Resources

HR Harus Tahu! Alasan Karyawan Resign Meski Masih Cinta Pekerjaan

Banyak alasan yang menjadi penyebab karyawan resign. Tidak hanya karena faktor pribadi tadi bisa juga karna faktor internal perusahaan. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya di artikel berikut ini!

penyebab karyawan resign

Tidak mampu memberdayakan karyawan menjadi penyebab karyawan resign. 

Apa yang kamu rasakan ketika mendengar karyawan ingin resign? Tentu hal ini akan membuat kamu kecewa bukan. Dalam sebuah perusahaan, memang cukup sulit untuk mempertahankan karyawan. Meski tidak selalu berarti negatif, namun banyak dan seringnya karyawan resign bisa jadi karena ada sesuatu yang tidak beres di perusahaan. Tidak mungkin karyawan resign tanpa memiliki alasan yang jelas. Tentunya banyak atau seringnya karyawan resign akan memberikan dampak bagi perusahaan. Apalagi jika karyawan tersebut sangat berkualitas, tentu hal ini akan membuat perusahaan kehilangan aset berharganya. Pada beberapa kasus mungkin penyebab karyawan resign karena alasan pribadi. Namun, bisa saja penyebabnya karena faktor internal dari perusahaan. Berikut ini adalah penyebab karyawan resign yang sering terjadi. 

Baca juga: Ingin Menghentikan Karyawanmu Agar Tidak Resign? Simak Tipsnya di Sini!

#1 Stagnasi

Penyebab karyawan resign yang pertama ialah stagnasi. Semua orang dalam bekerja ingin berkembang dan maju. Ketika mengetahui bahwa tidak ada kesempatan untuk maju dan berkembang, karyawan akan merasa harus mencari di tempat lain. Tentunya dengan keadaan stagnasi tersebut akan membuat mereka merasa bosan dan tidak bahagia. Sehingga menyebabkan performa kerjanya menjadi buruk. 

#2 Bekerja terlalu berat

Penyebab karyawan resign selanjutnya bisa karena stres yang berkepanjangan dan perasaan terbebani. Pekerjaan yang terlalu berat akan membuat karyawan memilih untuk keluar dari perusahaan. Hal ini sering terjadi pada karyawan yang dianggap paling teladan dan berkomitmen. Karena kinerjanya yang bagus, mereka cenderung dibebani dengan pekerjaan berlebih. Apabila hal ini terus terjadi, bahkan tanpa penghargaan seperti kenaikan gaji atau jabatan, karyawan akan merasa dimanfaatkan seenaknya sehingga memilih untuk keluar dari perusahaan. 

#3 Masa depan suram

Tidak ada karyawan yang ingin bekerja dalam suatu perusahaan yang memiliki visi dan misi yang besar tapi ternyata tidak berkembang. Tentunya karyawan tidak ingin menghabiskan ilmu dan bakatnya untuk mendukung sesuatu yang tidak jelas akan masa depannya. Sehingga jika karyawan sudah merasa bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki masa depan, mereka akan memilih untuk keluar. 

Baca juga: Ini 6 Alasan Karyawan Resign yang HR Perlu Tahu!

#4 Kurang penghargaan

Penyebab karyawan resign karena mereka merasa kurang dihargai. Bahkan orang paling tidak peduli pun akan menginginkan suatu penghargaan terhadap pekerjaan mereka. Karyawan tentu ingin diberikan penghargaan atas prestasi yang telah mereka berikan terhadap perusahaan. Penghargaan tidak selalu berbentuk gaji atau bonus, tapi bisa juga ucapan sederhana sebagai bentuk terima kasih atas usaha mereka. Tentunya hal itu akan membangkitkan semangatnya untuk bekerja lebih baik. 

#5 Kurang kepercayaan

Ketika menjadi karyawan tentu dapat menilai apakah perusahaan tersebut mempercayai mereka atau tidak. Namun, apabila karyawan sudah merasa tidak diberi kepercayaan oleh perusahaan, mereka akan lebih memilih untuk resign. Untuk itu penting bagi sebuah perusahaan untuk dapat lebih memberi kepercayaan kepada para karyawan.

Baca juga: Mengembangkan Potensi Karyawan dengan 9 Box Matrix, Bagaimana Caranya?

#6 Kesenjangan tinggi antara atasan dan bawahan

Memang setiap perusahaan membutuhkan pemimpin. Tapi ketika sikap pemimpin tersebut mengontrol terus-menerus kepada bawahannya akan membuat karyawan memilih untuk kabur. Hal ini adalah penyebab karyawan resign karena mereka diminta terus bekerja tanpa diberi kepercayaan untuk menyumbangkan ide dan membuat keputusan, sehingga hal ini membuat mereka tidak bahagia. 

Itulah 6 alasan mengapa karyawan ingin keluar atau pindah dari tempat kerjanya. Ubahlah budaya di lingkungan kerja atau komunikasikan dengan benar apa yang membuat karyawan tidak ingin bertahan. 

Simak juga:

https://gajigesa.com/inspirasi/karyawan-bahagia/

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!