuk menyebutkan bahwa tawaran tersebut tidak seperti yang kamu harapkan. Berterima kasihlah atas tawarannya dan lanjutkan pencarian kerja kamu.

Ketahuilah bahwa kamu tidak harus menerima pekerjaan itu. Jika tidak ada cara bagi kamu dan organisasi untuk menyetujui paket kompensasi yang masuk akal yang sesuai bagi kamu dan perusahaan, dan jika tawaran balasan tidak membantu menjembatani kesenjangan, kamu dapat dengan sopan menolak tawaran tersebut dan melanjutkan pencarian pekerjaan kamu.

Meskipun menegosiasikan gaji tidaklah mudah, semakin baik informasi kamu, semakin banyak kamu melakukan riset, dan semakin banyak data yang kamu kumpulkan, kamu akan semakin siap untuk berhasil menegosiasikan tawaran pekerjaan. Jika kamu mau meminta, kamu mungkin bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Sumber: The Balance Careers

Baca juga:

Menabung 50 Juta Dalam Setahun? Bisa, Begini Caranya!

Apa Itu Pendapatan Disposibel dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

10 Cara Mengatur Keuangan Agar Tidak Boncos Setiap Bulannya

Mulai Berapapun, Ini Cara Berinvestasi untuk Gaji 3 Juta!