Resources

PNS vs Pegawai Swasta, Mana Lebih Baik?

Menjadi PNS maupun pegawai swasta memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ingin tahu apa saja perbedaannya? Lebih baik mana ya?

PNS atau pegawai swasta akan menjadi pilihan yang tepat jika direncanakan dengan baik.

Kamu bingung ingin memilih jadi PNS atau pegawai swasta? Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Menjadi PNS atau pegawai swasta memiliki beberapa perbedaan yang signifikan dari berbagai hal, mulai dari gaji, cara bekerja, hingga waktu bekerja. Namun, kebanyakan masyarakat Indonesia saat ini, menganggap pekerjaan yang dinilai paling nyaman ialah menjadi pegawai negeri. Bekerja sebagai pegawai negeri dinilai sebagai pekerjaan yang mapan karena memiliki gaji yang pasti. Sebenarnya, baik pegawai negeri maupun pegawai swasta memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Artikel berikut ini akan membahas tentang menjadi PNS atau pegawai swasta, yang dapat membantu kamu untuk mempertimbangkannya. 

Baca juga: Membuat dan Mencapai Tujuan Karier, Bagaimana Caranya?

Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Menjadi pegawai negeri merupakan salah satu pekerjaan yang paling diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia untuk dijadikan sebagai pekerjaan utama. Dibalik banyaknya masyarakat yang tertarik untuk menjadi pegawai negeri sipil tentunya terdapat berbagai kelebihan dan kekurangannya. 

Pegawai negeri sipil memiliki kelebihan seperti gaji yang tetap dan jelas, ketika kamu sudah menjadi pegawai negeri tidak akan perlu khawatir lagi terhadap gaji setiap bulannya karena sudah sesuai dengan yang ditentukan dalam undang-undang yang berlaku. Kelebihan selanjutnya yaitu kamu akan mendapatkan tunjangan hari tua atau dana pensiun, sehingga saat masa tua nanti ketika sudah pensiun tidak perlu khawatir lagi. Menjadi pegawai negeri akan membuat kamu memiliki banyak waktu luang dan juga memiliki jenjang karier yang jelas. 

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Karier Karyawan Agar Tidak Stagnan

Selain terdapat kelebihan, menjadi pegawai negeri juga memiliki kekurangannya. Yaitu saat kamu menjadi pegawai negeri kamu tidak dapat bernegosiasi besar gaji yang didapatkan, karena menjadi pegawai negeri akan mendapatkan gaji yang sudah ditentukan oleh undang-undang. Kekurangan selanjutnya yaitu kamu akan terikat birokrasi yang terkadang kurang sesuai dengan pribadi kamu. Selain itu, saat menjadi pegawai negeri akan membuat kamu menjadi sulit berkembang karena terikat dengan birokrasi, yang menyebabkan setiap pegawai negeri harus taat terhadap aturan yang telah ditetapkan tersebut. 

Pegawai Swasta

Pegawai swasta merupakan orang yang bekerja di dalam sebuah perusahaan yang bukan milik negara. Selain masyakarat Indonesia ingin menjadi pegawai negeri, tapi banyak juga masyarakat yang memilih untuk menjadi pegawai swasta sejak awal. Berikut kelebihan dan kekurangan ketika menjadi pegawai swasta. 

Kelebihan menjadi pegawai swasta yaitu kamu akan mendapatkan gaji lebih besar dan dapat bernegosiasi untuk mendapatkan gaji yang sesuai dengan kemampuan atau skill yang kamu miliki. Kamu juga akan mudah untuk mengembangkan diri karena perusahaan biasanya membebaskan karyawan untuk berkarya dalam mengembangkan soft skill dan hard skill. Menjadi pegawai swasta juga akan membuat kamu menjadi lebih giat dalam mendapatkan penghasilan tambahan. Selanjutnya yang paling diminati untuk menjadi pegawai swasta yaitu cepatnya proses naik pangkat. 

Baca juga: Mau Ganti Karier? Lihat Dulu Pro dan Kontranya!

Selain itu menjadi pegawai swasta juga memiliki kekurangannya. Seperti tidak mendapatkan dana pensiun sehingga kamu harus mempersiapkannya sendiri sejak masih aktif bekerja. Dan juga menjadi pegawai swasta membuat kamu memiliki jam kerja yang tidak pasti dan rawan terhadap PHK jika perusahaan sedang tidak baik. 

Tentunya menjadi PNS atau pegawai swasta memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kamu bisa memilih keduanya sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan juga pertimbangan kamu. Apapun jenis pekerjaan yang kamu pilih, yang paling penting adalah bekerja secara profesional sesuai dengan aturan yang berlaku. 

 

Sumber: Liputan6

Simak juga:

https://gajigesa.com/uang/mencari-penghasilan-tambahan/