Blog

Cari Tahu Yuk! Apa Itu Rekening Payroll Serta Manfaatnya

Perusahaanmu sudah memiliki rekening payroll belum? Cari tahu manfaatnya di sini!
rekening payroll

Proses penggajian membutuhkan rekening payroll. Kamu sudah tahu belum apa maksud dari rekening tersebut?

Penggajian merupakan kewajiban umum bagi perusahaan kepada karyawan. Regulasi mengenai kewajiban untuk membayar gaji sudah tertuang jelas dalam UU Ketenagakerjaan. 

Mengapa dalam proses penggajian membutuhkan rekening? Ini karena rekening tersebut akan menjadi bagian penting dalam proses penggajian perusahaan.

Untuk informasi selengkapnya, yuk, ketahui di artikel bawah ini!

Apa Itu Rekening Payroll?

Rekening payroll merupakan rekening bank terpisah untuk bisnis perusahaan yang hanya digunakan khusus untuk penggajian. Layanan rekening tersebut disediakan oleh pihak bank yang bertujuan untuk memudahkan distribusi gaji kepada karyawan.

Sehingga, perusahaan bisa langsung mengirimkan gaji kepada semua karyawan tanpa harus mencatat atau mengirimkannya satu per satu. Jadi, bisa dikatakan bahwa sistem penggajian internal perusahaan sudah terintegrasi dengan rekening payroll yang disediakan pihak bank. 

Mengapa perusahaan perlu menggunakan rekening tersebut?

rekening payroll

Berikut ini adalah beberapa alasan perusahaan perlu menggunakan rekening khusus payroll, yaitu:

#1 Lebih terorganisir

Sistem penggajian dan transfer dana untuk gaji bisa lebih rapi. Coba saja kamu bayangkan jika perusahaan harus menyerahkan uang tunai kepada banyak karyawan dalam waktu singkat. Tentu saja akan merepotkan dan membuat berantakan bukan?

Oleh sebab itu, lebih baik kamu menggunakan rekening khusus payroll. Sehingga, proses penggajian karyawan bisa secara otomatis dan lebih menghemat waktu.

#2 Aman

Alasan selanjutnya yaitu, soal keamanan. Terkadang menyerahkan gaji secara tunai sangat berisiko untuk terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Sementara itu, jika perusahaan menggunakan layanan payroll, penggajian karyawan juga jadi lebih aman. Sebab, gaji karyawan akan dikirimkan langsung ke rekening mereka masing-masing.

#3 Akurat dan tepat

Perhitungan gaji merupakan proses yang sangat menguras tenaga dan pikiran, bukan?

Jika menggunakan rekening payroll, proses perhitungan gaji setiap bulannya akan lebih akurat dan tepat. Tim HR pun bisa memberikan slip gaji kepada karyawan. Sehingga, penggajian akan menjadi lebih transparan.

Banyak perusahaan yang kewalahan dalam mengelola payroll. Hal ini disebabkan oleh banyaknya komponen gaji seperti PPh 21, iuran BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, tunjangan, bonus, dan lainnya.

Ternyata, ada banyak manfaat yang diberikan dari membuka rekening tersebut untuk perusahaan ya, kalau kamu sendiri, apakah mau buka?

Tingkatkan Produktivitas Karyawanmu dengan Mengatasi Stres Finansialnya Bersama GajiGesa!