Resources

5 Manfaat Penting Gaji Insentif bagi Perusahaan dan Karyawan

Memberikan gaji insentif kepada karyawan tidak hanya bermanfaat terhadap karyawan tetapi juga bermanfaat bagi perusahaan. Yuk, simak di sini!
gaji insentif

Apakah kamu tahu, kalau gaji insentif memiliki pengaruh yang besar bagi karyawan?

Tapi, apa sih insentif itu? Insentif merupakan salah satu jenis komisi yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Insentif diberikan berdasarkan pada kontribusi karyawan tersebut dalam mengerjakan pekerjaan, baik yang berkaitan dengan profit atau non-profit. Dengan memberikan insentif kepada karyawan, ini dapat memberikan manfaat tidak hanya kepada karyawan, tetapi juga bagi perusahaan, lho. Yuk, ketahui apa itu gaji insentif dan manfaat gaji insentif bagi perusahaan dan karyawan.

Baca juga: Catat! 5 Benefit Karyawan Paling Pas di Masa Sekarang

Apa itu insentif?

Insentif merupakan bentuk kompensasi dari perusahaan kepada tenaga kerja sebagai tambahan penghasilan di luar gaji ataupun upah bulanan sebagai penghargaan atas kerja kerasnya dalam bekerja. Insentif sering kali disamakan dengan bonus. Namun, terdapat ada perbedaan nyata antara insentif dan bonus. Tujuan insentif adalah untuk meningkatkan moral karyawan agar dapat mencapai target sesuai dengan keinginan perusahaan. Sedangkan, tujuan bonus untuk berbagi hasil dari keuntungan yang sudah dicapai bersama. Jadi, insentif dan bonus itu berbeda, ya!

Manfaat Gaji Insentif

Saat perusahaan memberikan tunjangan atau insentif, ini tidak hanya menguntungkan bagi karyawan, tetapi perusahaan juga dapat merasakan keuntungannya. Berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan perusahaan dan karyawan.

Manfaat insentif bagi perusahaan

  • Kinerja karyawan semakin baik

Dengan memberikan gaji insentif kepada karyawan, perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih baik, sehingga berdampak pada kemajuan perusahaan.

  • Karyawan makin menghormati pimpinan

Manfaat lainnya yang akan perusahaan rasakan, yaitu karyawan akan semakin menghormati pimpinan. Ini karena karyawan akan merasa lebih dihargai sehingga rasa hormat kepada pimpinan pun meningkat.

  • Meningkatkan citra baik perusahaan

Dengan memberikan gaji insentif kepada karyawan, kamu dapat meningkatkan citra baik perusahaan. Para karyawan yang mendapatkan insentif tersebut pasti akan menceritakan insentif yang diberikan kepada rekannya, sehingga dapat meningkatkan citra positif.

  • Turnover karyawan rendah

Manfaat selanjutnya, dengan memberikan insentif kepada karyawan dapat mengurangi tingkat turnover karyawan, lho. Tentu saja, hal tersebut dapat membuat karyawan merasa nyaman dengan perusahaan.

  • Meningkatkan loyalitas karyawan kepada perusahaan

Manfaat terakhir yang akan perusahaan rasakan, yaitu loyalitas karyawan. Karyawan yang diberikan insentif yang sesuai cenderung bersedia bekerja lebih rajin dan berinisiatif lebih tinggi. Ini karena saat karyawan menerima insentif, tentu saja akan muncul rasa balas jasa dan dorongan untuk meningkatkan performa kerjanya untuk perusahaan.

Manfaat insentif bagi karyawan

  • Motivasi kerja menjadi meningkat

Pengaruh gaji insentif yang diberikan oleh perusahaan bisa mempengaruhi kinerja karyawan lebih signifikan. Karyawan bisa menjadi lebih termotivasi dan semakin bersemangat saat bekerja. 

  • Menerima pendapatan selain gaji

Manfaat selanjutnya yaitu, karyawan akan mendapatkan pendapatan tambahan selain gaji. Tentu saja, hal ini dapat menambah pemasukan dan bisa digunakan oleh karyawan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

  • Menumbuhkan rasa dihargai

Dengan diberikan gaji insentif, tentu saja karyawan akan merasa lebih dihargai atas kerja kerasnya selama ini untuk memajukan perusahaan.

  • Menumbuhkan kepuasan kinerja

Selain menumbuhkan rasa dihargai, memberikan insentif juga dapat menumbuhkan kepuasan kinerja. Tentu saja kepuasan kinerja dapat menentukan kualitas pekerjaan seorang karyawan. Selain itu, dampat dari kepuasan kinerja akan membuat karyawan menjadi semakin produktif dan betah bekerja di perusahaan.

  • Dapat dipergunakan untuk kebutuhan mendesak

Manfaat insentif bagi karyawan, yaitu dapat dipergunakan untuk kebutuhan mendesak. Karyawan pasti akan merasa senang jika mendapatkan insentif, terutama saat kebutuhan mendesak datang.

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!